Tips Mengobati Rematik pada Lansia

0
225
rematik

Rematik bisa dikatakan sebagai salah satu masalah terbesar pada kesehatan lansia. Rematik seringnya disebabkan karena terganggunya sistem kekebalan tubuh. Sehingga sistem kekebalan tubuh ini bukannya menyerang virus, bakteri dan juga penyakit. Melainkan menyerang sel persendian sehat. Pada akhirnya rematik menyebabkan rasa nyeri, kaku pada persendian, hingga pembengkakan. Hal ini sering dan cukup normal terjadi pada banyak lanjut usia serta biasanya cukup sulit untuk disembuhkan.

Padahal penyakit satu ini sudah pasti akan mengganggu produktifitas dan juga aktifitas para lansia ini. Bila dibiarkan tanpa diobati, rematik atau rheumatoid arthritis nantinya bisa menjadi masalah lain yang lebih beresiko. Misalnya infeksi peradangan sendi. Salah satu penyakit lain yan cukup sering dialami oleh lansia pula.

Meskipun penyebab dari rematik sudah banyak diketahui, begitu pun juga dengan apa yang menjadi penyebab dari kambuhnya penyakit rematik ini. Namun penyembuhan dari penyakit rematik ini sendiri belum begitu diketahui. Bahkan bisa dikatakan hingga saat ini belum ada penyembuhan pasti dan menyeluruh mengenai penyakit rematik. Saat ini beberapa solusi yang diberikan mengenai rematik seringnya hanya untuk mengurangi rasa sakit dan juga nyeri pada persendian, hingga meminimalisir resiko terjadinya kerusakan lebih luas pada organ lain dan juga sendi. Namun selain itu ada beberapa hal lain juga yang bisa dilakukan untuk mengobati rematik. Terutama dengan cara tradisional.

Di bawah ini merupakan beberapa cara tradisional untuk mengobati rematik pada lansia yang bisa dilakukan.

1. Minyak ikan

minyak ikan

Salah satu cara lain untuk mengobati rematik atau rheumatoid arthritis ini bisa dengan menggunakan minyak ikan. Di dalam minyak ikan terdapat kandunga omega 3, yang merupakan mineral penting untuk menghentikan peradangan. Selain minyak ikan, beberapa jenis ikan juga memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Misalnya saja ikan salmon yang memang dikenal luas memiliki kandungan omega 3.

Memastikan mengonsumsi minyak ikan secara teratur dapat membantu para lansia untuk mengatasi masalah rematik yang mereka alami. Selain minyak ikan tentunya juga bisa mengonsumsi jenis ikan dengan kandungan omega 3 yang banyak. Sehingga peradangan pada persendian yang sering terjadi pada rheumatoid arthritis bisa diatasi.

2. Kunyit

kunyit

Bila berbicara mengenai gangguan dan masalah pada rematik serta penyembuhannya, maka kunyit merupakan jawaban yang paling sering didapatkan. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang sangat banyak. Sudah dikenal dengan luas bahwa kurkumin memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan. Termasuk juga pada persendian.

Bila minyak ikan dan juga omega 3 dipastikan untuk disertakan di dalam makanan, maka kunyit justru sebaiknya digunakan sebagai olesan. Caranya juga cukup mudah. Beberapa ruas kunyit ditumbuk bersama-sama dengan beras, kemudian dioleskan pada bagian persendian yang mengalami peradangan. Setelah itu didiamkan selama beberapa saat sebelum dibilas. Mengompres sendi dengan kunyit seperti ini akan membantu meredakan peradangan yang mungkin terjadi.

3. Lada hitam

black pepper

Jangan heran, lada hitam rupanya juga memiliki khasiat untuk menghilangkan serta menyembuhkan peradangan. Proses penyembuhan rematik pada lansia dengan lada hitam memang bukan hal yang sudah wajar dilakukan. Namun beberapa peneliti menyebut kandungan capcisin yang terdapat di lada hitam serta cabai memiliki efek mengurangi peradangan dan juga rasa nyeri karena rematik. Penggunaan lada hitam pada lansia juga termasuk bebas dari efek samping. Hal ini sedikit berbeda dengan beberapa resep herbal lain yang wajib diperhatikan dosis penggunaannya agar tidak mengganggu kerja obat-obatan atau pun fungsi vital pada tubuh lainnya.

Lada hitam bisa digunakan sebagai bagian dari resep makanan atau pun sebagai kompres pada persendian yang terasa ngilu dan nyeri.

4. Bawang putih

bawang putih

Banyak sekali bahan-bahan rempah yang rupanya aman digunakan untuk mengurangi peradangan karena rematik. Salah satunya bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan yang berkhasiat produksi sitokin, salah satu zat yang menyebabkan peradangan pada persendian. Konsumsi bawang putih secara teratur dipercaya dapat membantu proses untuk menyembuhkan rematik ini sendiri.
Bawang putih dianjurkan untuk dikonsumsi metah dan juga sebagai kompres pada bagian sendi yang mengalami peradangan. Namun pada lansia, konsumsi bawang putih tetap harus diperhatikan dosisnya agar tidak menjadi masalah kesehatan lainnya.

5. Teh hijau

teh hijau

Cara herbal lain dalam menyembuhkan rematik ialah dengan teh hijau. Beberapa penelitian menunjukan teh hijau kaya akan kandungan katekin yang berguna untuk mengurangi peradangan karena rematik. Teh hijau masih belum menjadi pilihan alternatif pengobatan pada peradangan sendiri ini. Namun tentu saja, sangat wajib dicoba. Terlebih teh hijau juga memiliki banyak sekali manfaat lain untuk lansia. Seperti misalnya sebagai anti oksidan yang mengurangi resiko terjadinya kanker.

Teh hijau bisa dikonsumsi selama satu hari sekali pada pagi hari. Selain itu juga bisa menggunakan kantong teh hijau untuk mengompres persendian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here