Tips Mengobati Radang Tenggorokan pada Lansia

0
189
radang tenggorokan

Radang tenggorokan menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi. tidak hanya pada anak-anak, radang tenggorokan juga menyerang semua usia. Remaja, dewasa, bahkan lansia, bisa mengalaminya. Terjadinya radang tenggorokan pada lansia bisa lebih sulit sembuh akibat sistem imun yang menurun dan lemahnya sistem dalam tubuh.

Mengingat hal tersebut, perlu penanganan khusus untuk menyembuhkan radang tenggorokan pada lansia. Anda harus lebih intensif dalam menjalankan pengobatan. Berikan cara pengobatan yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping.

Tips mengobati radang tenggorokan pada lansia

1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Jika tenggorokan mengalami peradangan, Anda akan merasa sakit ketika menelan dan kesulitan saat berbicara. Tenggorokan juga terasa panas. Semua kondisi tersebut dapat diobati dengan memperbanyak konsumsi air putih. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, tubuh Anda tidak akan kekurangan cairan dan sistem keseimbangan tubuh akan terjaga.

Upaya tersebut termasuk cara untuk mengontrol asupan cairan tubuh. Terpenuhinya cairan tubuh akan menjaga tenggorokan tetap lembab, sehingga mencegah timbulnya peradangan akibat tenggorokan kering.

Cairan tubuh yang terpenuhi juga akan melancarkan produksi urin, sehingga selaput lendir tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri penyebab infeksi atau iritasi. Dengan demikian, Anda tidak mudah terserang flu atau batuk.

2. Berkumur dengan Air Garam

Garam mengandung khasiat yang baik untuk mengatasi segala bentuk penyakit. Radang tenggorokan bisa diatasi dengan mengonsumsi air garam. Berkumurlah dengan air garam yang hangat untuk meredakan nyeri serta rasa panas yang timbul saat terjadi peradangan tenggorokan.

Pada beberapa penelitian ditemukan bahwa berkumur air garam dalam beberapa kali sehari mampu mengurangi bengkak pada tenggorokan. Air garam juga mampu mencairkan lendir, membantu menghilangkan bakteri, hingga menghilangkan berbagai penyebab iritasi. Dengan demikian, tenggorokan akan terasa lega dan tidak sakit lagi untuk menelan.

Cara membuat air garam tersebut adalah campurkan 1 sendok teh garam lembut ke dalam secangkir air hangat. Aduklah sampai garam benar-benar larut dalam air. Berkumurlah dengan air garam hangat tersebut secara berulang. Anda juga bisa mencampurkan madu ke dalamnya untuk menetralkan rasa asinnya.

3. Mengonsumsi Air Perasan Lemon

Tips selanjutnya dalam mengobati radang tenggorokan pada lansia adalah dengan mengonsumsi air perasan lemon. Jeruk lemon terkenal dengan khasiatnya yang mampu mengatasi peradangan. Kandungan astringent pada lemon akan memudahkan mengempiskan pembengkakan atau peradangan yang terjadi di tenggorokan.

Air perasan lemon yang dikonsumsi juga menciptakan lingkungan asam di area tenggorokan, sehingga mampu mematikan bakteri dan virus penyebab iritasi. Dalam mengonsumsinya, campurkan air perasan lemon dengan secangkir air hangat dan minumlah. Untuk menetralkan rasanya, berilah madu atau kecap. Jika tidak ingin menelannya, berkumur saja juga boleh.

4. Berkumur dengan Cuka Apel dan Garam

Metode berkumur juga diterapkan ketika Anda memilih mengobati radang tenggorokan dengan cuka apel dan garam. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka sari apel dan 2 sendok teh garam, kemudian dilarutkan dalam segelas air hangat.

Cuka apel yang sifatnya asam akan melapisi tenggorokan dan secara bersamaan akan menghilangkan bakteri dan virus. Agar hasilnya efektif, berkumurlah setiap empat jam sekali dengan campuran sebanyak ¼ cangkir cuka apel dan ¼ cangkir madu.

5. Mengonsumsi Minuman Hangat

Minuman hangat sangat baik untuk mendukung kesehatan, termasuk untuk mengatasi berbagai penyakit. Radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan pemenuhan cairan tubuh, terlebih minuman yang hangat. Anda bisa mengonsumsi air putih, teh, air jeruk, susu, ataupun jahe, yang semuanya disajikan dalam kondisi hangat.

6. Mengonsumsi Buah yang Mengandung Banyak Air

Radang tenggorokan yang menyerang lansia tentunya harus segera diobati dengan intensif agar cepat sembuh. Terganggunya saat menelan atau berbicara akibat radang tenggorokan harus disudahi dengan pengobatan yang tepat. Caranya adalah dengan memenuhi jumlah cairan yang diperlukan tubuh agar tenggorokan bisa tetap lembab.

Anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Selain memenuhi jumlah cairan tubuh, buah-buahan tersebut juga menyegarkan tenggorokan. Buah-buahan tersebut di antaranya adalah semangka, jeruk, jambu air, melon, dan sebagainya.

7. Mandi Air Hangat

Radang tenggorokan pada lansia juga dapat disembuhkan dengan mandi air hangat. Air hangat akan membantu menyehatkan tubuh. Kondisi tubuh akan kembali netral karena saat mengalami radang tenggorokan, suhu tubuh mengalami penurunan.
Uap dari air hangat juga mampu melegakan tenggorokan karena terhirup. Tenggorokan bisa menjadi lembab karenanya. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari efek radang tenggorokan yang berlebihan.

Terjadinya radang tenggorokan pada lansia memang disebabkan oleh berbagai hal. Sistem imun yang melemah bisa menyebabkan mudahnya terserang virus flu yang ditandai dengan radang tenggorokan. Kondisi yang sulit ini dapat diatasi dengan melakukan berbagai tips untuk mengobati radang tenggorokan secara alami seperti yang sudah dijelaskan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here