Tips Mengobati Diare Pada Lansia

0
108

Seringkali pada masa lansia kamu akan rentan terkena beberapa penyakit yang menyerang tubuhmu. Hal tersebut tentu sangat mengganggu sekali aktivitas sehari-hari kamu. Penyakit adalah salah satu hal yang tak diinginkan datang ole manusia, Namun bagaimana lagi, takdir sudah berkata lain. Biasanya penyakit yang sering menimpa lansia adalah sakit kepala nyeri, namun tak menutup kemungkinan diare akan datang menyerang tubuhmu.

Diare adalah gangguan dimana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair setidaknya 3 kali dalam 24 jam. Saat kamu terkena diare biasanya kamu akan sering ke kamar mandi dan melakukan buang air besar. Namun anehnya, kotoran tersebut berbentuk cair atau tidak padat sehingga hal tersebut tentu sangat mengganjal. Terlebih hal tersebut bisa dilakukan dalam 3 kali atau bahkan lebih dalam sehari.

Ada banyak hal yang membuat diare dapat menyerang tubuh. Misalnya karena keracunan makanan, mengkonsumsi makanan tetentu, salah minum obat, stress, minum alkohol, infeksi bakteri dan penyebab lainnya. Bagi lansia, diare tentu akan sangat menggangu aktivitas sehari-harinya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya diare. Melakukan pola hidup yang sehat serta menjaga kondisi tubuh agar tidak gampang terkena penyakit.

Biasanya bagi penderita diare yang masih dapat minum, maka cairan tubuh yang hilang dapat tergantikan. Namun apabila penderita diare yang tidak mau minum dan sering muntah-muntah, maka hal ini perlu diwaspadai. Karena dengan begitu tentu penderita akan berkurang sangat banyak cairannya dan bisa terkena dehidrasi. Hal ini tentu perlu diperhatikan bagi para penderita diare, atau lebih tepatnya memperhatikan gejala-gejala yang ada.

Berikut ada beberapa gejala diare yang wajib kamu ketahui supaya dapat mengobatinya dengan cepat :

  • Mual
  • Sakit perut
  • Kram
  • Kembung
  • Dehidrasi
  • Demam
  • Tinja berdarah
  • Dorongan yang sering untuk mengeluarkan isi perut kamu
  • Volume tinja besar

Apabila gejala-gejala tersebut telah dirasakan, maka ada baiknya kamu segera ke dokter agar ditangani lebih lanjut. Dengan begitu maka tubuh kamu akan lebih aman daripada harus beli obat terlebih dahulu. Karena takutnya obat tersebut salah dan yang terjadi adalah penyakit diare tersebut akan semakin parah.

Berikut di bawah ini ada cara-cara untuk pertolongan pertama pada diare :

1. Memberikan cairan kepada tubuh

Cairan tubuh tentu sangat penting, karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Mengobati diare pada orang dewasa bisa dengan memenuhi cairan pada tubuh dengan meminum minuman seperti jus buah, teh hangat campur madu, soda, sports drink, dan kaldu jernih. Lebih baik kamu menghindari minuman seperti susu, minuman yang mengandung susu, alkohol, jus apel, dan kafein saat terkena diare dan 3-5 hari setelah kamu sembuh dari diare. Memenuhi cairan tubuh adalah hal yang penting dilakukan apabila kamu terkena diare. Karena pada umumnya, diare akan banyak mengurangi cairan yang ada dalam tubuh kamu.

2. Meminum Oralit

Selain memenuhi cairan kepada tubuh, kamu juga dapat melakukan pertolongan pertama saat terkena diare dengan meminum oralit. Oralit dapat membantu untuk meredakan penyakit diare yang ada dalam tubuh kamu. Kamu tinggal melarutkan satu sachet oralit dengan 200 ml air hangat.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah cairan oralit ini hanya dapat digunakan selama 24 jam saja. Jika sudah lebih dari 24 jam, maka kamu harus membuat cairan oralit baru agar dapat digunakan sebagai obat meredakan diare. Kamu juga dapat membuatnya sendiri, caranya adalah dengan melarutkan satu sendok gula dan seperempat sendok garam dengan 200 ml air hangat. Untuk dehidrasi ringan, bisa minum oralit 50 ml per 1 kg berat badan. Sementara untuk dehidrasi sedang, berikan oralit 100 ml per 1 kg berat badan.

3. Istirahat Penuh

Diare tentu akan menyiksa tubuh kamu, maka dari itu salah satu pertolongan pertama yang baik adalah dengan istirahat total. Hindari melakukan aktivitas-aktivitas berat yang dapat menguras tenaga dan pikiran kamu. Karena stress juga salah satu penyebab terjadinya diare.

4. Mengkonsumi Makanan yang Tepat

Bagi orang dewasa, mengkonsumsi makanan yang rendah serat dan semisolid agar bisa segera menyembuhkan penyakit diare kamu. Hal itu menjadi salah satu yang terpenting untuk pertolongan pertama pada penyakit diare. Karena pada saat diare kamu tidak boleh memakan makanan yang sembarangan, apalagi makanan pedas, berminyak, dan berlemak.

Baca sebelum terlambat : Gejala Liver, setelah itu baca juga ini : Cara Mengobati Penyakit Liver

5. Menghubungi Dokter

Apabila lansia mengalami hal-hal di bawah ini, maka segera hubungi dokter :

  • Mengalami dehidrasi parah
  • Muntah berulang kali atau sakit perut yang tak kunjung sembuh
  • Mengalami demam
  • Jika ada darah dalam feses atau feses berwarna hitam

Jangan remehkan soal diare. Walau kelihatannya ini penyakit ringan bagi lansia, tapi jika dibiarkan berlarut-larut bisa membuat hal buruk bagi lansia. Oleh karenanya, segeralah untuk mengobatinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here