Tips Menghadapi Usia Tua Yang Sehat dan Bahagia

0
34
Masa Tua Sehat dan Bahagia

Ada banyak tips menghadapi usia tua. Namun, sesungguhnya Anda tak perlu takut untuk menjadi tua. Dengan menjaga pola hidup dan pola makan yang baik, Anda hanya akan sekedar bertambah usia. Dengan tetap sehat dan bersemangat.

Tubuh memiliki perlindungan khusus yang sangat canggih. Bayangkan saja, setiap hari ada jutaan sel-sel di dalam tubuh yang menua. Pun dengan yang rusak. Tapi, dengan jumlah yang sama, sel-sel baru sudah dipersiapkan dan akan lahir, mengganti ribuan bahkan jutaan sel-sel yang mati. Namun, dengan pola makan dan pola hidup yang tak tepat, proses pergantian sel-sel tersebut menjadi terhambat. Itulah yang menimbulkan banyak penyakit. untuk itu, mulailah untuk menjaga pola hidup yang sehat disertai dengan mengkonsumsi makanan padat nutrisi dan bersih.

Bekali Diri Dengan Ilmu

Salah satu hal yang membuat Anda tetap sehat adalah ilmu. Mengapa demikian? Orang yang berilmu dan ingin terus belajar memiliki sel saraf yang lebih sehat, terutama otak. Sebuah penelitian dari universitas ternama mengungkapkan bahwa seseorang dengan IQ yang tinggi, memiliki kemungkinan meninggal di usia muda hanya 20 persen. Ini lebih baik dari pada orang dengan IQ yang rendah.

Salah satu aktifitas yang membuat Anda menua dengan tetap sehat adalah aktifitas membaca dan menulis. Membaca telah dinyatakan sangat baik untuk melatih otak. Seseorang di usia lanjut yang masih aktif membaca dan menulis, memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk terserang penyakit alzeimer. Sama dengan melakukan permainan yang melatih otak, seperti puzzle dan catur. Selain itu, orang dewasa yang masih senang membaca, kemampuan kognitifnya akan tetap baik.

Alasan lain yang membuat seseorang dengan ilmu yang baik dapat tetap tua dengan sehat adalah, ia tahu persis apa yang baik bagi tubuhnya. Seperti misalkan, saat ia merasa sakit atau merasa ada yang salah dengan kondisi tubuhnya, ia akan segera mencari pertolongan dan ingin tahu dengan pasti apa yang terjadi pada dirinya.

Berpikiran Positif

Saat Anda berpikir positif tentang hidup Anda, maka Anda tak punya kesempatan untuk bergelayut dalam kesedihan dan keputus asa an. Dan saat Anda berpikir positif, ada berbagai hormon yang terproduksi di dalam tubuh yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Yang pertama adalah hormon serotonin. Hormon ini akan secara otomatis terbentuk saat Anda bahagia, terutama saat Anda mengingat hal-hal yang membahagiakan. Untuk meningkatkan produksi hormon serotonin, Anda dapat melakukan olah raga ringan di bawah sinar matahari pagi. Yeng kedua adalah Hormon dopamin. Ini bisa juga disebut dengan hormon motivasi. Dimana hormon ini secara otomatis terbentuk saat Anda mencapai target yang sudah Anda tetapkan. Jadi, untuk meningkatkannya, Anda harus memiliki optimisme dan selalu berpikir positif.

Jangan Lupa Bahagia

“jangan marah-marah, nanti cepat tua lho!” . Anda sepakat dengan pernyataan ini? Ternyata betul, seseorang yang selalu bahagia, tak akan sungkan untuk melemparkan senyum. Semakin banyak Anda tersenyum maka Anda akan semakin terlihat awet muda. Karena, saat Anda tersenyum Anda sama saja dengan melakukan olahraga wajah. Ada banyak otot yang tertarik melawan gravitasi. Ini yang membuat elastisitas kulit tetap terjaga dan kulit tetap terlihat kencang.

Selain itu, orang bahagia akan selalu memancarkan aura kebahagiaannya. Sehingga, tak heran jika orang yang hidupnya bahagia tampak lebih tenang, positif dan menyenangkan. Hal ini tak dapat dipisahkan dengan pikiran-pikiran baik. Dimana, pikiran baik itu dapat dihasilkan dari sudut pandang dalam menghadapi masalah. Sebisa mungkin untuk dapat melihat peluang dan resiko dari sudut pandang yang berbeda.

Untuk dapat tetap bahagia, Anda harus pandai menyimpan waktu untuk diri Anda sendiri. Sesekali, Anda perlu melakukan hal yang paling Anda suka. Dan yang paling membuat Anda bahagia. Seperti membaca buku, memasak, jalan-jalan, atau apa saja yang menjadi hobi Anda. terutama bagi Anda yang memiliki aktifitas pekerjaan yang penuh tekanan.

Menghindari stress juga salah satu kunci kebahagiaan. Karena, orang yang stress lebih rentan terserang penyakit serius. Dan, banyak orang yang tampak lebih tua beberapa tahun dari usia aslinya, akibat dari stress.

Tak Hanya Makanan, Tubuh Juga Butuh Cairan

Makan buah dan sayur merupakan salah satu Tips menghadapi usia tua. Saat ini, mengkonsumsi makanan sehat sedang menjadi trend. Tak heran, ada banyak sekali tempat makan yang khusus menyajikan makanan sehat, seperti makanan organik dan vegetarian. Dan apabila Anda ingin mengolah makanan sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang berkualitas, Anda bisa langsung klik dan temukan apa yang Anda cari dengan mudah melalui e-commerce.

Sekarang sudah ada beberapa ‘market place’ yang khusus menjual bahan pangan mentah segar, baik organic maupun anorganic. Semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. tak hanya itu, bumbu pelengkap yang biasanya hanya ada di luar kota atau diluar negeri juga dapat dengan mudah Anda dapatkan kok. Makanan yang bersih dan sehat, tentu akan berimbas pada kesehatan Anda bukan?

Selain makanan, asupan nutrisi melalui cairan juga penting sekali. Anda tak dapat mengabaikan peran air sebagai penyuplai cairan tubuh. Dengan cairan yang masuk ke tubuh inilah, seluruh nutrisi dibawa oleh darah ke seluruh penjuru sel saraf, bersama dengan oksigen. Selain itu, cairan tubuh juga dapat memaksimalkan proses metabolisme dan kerja sistem pencernaan. Cairan tubuh dapat Anda peroleh tak hanya dari air putih saja ya. tapi juga bisa melalui kaldu, jus, susu, dan cairan isotonik. Jadi, demikianlah beberapa tips menghadapi usia tua, agar Anda dapat ,menikmati masa tua dengan sehat dan bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here