Tips Mengatasi Obesitas Pada Lansia

0
55
timbangan badan

Masa remaja merupakan masa yang akan sangat dirindukan bagi seluruh orang. Bagaimana tidak, kamu dapat beraktivitas semau kamu dan sesukamu. Masa remaja terbilang masa yang indah bagi manusia dalam menjalani hidupnya, sehingga tak jarang banyak sekali orang-orang yang menghabiskan masa remajanya dengan cara mereka masing-masing.

Namun, sebagai manusia pasti kita akan tumbuh dari hari ke hari. Selain tubuh yang mengalami pertumbuhan, umur kamu juga akan bertambah seiring berjalannya waktu. Kamu akan mengalami masa dimana usia kamu akan semakin tua atau biasa disebut lansia. Pada masa-masa itu, kamu akan sulit untuk melakukan apa yang kamu suka karena faktor umur.

Masa lansia juga sangat rentan mengalami penyakit-penyakit yang tak terduga. Biasanya hal tersebut disebabkan karena pada masa mudanya kurang memperhatikan pola hidup yang sehat. Dengan begitu, maka masa lansia kamu akan semakin tidak enak dikarenakan tidak bisa menjaga pola hidup saat masih remaja. Menjaga pola hidup yang sehat memang harus dilakukan sejak masa muda agar kedepannya kamu dapat menjalani hidup yang nyaman.

Memperhatikan pola gaya hidup yang sehat memang biasanya baru disadari saat sudah memasuki masa-masa tua. Karena semakin tua biasanya kondisi tubuh semakin menurun sehingga hal itu akan sangat sulit untuk kita melakukan hal-hal yang diluar kehendak kita. Namun biasanya pada masa lansia hal yang menjadi masalah adalah terletak pada berat badan mereka. Seringkali saat masuk lansia apabila badan kita menggemuk atau besar akan mengurangi rasa kepercayaan diri di hadapan publik maupun di hadapan istri dan keluarga sendiri.

kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau terjadi kegemukan pada badan itu biasanya dinamakan sebagai obesitas. Tentu kata tersebut seringkali terdengar di antara percakapan yang terjadi baik di rumah sakit maupun di dalam keluarga. Obesitas merupakan salah satu penyakit yang harus dihindari, apalagi pada masa tua.

Kelebihan berat badan tentu dapat mengurangi rasa percaya diri kamu. Selain itu, mengalami obesitas pada lansia tentu akan menghambat kegiatan kamu dengan berat badan yang kamu miliki. Apabila dipikir, pada masa lansia stamina semakin menurun, ditambah dengan adanya obesitas dalam tubuh, hal itu akan lebih mempersulit kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

obesitas

Oleh karena itu, mencegah obesitas perlu dilakukan agar kelebihan muatan badan tidak terjadi pada diri kamu. Berikut ada beberapa tips bagi kamu agar terhindar dari obesitas :

Melakukan Pola Gaya Hidup Yang Sehat Sejak Dini

Gaya hidup memang sangat memengaruhi pertumbuhan tubuh kita. Apabila pada masa muda kamu sering memakan makanan fast food, makanan yang mengandung banyak karbohidrat, dan makanan yang kurang sehat maka hal tersebut akan berdampak pada tubuh kamu hingga lansia nanti. Nah, untuk meminimalisir terjadinya obesitas pada saat lansia, memulai pola gaya hidup yang sehat sejak dini merupakan salah satu hal yang bagus untuk menghindari obesitas pada saat lansia.

Oleh karena itu, mengurangi makanan fast food ataupun junk food adalah langkah yang tepat bagi kamu untuk menghindari obesitas. Memakan makanan yang sehat seperti ikan dan sayur lebih membuat pola hidupmu lebih sehat. Jadi, tidak ada salahnya mengurangi fast food dan memakan makanan sehat.

Berolahraga Secara Teratur

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang membuat badan kita semakin bugar dan sehat. Selain membuat tubuh kita menjadi sehat, berolahraga juga merupakan faktor penting untuk menghindari peningkatan berat badan yang terjadi seiring berjalannya usia. Hal itu dikemukakan dalam penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Medicine & Science In Sports & Exercise edisi April 2015.

Disana dijelaskan bahwa aktivitas fisik dan olahraga merupakan faktor yang lebih penting untuk menghindari peningkatan berat badan yang terjadi seiring berjalannya usia. Pada saat lansia, melakukan olahraga kecil-kecilan secara efektif lebih baik ketimbang melakukan diet. Olahraga kecil-kecilan tersebut bisa berupa lari kecil di sekeliling rumah, atau work out di rumah. Apabila kamu memiliki uang lebih, beli salah satu peralatan gym dan taruh di rumah, kamu dapat menggunakannya sebagai alat untuk olahraga.

Dua hal tersebut dapat kamu lakukan untuk menghindari obesitas pada saat masa lansia. Namun yang paling terpenting adalah melakukan kegiatan fisik dan olahraga. Salah satu peneliti terkemuka, Russel Pate, Ph.D memberikan pesan kepada para lansia agar setiap individu dewasa dapat memenuhi panduan aktivitas fisik dan olahraga, yaitu 150 menit/minggu. Russel Pate percaya bahwa dengan memenuhi anjuran tersebut maka angka obesitas pada usia tua tidak akan sebanyak saat ini.

Mulai dari sekarang, niatkanlah dirimu untuk sering-sering berolahraga tiap hari. Jangan memaksakan diet yang malah dapat merusak tubuhmu. Berolahraga adalah salah satu cara terpenting untuk menghindari obesitas pada saat lansia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here