Tips Mencegah Hipertensi Kambuh pada Lansia

0
89
hipertensi

Ada beberapa golongan penyakit yang lebih sering ditemukan pada lansia. Seperti misalnya penyakit yang tergolong dalam kategori aging disease dan juga bersifat genetik. Kedua golongan penyakit tersebut seringnya diderita oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Penyakit aging disease ini seperti kanker prostat hingga kanker paru-paru yang lebih banyak diderita oleh para lansia.

Selain itu juga ada beberapa jenis penyakit yang sifatnya genetik seperti diabetes hingga hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi sebenarnya tak sepenuhnya merupakan penyakit karena pengaruh genetik. Namun lebih pada karena gaya hidup dari penderita. Untuk itu penyakit darah tinggi ini banyak diderita mulai usia 30 tahunan hingga lanjut usia.

darah tinggi

Pada lanjut usia, penyakit hipertensi memiliki resiko lebih banyak dari pada usia lain. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini bisa menjadi awal dari berbagai jenis penyakit lainnya. Mulai dari penyakit stroke, jantung, hingga masalah pada organ vital lain karena peredaran darah yang tidak lancar. Masalah yang paling sering diderita dari hipertensi ini memang penyakit stroke dan juga jantung, yang sayangnya sering sekali diderita oleh lansia. Untuk itu, selain mencegah dan juga menyembuhkan penyakit hipertensi. Satu hal lain yang penting diperhatikan adalah bagaimana cara mencegah penyakit hipertensi kambuh pada lansia.

Di bawah ini merupakan beberapa tips untuk mencegah penyakit hipertensi kambuh pada lansia. Tentunya agar penyakit hipertensi ini tak menjadi masalah lain yang lebih berat pada kesehatan para lanjut usia.

1. Jaga pola makan

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi mayoritas diakibatkan karena pola hidup yang tidak sehat. Salah satunya, pola makan. Mulai dari apa yang dikonsumsi hingga waktu konsumsi dari makanan tersebut. Makanan berlemak, serta protein tinggi biasanya akan mudah sekali membuat tekanan darah menjadi naik.

Pada lansia sangat penting untuk diperhatikan jenis makanan apa saja yang bisa mereka konsumsi serta kapan mengonsumsi makanan tersebut. Mudahnya, pastikan untuk mengonsumsi banyak sayur serta buah, dan juga menghindari berbagai jenis daging merah. Bahkan buah-buahan pun harus mendapatkan perhatian pula.

Tak hanya itu saja, hal lain yang penting diperhatikan juga waktu konsumsi. Usahakan tidak mengonsumsi makanan berat setelah pukul 6 sore.

2. Perhatikan berat badan

Obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi salah satu penyebab dari hipertensi. Ini salah satunya karena kandungan lemak berlebih akan menyumbat peredaran darah sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Untuk itu pada lansia selain wajib memperhatikan pola makan juga harus menjaga berat badan.

Lansia seharusnya dijaga pada berat badan ideal dengan kadar lemak yang pas. Ini berkaitan juga dengan berapa banyak konsumsi kalori per hari serta kalori yang dibakar setiap harinya. Hal ini untuk mencegah terjadinya obesitas pada lansia yang bisa menyebabkan hipertensi kambuh.

3. Hindari garam

Untuk penyakit hipertensi, satu hal lain yang harus diperhatikan memang garam. Hipertensi merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga tekanan darah pun akan menjadi tinggi karena pembuluh yang tersumbat ini. Penyumbatan tekanan darah ini bisa berasal dari banyak hal berbeda. Mulai dari karena kadar lemak yang tinggi, protein, hingga karena garam.

Untuk itu pada lansia sebaiknya diperhatikan sebaik-baiknya porsi garam pada setiap makanan. Idealnya makanan yang dikonsumsi seharusnya tidak terlalu asin atau pun hambar. Selain itu juga hindari makanan yang sudah diasinkan seperti ikan asin dan sayur asin. Makanan yang mengandung sodium tinggi seperti junk food serta makanan olahan lain juga sebaiknya dihindari.

4. Olah raga teratur

Setelah mengatur pola makan dan juga menghindari beberapa jenis makanan, berikutnya yang bisa dilakukan untuk memastikan hipertensi pada lansia tidak kambuh, ialah dengan berolah raga teratur. Pastinya olah raga yang bisa dilakukan oleh lansia bukan yang menuntut banyak kerja keras atau pun melelahkan. Malah sebaliknya. Jenis olah raga yang bisa dilakukan oleh lansia ini merupakan olah raga cardio yang cukup ringan, namun tetap efektif menjaga kebugaran tubuh.

Ada beberapa jenis olah raga yang bisa dilakukan oleh lansia. Misalnya saja olah raga jogging ringan setiap pagi dan sore, sepeda stastis, berenang, hingga senam lansia yang bisa dilakukan secara kelompok atau pun sendiri.

5. Kontrol stress

Salah satu penyebab dari tekanan dari tinggi merupakan stress. Hal yang sama juga pada lansia. Untuk memastikan hipertensi tak kambuh pada lansia, juga pastikan mereka tak merasakan stress. Ada beberaap cara untuk memastikan lansia tidak mengalami stress dan tetap santai. Salah satunya dengan banyak berinteraksi dengan anggota keluarga, anak-anak, dan cucu. Serta bisa beraktifitas sesuai hobi masing-masing. Misalnya berkebun, menjahit, hingga kegiatan lain yang memastikan lansia akan tetap produktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here