Tips Menambah Nafsu Makan Pada Lansia

0
184
menu sehat

Manusia selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Mulai dari tubuh hingga usia yang kian bertambah. Dari waktu ke waktu, manusia mengalami perubahan yang signifikan sehingga hal tersebut tidak bisa kita hindari begitu saja, kita harus menghadapi hal tersebut. Tumbuh menua bukan berarti kita tidak bisa hidup dengan aktivitas yang menyenangkan, justru bertambah tua membuat kita merasakan arti kehidupan yang sebenarnya.

Namun tahukah kamu? Banyak sekali yang harus diperhatikan apabila kamu menghadapi masa-masa lanjut usia atau lansia. Ketika kamu sudah memasuki masa tua, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat. Salah satunya adalah memperhatikan makan.

Kerapkali saat manusia memasuki masa lansia, nafsu makan mereka menurun. Hal tersebut tentu sangat tidak baik mengingat dapat mengganggu kesehatan tubuh kamu. Penurunan selera makan terhadap lansia disebabkan karena metabolisme mereka jadi melambat. Padahal apabila melihat lebih dalam, setiap orang membutuhkan nutrisi-nutrisi yang tepat bagi kehidupan manusia, berapapun umurnya dari bayi hingga lansia. Karena nutrisi tersebut sangat penting bagi tubuh manusia sehingga mau tidak mau kita harus mengisinya ke dalam tubuh kita, bahkan pada saat masa lansia sekalipun.

Sebenarnya ada beberapa faktor mengapa penurunan selera makan terjadi pada saat lansia. Faktor-faktor tersebut seperti penurunan fungsi dari indra penciuman, perasa serta penglihat. Selain itu, efek-efek obat yang sering dikonsumsi setiap hari, sembelit atau gangguan kesehatan pada mulut juga menjadi salah satu faktor menurunnya selera makan mereka. Hal tersebut tentu sangat tidak baik bagi kondisi tubuh pada saat lansia apabila berkurangnya nafsu makan.

Walaupun penurunan selera makan tersebut normal-normal saja terjadi pada lansia, bukan berarti kita hanya membiarkannya saja lantas tidak makan sama sekali. Justru hal tersebut harus dilawan supaya kamu tetap makan secara teratur agar kondisi kesehatan tubuh kamu semakin terjaga. Selain itu, agar kamu terhindar dari macam-macam penyakit yang rentan menyerang orang lansia.

Berikut ada beberapa tips bagi kamu agar dapat menumbuhkan nafsu makan pada saat lansia :

Temukan Penyebab Menurunnya Nafsu Makan

lansia

Mencari penyebab dari akar masalah merupakan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Begitu juga dengan menemukan penyebab menurunnya nafsu makan tersebut. Karena apabila tela menemukan penyebabnya, berarti langkah yang harus kamu ambil adalah mencegahnya agar tidak terjadi lagi hal yang sedemikian rupa. Namun apabila menurunnya nafsu makan disebabkan karena penyakit tertentu, maka cara mengembalikan selera makan lansia adalah dengan mengatasi penyakit tersebut.

Jangan Menerapkan Jam Makan Pada Lansia

Pada saat kecil, seringkali kamu harus makan pada tepat waktu atau pada jam makan. Namun hal tersebut tidak berlaku pada saat kamu lansia. Saat lansia, bebaskanlah jam makan kamu, kamu boleh makan jam berapapun yang kamu tanpa paksaan pada jam makan. Karena hal tersebut merupakan salah satu hal yang dapat membangkitkan nafsu makan kamu pada lansia. Selain itu, memberikan kebebasan pada jenis makanan apapun yang diinginkan juga dapat membangkitkan selera makan, asal makanan tersebut sehat dan tidak terlalu membahayakan. Hal itu tentu berbeda dengan saat usia produktif yang harus menjaga jam makan agar mencegah dari obesitas.

Menggunakan Rempah Untuk Menambah Nafsu Makan

Seperti yang kamu ketahui, saat memasuki masa lansia alat indra kamu akan semakin menurun. Termasuk pengecapan dan penciuman. Hal tersebut tentu akan mengurangi nafsu makan kamu. Namun jangan khawatir, penurunan indra pengecapan dan penciuman tersebut dapat kamu atasi dengan tambahan rempah yang rasa dan baunya lebih tajam, tambahkan rempah tersebut pada makanan yang ingin disajikan. Dengan cara seperti itu, maka nafsu makan kamu akan bertambah.

Menyesuaikan Porsi Makan

Hindari porsi makan yang terlalu banyak, karena hal tersebut dapat mengurangi nafsu makan bagi para lansia. Makan dengan porsi secukupnya lebih baik daripada harus banyak namun tidak habis dan mengurangi nafsu makan. Bagi lansia, makan tidak perlu banyak asalkan sesuai porsi yang mereka inginkan.

Memakan Makanan Yang Mudah Hancur

Bagi lansia, fungsi gigi terkadang juga semakin menurun. Apabila makan daging yang sangat keras tentu sangat susah untuk dicerna bagi gigi para lansia. Bahkan seringkali para lansia menggunakan gigi palsu sehingga memakan daging yang keras tentu akan semakin susah. Namun apabila hendak menyajikan daging pada lansia, potong tipis-tipis agar dapat dikunyah dengan mudah. Dengan hal tersebut, maka akan dapat menggugah nafsu makan lansia.

Menemani Lansia Saat Makan

Menemani lansia saat makan juga salah satu cara untuk menggugah nafsu makan lansia. Anak, bisa mengajak orangtua untuk makan bersama. Bila perlu, sekalian juga bisa menyuapinya. Dengan perhatian tersebut bakal membuat lansia lebih bersemangat untuk menghabiskan makanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here