Tips Lansia Selalu Produktif

0
118
lansia

Lansia sering kali dianggap bukan merupakan usia produktif. Maklum saja, mereka yang sudah lanjut usia ini memang memiliki beberapa keterbatasan yang menyebabkan produktifitas tidak maksimal. Misalnya masalah kesehatan hingga tenaga yang sudah banyak berkurang. Usia produktif biasanya dibatasi mulai dari 20 hingga 45-an tahun. Setelah itu banyak yang menganggap pensiun merupakan pilihan terbaik. Meskipun banyak yang masih tetap produktif dan bekerja hingga usia mencapai 50 hingga 60 tahun.

Bahkan banyak yang percaya, lansia yang masih bekerja dan produktif ini memiliki tingkatan kesehatan yang lebih baik. Namun hal ini tentu saja tidak menjadikan semua lansia seharusnya bekerja. Melainkan menyarankan para lansia untuk tetap aktif dan produktif.

Menjadi aktif dan produktif untuk lansia akan berpengaruh pada banyak hal. Seperti misalnya yang sudah sedikit dijelaskan di atas, dengan kesehatan. Dengan menjadi produktif, lansia akan banyak bergerak. Sehingga secara tidak langsung akan berolah raga dengan teratur. Selain itu adanya aktifitas dan produktifitas pun membuat organ vital akan terus bekerja. Pada akhirnya lansia akan menjadi lebih sehat secara keseluruhan. Selain itu dengan menjadi produktif, lansia juga menghindari dari rasa bosan, jenuh, dan juga sumpek. Terutama bagi mereka yang dulunya aktif bekerja. Berada di suasana yang sama terus menerus tanpa aktifitas akan menjadi beban tersendrii hingga akhirnya muncul rasa jenuh. Rasa jenuh ini juga akan berpengaruh pada banyak aspek kesehatan pula.

Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa tips untuk lansia menjadi lebih produktif di hari tua.

1. Mempersiapkan hari tua jauh-jauh hari

Tips pertama untuk tetap produktif di hari tua ini dengan adanya persiapan sejak jauh-jauh hari. Terutama persiapan dalam hal pendanaan pensiun. Banyak orang yang hanya berfokus pada kebutuhan dan juga keinginan pada saat ini tanpa memikirkan tabungan di hari tua. Sehingga nantinya ketika mereka sudah lanjut usia, produktifitas juga akan terganggu karena masalah dana. Sehingga alangkah baiknya bila sedari muda sudah mempersiapkan segala hal mengenai masa tua nanti. Tak hanya pendanaan saja, melainkan hingga tempat tinggal, hingga jenis aktfitas apa yang kiranya bisa dilakukan pada saat pensiun.

2. Menyalurkan hobi

Salah satu kegiatan produktif yang bisa dilakukan pada hari tua ini tentu saja menyalurkan hobi. Terutama bila hobi yang digemari tak menuntut banyak aktifitas berat. Beberapa jenis hobi yang bisa mulai disalurkan pada hari tua ini seperti berkebun, memelihara hewan peliharaan, menjahit, menyulam, dan banyak lain. Nantinya hal ini akan kembali pada poin pertama, di mana sebaiknya sudah disiapkan lebih dulu segala hal agar nantinya di hari tua bisa tetap produktif dengan menyalurkan hobi ini.

Menyalurkan hobi bukan hanya akan menjadikan lansia lebih produktif, namun juga membuat perasaan hati lebih senang. Sehingga tak akan mudah bosan atau pun jenuh nantinya. Hal ini juga harus menjadi pertimbangan pada saat memilih aktifitas untuk lansia.

3. Berolah raga ringan

Tips produktif lain untuk lansia, adalah dengan berolahraga ringan. Olah raga bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan untuk lansia. Selain itu juga memberikan keuntungan positif dari segi kesehatan. Jadi memang tak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri berolah raga meskipun sudah lanjut usia.

Beberapa jenis olah raga yang bisa dilakukan pada saat lanjut usia ini seperti misalnya jogging di taman pada pagi dan sore hari, yoga, meditasi, hingga senam lansia yang saat ini sudah banyak menjadi program di kota besar. Olah raga dalam kelompok seperti senam lansia juga akan memberikan mereka sosialisasi yang menyenangkan.

4. Sosialisasi

komunitas lansia

Untuk menjadi produktif, bukan berarti lansia harus melakukan sebuah pekerjaan. Bersosialisasi saja sudah bisa menjadi hal yang produktif untuk para lansia. Ada banyak sekali pilihan sosialisasi yang dilakukan. Seperti bergabung dengan klub buku atau menjahit dan menyulam di daerah sekitar, mengikuti olah raga dalam bentuk kelompok seperti senam lansia, hingga sesederhana bersosialiasi dengan keluarga dekat dan juga tetangga. Hal ini bukan hanya memastikan perasaan lansia tetap akan senang, namun juga akan memberikan mereka pengalaman baru. Menjadikan hari tua akan lebih menyenangkan.

Tentunya pastikan semua aktifitas sosialiasi yang dilakukan oleh lansia bersifat positif dan tak memberi efek buruk pada kesehatan.

5. Tetap beraktifitas seperti biasa di rumah

Tips terakhir untuk tetap produktif bagi lansia, dengan beraktiftas seperti biasa di rumah. Ini berarti lansia tidak dianjurkan untuk terus tidur atau duduk di satu tempat yang sama. Bila kesehatan memungkinkan, lansia bisa melakukan pekerjaan ringan di rumah. Hal ini dapat mendorong tubuh untuk bergerak serta lansia tidak merasa jenuh. Namun tentunya pastikan aktifitas yang dilakukan tidak membebani tubuh dan terlalu melelahkan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here