Tips dan Obat Alami Menurunkan Darah Tinggi pada Lansia

0
186
darah tinggi

Penyakit darah tinggi atau tingginya tekanan darah dalam tubuh memang bukan hanya diderita oleh para lansia. Malah saat ini, banyak penderita penyakit tekanan darah tinggi yang berasal dari usia produktif, yakni kisaran 30 hingga 45 tahun. Meski bukan termasuk dalam kategori penyakit aging disease, penyakit darah tinggi memiliki lebih banyak resiko pada penderita usia lanjut dari pada golongan pasien lain.

Pada penderita di usia lanjut ini, penyakit darah tinggi memiliki resiko untuk menjadi penyakit lain. Misalnya saja menjadi penyakit stroke, serangan jantung, dan lain-lain. Penyakit darah tinggi pada lansia ini juga beresiko untuk mengganggu kerja organ vital dalam tubuh. Salah satunya menggangu aliran darah yang sampai pada otak.

Ada banyak sekali penyebab penyakit darah tinggi pada lansia. Salah satunya seperti kebiasaan hidup yang tidak sehat dari muda, konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, obesitas, hingga karena kurangnya olah raga. Selain itu, penyakit darah tinggi pada lansia juga sering kali diakibatkan karena tingginya stress. Keadaan ini menjadi salah satu pemicu meningkatnya tekanan darah pada saat sudah lanjut usia.

Banyaknya debris lemak serta gula darah di dalam pembuluh juga menjadi salah satu pemicu terjadinya tekanan darah tinggi. Untuk itu memang sebaiknya dari muda wajib untuk memperhatikan kesehatan, dimulai dari pola dan gaya hidup hingga memperhatikan porsi olah raga.

cek darah tinggi

Tips mengatasi penyakit darah tinggi pada lansia

Mengatasi penyakit darah tinggi pada lansia memang sedikit berbeda dari cara menurunkan tekanan darah tinggi untuk usia lainnya. Salah satunya memang berkaitan dengan usia yang sudah lanjut sehingga beberapa organ vital dalam tubuh tak bisa lagi bekerja secara maksimal. Misalnya saja jantung yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Namun tentu saja bukan berarti tak ada sama sekali cara untuk mengatasi penyakit darah tinggi pada lansia ini. Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita lanjut usia.

1. Olah raga teratur

Usia yang sudah lanjut tidak menjadi alasan untuk meninggalkan olah raga sepenuhnya. Malah sebaiknya, penderita penyakit darah tinggi pada lansia melakukan olah raga secara teratur. Jenis olah raga yang dilakukan pun sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan serta keadaan tubuh penderita itu sendiri. Bisa juga dengan melakukan olah raga cardio ringan yang tidak akan terasa berat namun tetap efektif untuk menurunkan lemak dan melancarkan peredaran darah. Jenis olah raga seperti senam, jalan santai atau jogging, berenang, dan juga sepeda statis sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh para penderita penyakit darah tinggi pada lansia ini.

2. Konsumsi makanan sehat

Salah satu penyebab dari penyakit darah tinggi pada lansia maupun usia lain memang karena pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu, salah satu tips menurunkan tingginya tekanan darah ini memang dengan mulai mengonsumsi makanan sehat. Konsumsi makanan sehat ini bisa dimulai dengan perbanyak konsumsi sayur serta buah. Selain itu mengurangi konsumsi karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, serta mie. Juga konsumsi protein dengan kadar lemak yang tinggi seperti misalnya daging merah dan juga kacang-kacangan. Mengonsumsi makanan sehat bukan hanya mengenai jenis dari makanan tersebut. Namun juga dari banyaknya jumlah makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis camilan yang kaya akan sodium, kopi, garam yang tinggi dan juga junk food sebaiknya dihindari.

3. Hindari stress

Tips berikutnya bagi penderita penyakit darah tinggi pada lansia, ialah menghindari stress. Stress akan membuat tekanan darah semakin meninggi karena otak yang bekerja lebih keras. Untuk itu mereka yang menderita penyakit darah tinggi memang sebaiknya dianjurkan untuk menghindari stress. Beberapa cara untuk menghindari stress ini juga bisa dengan perbanyak olah raga yang akan meningkatkan hormon endorphin dalam tubuh serta tinggal di daerah yang lebih tenang, seperti di perdesaan.

Selain beberapa tips di atas untuk menghindari penyakit darah tinggi pada lansia, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan alami untuk mengatasi penyakit darah tinggi pada lansia.

Ada beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang dipercaya sebagai obat alami untuk penyakit darah tinggi pada lansia. Seperti misalnya buah pisang, semangka, belimbing, serta sayur timun. Buah dan sayuran tersebut memiliki kandungan kalium yang membantu mengontrol cairan yang ada di dalam tubuh. Selain itu juga, buah dan sayur di atas memberikan efek untuk mengurangi tekanan dan melonggarkan pembuluh darah.

Sehingga tekanan darah dalam tubuh pun akan menurun secara alami. Obat alami lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi ini adalah yoghurt. Sebaiknya pilih yoghurt alami yang tidak terdapat kandungan gula dan bahan kimia tambahan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here