Solusi Terbaik Meredakan Batuk Kering Beserta Pencegahannya

0
414
obat batuk

Paparan debu dan juga asap kendaraan bisa memberikan efek yang buruk bagi kesehatan salah satunya menyebabkan batuk kering. Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal pada tenggorokan sehingga menimbulkan reaksi alami berupa batuk. Berbeda dengan batuk berdahak, untuk kondisi batuk kering tidak memproduksi dahak sama sekali. Pengobatan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat atau membuat ramuan dari bahan alami yang tersedia mudah ditemukan di sekitar.

Penyebab Batuk Kering

Batuk kering bisa menyerang siapapun tanpa mengenal batas usia, mulai dari anak-anak hingga yang sudah berusia senja. Penyebabnya beragam, bisa berasal dari faktor luar atau bahkan karena mengalami masalah kesehatan yang serius. Hal-hal yang dapat memicu munculnya batuk kering diantaranya adalah:

  1. Reaksi terhadap alergi
  2. Menghirup iritan seperti debu, asap rokok, dan lain-lain
  3. Menderita asma
  4. Mengalami radang tenggorokan
  5. Menderita penyakit paru-paru yang kronis
  6. Menderita penyakit jantung

Jenis Batuk Kering

Secara umum gejala batuk kering ditunjukkan dengan suara batuk yang nyaring disertai dengan rasa gatal di tenggorokan. Proses penyembuhannya bergantung pada penyebabnya, ada yang cepat dan memakan waktu yang lama.

Ada 3 jenis batuk kering yang sering dialami dengan level berbeda. Batuk kering ringan akan sembuh sendirinya dalam tempo 1 hingga dua hari. Penyebab utamanya adalah serangan virus pada tenggorokan. Sementara jika Anda menderita batuk disertai dengan rasa sakit pada tenggorokan, itu termasuk dalam batuk croup dengan gejala terjadi pembengkakan pada pita suara. Sedangkan jenis terakhir yang jarang ditemui adalah batuk rejan. Penyakit tersebut biasa menyerang anak-anak dengan gejala batuk terus menerus dan sulit bernafas.

Pengobatan Batuk Kering

Ada banyak jenis obat yang bisa Anda beli di apotek untuk meredakan penyakit ini. Pastikan Anda memilih obat yang khusus untuk batuk kering agar kinerjanya lebih efektif dan tepat sasaran. Bentuknya pun beragam ada yang tablet dan sirup. Secara umum penyembuhan penyakit ini tidak memerlukan penanganan yang serius. Namun jika penyebabnya berasal dari reaksi alergi, maka Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan resep obat yang tepat.

Cara Cepat Meredakan Batuk Kering Tanpa Obat

Ada banyak tanaman herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan batuk kering. Selain lebih hemat, ramuan alami juga lebih berkhasiat dan tidak menimbulkan efek sama sekali. Cara meraciknya pun gampang dan dapat dikonsumsi secara teratur setiap hari. Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman herbal yang bisa digunakan untuk meredakan batuk kering dengan cepat dan aman.

  1. Bawang putih
  2. Jahe
  3. Kunyit
  4. Madu
  5. Jeruk nipis

Selain menggunakan bahan herbal diatas, Anda juga bisa menghilangkan batuk kering membandel dengan berkumur air garam hangat pada pagi dan sore hari. Lakukan secara teratur supaya cepat reda. Saat tidur, usahakan posisi kepala lebih ditinggikan agar pernafasan menjadi lancar. Dan perbanyak minum air putih supaya kondisi kerongkongan menjadi lembab dan tidak kering.

Tips Mencegah Batuk Kering

Menerapkan pola hidup sehat menjadi cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terkena serangan batuk kering. Selain itu istirahat dan tidur cukup supaya imunitas tidak berkurang sehingga virus dan bakteri tidak mudah masuk kedalam tubuh. Ada beberapa kebiasaan buruk yang juga harus Anda hindari agar tidak menderita penyakit batuk kering, diantaranya adalah:

  1. Konsumsi makanan yang digoreng
  2. Minum air es
  3. Makan berlebihan di malam hari
  4. Minuman berkafein
  5. Tidur dengan posisi datar

Penyakit ini sering dialami oleh perokok aktif. Kebiasaan buruk yang disebutkan diatas dapat menyebabkan infeksi pada tenggorokan. Tidak hanya itu saja, asap yang dihasilkan oleh rokok juga berbahaya bagi orang-orang disekitar jika terhirup. Karena itu sebisa mungkin hindari asap rokok dan pakai masker agar iritan tersebut tidak masuk kedalam tubuh.

Kebiasaan baik dengan mencuci tangan menggunakan sabun juga bisa mencegah batuk kering karena kondisi tubuh terbebas dari kuman penyakit. Selain itu saat Anda menderita batuk, sebaiknya gunakan penutup atau masker supaya tidak menularkan virus ke orang lain.

Jenis Makanan untuk Penderita Batuk Kering

Makanan yang bermanfaat untuk meredakan batuk kering adalah sup ayam hangat. Dengan mengkonsumsi masakan tersebut, akan membuat tenggorokan menjadi lega dan nafas kembali lancar. Kandungan protein yang terdapat pada sup ayam bisa meningkatkan ketahanan tubuh sehingga penyembuhan bisa berjalan cepat. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi madu yang khasiatnya bisa menyembuhkan iritasi pada tenggorokan.

Permen hisap juga memiliki manfaat yang bagus untuk meredakan batuk kering. Senyawa mentol yang terkadung didalam permen, dapat membuat rasa gatal di tenggorokan hilang.
Bila Anda menderita batuk kering, tidak perlu khawatir karena banyak bahan alami yang bisa dipergunakan sebagai obat. Namun jika gejalanya tidak juga reda dalam hitungan bulan, sebaiknya periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here