Seputar Penyakit Batuk Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

0
32
obat batuk

Penyakit batuk bukan hanya disebabkan oleh virus semata lho. ternyata ada hal lain yang juga dapat menyebabkan batuk. Sementara, sebetulnya batuk merupakan gerak reflek tubuh saat saluran nafas tertutup lendir atau benda asing. Jadi, saat anda batuk, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengidentifikasi penyebab utama dari batuk. Sehingga, dapat diatasi dengan tepat.

Tubuh kita diciptakan sedemikian rupa, lengkap dengan sistem pertahanan tubuhnya. Saat tubuh mendapati ada yang tak beres, secara alamiah ‘alarm’ tubuh akan menyala. Salah satunya dengan Batuk. Saat batuk, berarti ada sesuatu yang mengganggu jalur pernafasan. Bisa karena adanya lendir, makanan atau debu atau penyebab lain yang menggelitik tenggorokan, dan terjadilah batuk.

Yang Perlu Diwaspadai Saat Batuk

Normalnya, pada batuk ringan akan sembuh dalam waktu 3 hari, atau selambat-lambatnya 2 minggu. Meskipun, anda tak mengkonsumsi obat khusus. Namun, apabila di berikan obat batuk dengan dosis yang tepat, tentu durasi batuk akan lebih pendek. Tetapi, ada pula batuk yang tak kunjung sembuh, hingga berbulan-bulan, bahkan menahun. Padahal sudah diberikan obat batuk. Batuk semacam Ini adalah jenis batuk kronis.

Ketika sedang terserang batuk yang pertama kali yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebabnya. Ini sangat penting, mengingat tiap pemicu memiliki penanganan yang berbeda-beda. Secara umum, batuk bisa disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah infeksi virus dan alergi. keduanya memiliki jenis batuk yang hampir serupa, namun tak sama. Hal menonjol yang dapat disadari sebagai pembeda keduanya ialah, apakah batuk yang dialami disertai dengan demam atau tidak. Pada batuk alergi, tak disertai oleh demam. Namun, pada batuk yang disebabkan oleh infeksi virus, akan disertai dengan demam.

Beberapa hal berikut ini adalah perbedaan antara batuk alergi dan batuk Virus.

1. Batuk alergi muncul disaat-saat tertentu, terutama saat bersentuhan langsung dengan alergen. Misalkan, debu, perubahan cuaca ekstrim, makanan atau minuman, bulu hewan peliharaan, dan sebagainya. Sedangkan batuk alergi muncul setiap saat, selama virus masih menginfeksi.

2. Batuk alergi tak disertai dengan gejala sakit pada umumnya. Sedangkan batuk yang disebabkan oleh infeksi virus, disertai dengan demam, suhu badan meningkat, meriang, nyeri di beberapa bagian tubuh dan sebagainya.

3. Batuk alergi akan meningkat intensitasnya kala malam hari, atau saat tubuh berada pada posisi tidur. Namun, tidak dengan batuk virus.

4. Batuk alergi tidak menular. Sedangkan batuk yang disebabkan oleh virus dapat ditularkan melalui udara, penggunaan alat makan dan minum secara bersamaan dengan seorang yang sedang batuk, dan melalui bersin.

5. Batuk alergi hanya dapat sembuh dengan menghindari alergen atau pencetus alerginya. Sedangkan batuk yang ditengarai oleh virus dapat disembuhkan dengan obat batuk dan antibiotik.

Itulah beberapa perbedaan antara batuk alergi dan batuk yang disebabkan oleh virus.

Kapan Harus Ke Dokter

dokter

Pada kondisi awal dan batuk ringan, sebetulnya batuk akan sembuh dengan sendirinya, tanpa harus ada konsumsi obat tertentu. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kerja sistem imun. Dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur yang mengantuk banyak vitamin dan antioksidan. Terutama vitamin C. Selain itu, Anda dapat berjemur dibawah sinar matahari pagi, selama kurang lebih 30 menit.

Sakit Batuk akan mereda seiring dengan meningkatnya daya tahan tubuh untuk melawan virus dan bakteri. Durasi normal batuk ringan adalah antara 3 hingga 14 hari. Namun, apabila kondisi tak kunjung membaik setelah hari ke tiga, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Beberapa kondisi lain yang mengharuskan Anda untuk segera memeriksakan diri kedokter ialah apabila dahak yang keluar diserta dengan bercak darah. Lalu, jika batuk di iringi dengan menurunnya nafsu makan terus menerus, yang mengakibatkan berat badan pun turun secara drastis. Dan, apabila sudah terasa sangat mengganggu aktifitas dan waktu istirahat Anda.

Meskipun batuk merupakan penyakit yang umum dan banyak dialami olah semua orang, namun ada baiknya mencegah kan, dari pada mengobati. Nah, untuk mencegah batuk menyerang tubuh Anda, beberapa tips berikut ini dapat Anda lakukan.

Pertama, biasakan untuk menjaga kebersihan. Ini sangat penting, karena virus dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat mudah. Suhu tubuh manusia yang hangat, sangat disukai oleh virus sebagai tempat berkembang biak. Maka, sebelum makan, minum dan beristirahat, Anda wajib mencuci tangan, kaku dan wajah Anda. bukan hanya membasuhnya dengan air saja ya, mencuci tangan yang benar harus dibawah air mengalir. Lakukan mulai dari punggung tangan, sela-sela jari, telapak tangan hingga pergelangan. Jangan lupa untuk menggunakan sabun anti kuman. Dan bilas hingga benar-benar bersih.

Yang kedua, tak ada salahnya untuk selalu membawa cairan disinfektan kemanapun. Lalu, gunakan masker penutup hidung dan mulut apabila Anda berada di tempat umum. Dan yang terakhir, mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi agar tubuh lebih kuat melawan segala macam penyakit.

Saat Anda terserang penyakit batuk, sering-seringlah minum air putih hangat. Ini dapat membuat tenggorokan Anda lebih lega dan menghindari luka pada tenggorokan. Yang tak kalah pentingnya adalah, menghindari makanan-makanan tak sehat seperti gorengan, makanan yang mengandung pemanis dan pengawet. Oh ya, mengkonsumsi madu murni dan air lemon terbukti ampuh meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here