Sakit Saat Kencing? Bahaya Kanker Prostat Mengintai

0
157
prostat

Menurut data yang ada 1 dari 35 penderita kanker prostat dapat meninggal. Selebihnya dapat diatasi dengan berbagai tahapan pengobatan, mulai dari konsumsi obat, radiasi hingga kemoterapi. Kelenjar prostat merupakan salah satu bagian dari organ reproduksi pria. Fungsinya, untuk menyuplai cairan ke testis sebagai nutrisi untuk sperma. Selain itu, cairan ini juga sebagai pelindung sperma agar tetap hidup. Kelenjar prostat ada dibawah kandung kemih dan melingkat mengelilingi uretra atau saluran kencing.

Gangguan Kesehatan Prostat

Secara umum ada tiga macam penyakit yang seringkali terjadi pada kelenjar prostat.

  1. Pembengkakan pada prostat. Ini termasuk dalam golongan tumor jinak dan bukan kanker. Bisa terjadi karena ada kelebihan jumlah sel dalam kelenjar prostat. Atau, bisa juga dikarenakan oleh hormon yang tidak seimbang.
  2. Prostatis. Dalam kondisi ini terjadi infeksi pada kelenjar prostat. Sehingga, seperti adanya infeksi lainnya, diperlukan pengobatan berupa antibiotik. Maka, prostatis akan sembuh dalam beberapa hari. Biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Untuk mencegahnya, Anda harus menjaga daerah pribadi Anda. dengan memastikan tangan Anda bersih dan menggunakan pakaian dalam yang bersih dan nyaman.
  3. Keluhan lain pada prostat yang lebih serius adalah kanker prostat. Apa sih bedanya kanker dan tumor? Mungkin banyak yang belum bisa membedakan. Tak semua tumor itu kanker. Namun, saat tumor berkembang menjadi lebih ganas dan menyebar, tak hanya disatu organ saja, bisa menjadi kanker. Jadi, bisa dikatakan Kanker setingkat lebih serius dari tumor.

Bagaimana dengan Kanker prostat? Ini dapat terjadi pada semua pria, umumnya yang berusia diatas 35 tahun. Namun, tak menutup kemungkinan dapat pula menyerang pria di usia yang lebih muda. Seperti kanker pada umumnya, kanker prostat juga terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal pada prostat. Suatu kelenjar di saluran reproduksi pria. Namun, meskipun masuk dalam kanker, kanker prostat tak begitu ganas. Apabila di deteksi secara dini, makan peluang kesembuhannya akan semakin besar. Karena, ini termasuk dalam jenis kanker yang penyebarannya lambat.

Gejala Tanda Sakit Prostat

Ketika Anda merasakan ada yang salah dalam saluran kencing Anda, sebaiknya Anda segera curiga dan lakukan konsultasi pada dokter Anda. karena, kanker prostat biasa diawali dengan gejala-gejala ringan, seperti sulit buang air kecil, hingga buang air kecil yang menimbulkan rasa sakit atau sampai disertai dengan darah. Namun, ada pula yang mengalami hal sebaliknya. Yakni, susah menahan hasrat ingin buang air kecil. Bahkan, air kencing yang keluar sulit dikendalikan.

Gejala kanker prostat lainnya adalah nyeri dan pegal-pegal pada pinggang belakang, pinggul dan punggung. Pada kondisi yang lebih lanjut, kanker prostat dapat menyebabkan gagal ginjal, tulang rapuh dan mudah patah. Kanker ini juga dapat menyebar sampai ke otak. Yang menyebabkan penderitanya mengalami pikun, bingung, sering pusing dan sakit kepala yang teramat sangat.

Kanker Prostat? Lebih Cepat di deteksi, Lebih Cepat diatasi

Terjadinya kanker secara umum dikarenakan oleh sel-sel abnormal yang menghuni suatu organ melakukan mutasi dan membelah besar-besaran. Sehingga menyerang sel-sel yang sehat. Untuk itu, apabila Anda mengalami gejala yang mencurigakan segera lakukan pemeriksaan. Sebelum terjadi, Anda juga dapat mencegahnya. Dengan mulai hidup sehat.
Beberapa resiko kanker prostat mengintai pria yang ada pada rentang usia lanjut. Namun, setiap pria memiliki kesempatan untuk terserang penyakit ini. Selain itu, obesitas, faktor genetis, dan kebiasaan buruk dalam pola makan juga dapat memicu terjadinya kanker prostat.

Untuk mengatasi kanker prostat, dokter akan melakukan beberapa tindakan. Seperti operasi prostat atau prostatektomi. Selain itu, dokter juga dapat melakukan biopsi atau pengambilan sampel sel pada prostat. Untuk melihat sejauh mana kankernya. Setelah itu, fase yang harus dialuli adalah terapi hormonal. Apabila sampai fase ini belum ditemukan perbaikan, radioterapi akan dianjurkan. Apabila kanker baru sebatas menyerang organ kelenjar prostat saja, seharusnya sudah dapat diatasi dengan terapi-terapi tersebut. Dan Anda akan dianjurkan untuk melakukan tes secara berkala untuk mengetahui kemungkinan kambuhnya.

Jika sudah dapat dipastikan sembuh, Anda tetap harus menjaga kesehatan organ Anda dengan baik. Untuk itu, Anda dapat mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung anti oksidan. Ini sangat baik untuk mengakan radikal bebas yang dapat memicu kanker. Selain itu, cobalah tips berikut ini untuk meringankan keluhan pada prostat.

1. Mandi Air Hangat

Saat terjadi pembengkakan pada kelenjar prostat, tentu timbul rasa tak nyaman. Mandi air hangat dapat mengatasi rasa tak nyaman itu. Selain itu, dengan mandi Air hangat Anda dapat mengurangi berbagai gejala yang muncul akibat sakit prostat. Seperti pegal-pegal pada punggung dan pinggul.

2. Konsumsi Teh Hijau

Selain mengandung anti oksidan yang tinggi, tteh hijau juga mampu mengatasi peradangan yang terjadi didalam tubuh. Dan juga berfungsi untuk melancarkan pembuangan air kecil.

3. Kopi

Konsumsi kopi pagi dan sore mampu mencegah kanker prostat dengan antioksidan yang tinggi. selain itu, kopi juga membantu proses metabolisme gula dalam darah.

4. Tomat dan Buah Berry

Kandungan likopen, anti oksidan, dan vitamin C yang tinggi terbukti mampu mencegah kanker prostat. Selain itu, tomat dan aneka buah berry, seperti blueberry, strawberry dan lainnya mampu membuhun patogen dalam tubuh.

5. Kembang Kol

Dengan kandungan anti oksidan yang tinggi, kembang kol mampu mencegah terjadinya kanker. Selain itu, kembang kol juga mampu membatasi mutasi sel kanker, termasuk kanker prostat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here