Rahasia Menjaga Kesehatan untuk Ibu yang sudah Berusia 60 tahunan

0
447
lansia 60 tahun

Proses penuaan memang menjadi momok terbesar yang dihadapi wanita. Tidak hanya mengalami perubahan bentuk fisik saja, daya tahan tubuhnya pun semakin melemah. Akibatnya berbagai macam penyakit berbahaya mudah menyerang. Kondisi tersebut dapat terjadi jika Anda kurang menjaga kesehatan dengan baik. Walaupun sudah lansia, bukan berarti kesadaran akan pentingnya hidup sehat menjadi berkurang. Selain dorongan dari dalam diri sendiri, dukungan dari keluarga juga sangat dibutuhkan agar Anda selalu semangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat, karena dampaknya akan sangat bagus bagi kebugaran tubuh. Terlebih bisa menghindari risiko terkena berbagai penyakit yang sering diidap oleh wanita yang berusia lanjut. Kekebalan tubuh yang berkurang menjadi penyebab utamanya. Selain itu ada faktor lain seperti meningkatnya kadar lemak dan kolesterol, timbunan asam urat, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin menjaga kondisi badan agar tetap fit selama berkegiatan, ikuti beberapa tips dibawah ini:

Cara Menjaga Kesehatan Ibu Lansia

lansia umur 60 tahun

Istirahat yang cukup

Sebisa mungkin hindari konsumsi kopi karena kandungan kafeinnya bisa membuat Anda susah tidur sehingga kualitas tidur tidak maksimal. Kurang istirahat juga dapat menyebabkan metabolisme tidak lancar, akibatnya peredaran darah menjadi terhambat serta sistem pencernaan terganggu. Selain itu hindari konsumsi minum air putih terlalu banyak saat malam hari agar tidur Anda tidak terganggu karena terlalu sering ke belakang untuk buang air kecil.

Kualitas tidur yang baik bagi Anda yang sudah menginjak usia 60.an adalah selama 7 sampai 8 jam perhari. Tidur siang juga sangat dianjurkan untuk membuat otot dan pikiran menjadi rileks. Sekalipun Anda masih aktif bekerja, tenaga yang Anda miliki tidak boleh digunakan berlebihan karena kondisi tubuh tidak sekuat dulu ketika masih muda. Jika mengalami kelelahan dan badan menjadi drop, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi

Ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari supaya kondisi tubuh tetap terjaga yaitu makanan manis dan padat energi. Selain itu jangan mengkonsumsi minuman ringan karena kandungan nutrisinya hanya sedikit sementara kalori yang dihasilkan sangat banyak. Konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat tersebut, bisa meningkatkan risiko penyakit yang berbahaya salah satunya adalah obesitas.

Bagi wanita yang sudah menginjak usia lanjut, sebaiknya perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan serta makanan yang kaya akan sumber protein, kalsium, zink, vitamin B12, dan folat. Selain itu konsumsi kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak kanola juga sangat baik bagi tubuh karena mengandung lemak jenuh yang sehat. Sebaiknya masak sendiri menu makanan sehat sehari-hari agar kualitas rasa dan kesehatannya lebih terjamin.

Tetap aktif berkegiatan dan olahraga

Kondisi tubuh yang lemah membuat banyak wanita yang sudah berumur malas beraktivitas. Bukannya tambah sehat malah kondisinya semakin memburuk terutama pada bagian persendian, tulang, jantung, paru-paru, dan organ vital lainnya. Jika Anda belum terbiasa berolahraga, mulailah dengan gerakan ringan seperti berjalan kaki di pagi atau sore hari. Jangan terlalu memaksakan diri bila tidak kuat dan istirahatlah ketika merasa capek.

Melakukan olahraga secara rutin dapat memberikan banyak manfaat kepada Anda seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan tulang, menjaga bobot tubuh agar tidak berlebih, serta meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat mengurangi stres. Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah yang memiliki intensitas ringan seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya sesuaikan saja dengan keinginan Anda.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, olahraga juga bisa menjaga fungsi syaraf pusat agar risiko penurunan daya ingat karena faktor usia bisa dihindari. Selain berolahraga, sebaiknya Anda juga aktif melakukan berbagai kegiatan positif seperti berkebun, membuat kerajinan tangan, dan beragam jenis hobi lainnya.

Melakukan check up secara rutin

Kekebalan tubuh yang semakin menurun, bisa membuat virus, kuman, dan bakteri penyebab penyakit mudah menyerang. Kondisi ini semakin diperburuk jika Anda tidak rajin melakukan check up setiap bulannya. Banyak wanita berusia lanjut yang tidak segera memeriksakan diri ke dokter saat merasakan kelainan pada kondisi tubuh. Akibatnya penyakit baru bisa dideteksi saat menginjak stadium akhir dan bahkan mencapai level kronis.

Untuk menghindari kejadian tersebut, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan sebenarnya. Jika muncul tanda-tanda penyakit berbahaya seperti naiknya kadar kolesterol atau tekanan darah, bisa segera ditangani dengan menerapkan pola hidup sehat serta konsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter.

Kesehatan menjadi aset utama yang harus dijaga dengan maksimal agar kondisi fisik bisa tetap bugar sekalipun sudah menginjak usia diatas 60. Selain konsumsi makanan yang kaya akan gizi, olahraga juga harus dilakukan secara rutin dan tetap aktif berkegiatan supaya badan tetap kuat dan tidak gampang sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here