Rahasia Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit Di Usia Lanjut

Hindari 6 Penyakit yang banyak diderita Lansia

0
171
lansia sehat

Keadaan fisik yang mudah capek dan lelah merupakan gejala wajar yang sering dialami lansia. Hal tersebut terjadi karena daya tahan tubuh menurun sehingga membuat kerja organ vital seperti jantung, hati, dan paru-paru menjadi tidak maksimal. Untuk mencegah timbulnya kerusakan pada organ-organ tersebut sangat penting rasanya untuk menjaga kesehatan agar tetap fit dan bugar.

Kondisi yang sudah lanjut usia tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk melakukan beragam aktivitas. Bergerak dengan aktif justru akan membuat kondisi badan semakin kuat. Namun tentu saja harus dibarengi dengan asupan yang bernutrisi dan bergizi tinggi. sayangnya kesadaran tersebut tidak dimliki oleh semua lansia di dunia ini. Beberapa malah tidak bisa mengontrol konsumsi makanannya sehingga berdampak pada munculnya berbagai penyakit yang serius.

Lansia memiliki daya tahan tubun yang cukup lemah, sehingga jika ada serangan virus dan bakteri penyebab penyakit sangat sulit ditanggulangi. Akibatnya infeksi yang diderita akan mudah berkembang hingga menjadi kronis. Beberapa dokter menganjurkan bagi lansia yang merasakan gejala tidak enak badan, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Jika Anda melakukan olahraga secara teratur, efeknya akan sangat bagus bagi kesehatan. Salah satunya adalah terhindar dari risiko penyakit berbahaya. Ada beberapa jenis penyakit yang sering diderita oleh lansia, diantaranya adalah:

Jenis Penyakit yang banyak diderita Lansia

  1. Stroke
  2. Jantung koroner
  3. Hipertensi
  4. Osteoporosis
  5. Diabetes
  6. Kanker
  7. Paru-paru kronis

Sebagian penyakit yang disebutkan diatas disebabkan karena kadar kolesterol yang tidak terkontrol sehingga bisa meningkatkan risiko terkena kelainan jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes. Ada juga Osteoporosis yang tejadi karena kurangnya kalsium pada tulang. Penyakit ini sering diderita oleh lansia yang kurang bergerak aktif sehingga kekuatan tulang menjadi berkurang.

lansia

Kanker menjadi salah satu penyakit berbahaya yang tidak hanya menyerang lansia saja, anak muda pun banyak yang mengalami masalah kesehatan tersebut. Namun pada kasus lansia, penyebabnya adalah daya tahan yang lemah sehingga sel kanker bisa berkembang dengan jumlah yang tidak terkendali. Kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food menjadi pemicunya. Karena itu, sangat penting rasanya untuk menjaga kesehatan agar masa tua Anda dihabiskan dengan kehidupan yang nyaman dan tenang.

6 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia

Proses penuaan memang tidak dapat dihindari, namun terkena risiko penyakit berbahaya bisa dicegah dengan menjaga kesehatan tubuh. Banyak hal yang bisa Anda lakukan agar badan bisa tetap bugar setiap hari meski sudah berusia lanjut, beberapa diantaranya adalah:

lansia tangguh

Melakukan check up secara rutin

Beberapa jenis penyakit seperti kanker tidak menunjukkan gejala yang nyata dan baru bisa dideteksi jika sudah dalam level kronis. Karena itu untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda yang sebenarnya, sebaiknya lakukan check up secara rutin. Selain itu Anda juga akan mendapatkan info mengenai kadar kolensterol, tensi darah, dan lain sebagainya.

Melakukan olahraga secara teratur

Jenis olahraga yang cocok untuk lansia adalah yoga, berenang, berjalan kaki, dan jenis olahraga ringan lainnya. Selain dapat menjaga berat badan, aktivitas tersebut juga bisa menguatkan tulang dan sendi sehingga Anda bisa terhindar dari serangan reumatik yang sangat mengganggu.

Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat

Jenis makanan yang dikonsumsi juga harus dipilih yang mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh salah satunya lemak sehat. Kandungan zat tersebut bisa Anda temukan pada minyak zaitun dan minyak kedelai. Jadi jika Anda ingin menggoreng makanan, sebaiknya ganti minyak goreng dengan minyak zaitun yang lebih sehat bagi tubuh.

Meningkatkan kemampuan otak

Tidak hanya kondisi fisik saja yang harus dijaga, pikiran juga harus diasah karena ini berhubungan dengan perkembangan mental. Asah daya pikir dengan cara mengisi teka-teki, atau bisa juga dengan membaca buku, koran, atau majalah. Kebiasaan baik ini dapat menghindarkan Anda dari bahaya kepikunan yang sering diderita oleh lansia.

Konsumsi karbohidrat kompleks

Jenis makanan yang baik untuk kesehatan lansia adalah yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan kacang-kacangan. Kadar gula yang terkandung dalam makanan tersebut sangat rendah sehingga bisa mencegah resiko terkena penyakit diabetes.

Perbanyak minum air

Minum air minimal 8 gelas perhari bisa menjaga kebugaran tubuh dan terhindar dari masalah kesehatan yang berbahaya. Asupan mineral yang cukup dapat mempercepat regenerasi sel dalam tubuh sehingga kerusakan yang terjadi pada beberapa organ bisa segera teratasi.

6 tips yang sudah disebutkan diatas adalah cara yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan agar tidak gampang sakit. Lansia dapat mempraktikkan cara tersebut dengan mudah. Lakukan secara teratur dan jangan lupa tetap jaga kondisi badan dengan istirahat yang cukup serta menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, makan makanan berlemak, dan minum minuman beralkohol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here