Program Peduli Lanjut Usia di Masjid?

    0
    9

    Menurut Prof Dr. KH. Didin Hafidhuddin, M.Sc (Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional 2004-2015) ada 3 (tiga) hal yang membuat Turki mencapai kemakmuran, yakni kebijakan Presiden Recep Tayyip Erdoğan yang menerapkan  “Gerakan shalat subuh Berjamaah di Masjid, Gerakan Infaq Shodaqoh dan, Gerakan Ekonomi Ummat” (Sumber www.tribunnews.com)

    Begitulah dahsyatnya Sholat Subuh berjamaah, jika diterapkan, sehingga beberapa Kepala Daerah di Indonesia juga turut mengadaptasi, diantaranya Gubernur Jawa Barat Masa Bakti 2013-2018, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si.

    Maret lalu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar juga  yang menggaungkan program Sholat Subuh berjamaah bagi ASN (Aparatur Sipil Negara ), ASN tersebut dapat memilih dari 3 pilihan Masjid yang direkomendasikan. (Sumber : www.sindonews.com)

    Berikut kisah  Dr Abidinsyah Siregar, DHSM, MBA, M.Kes (Pendiri Golansia.com/Ahli Utama dpk Kemenkes), saat berkesempatan malaksanakan Sholat Subuh di Masjid Baiturrahman, Radial, Palembang, Sumatera Selatan.

    Pengajian sebelum adzan subuh terdengar jelas dari kamar lantai 11 Hotel Santika Radial, Palembang. Masjid Baiturrahman Radial Palembang dekat diarah belakang hotel, didirikan 1982, tidak terlalu besar dengan arsitektur khas, terasa nyaman dan lega.

    Bedug di Masjid Baiturrahman Radial Palembang. Foto : google

    Tanda tiba waktu shubuh diawali dengan pukulan bedug, mengingatkan masa kecil di Medan, Sumatera Utara, dimana semua masjid punya Bedug dengan berbagai bentuk, namun irama pukulan serupa dan selalu enak terdengar dipagi dinihari.

    Cukup banyak jamaahnya, ada sekitar 7 shaf Jamaah laki-laki  dan 2 shaf jamaah perempuan. Menariknya hampir semua berumur seusia penulis alias lanjut usia, after sixty. Tampak para lansia berpakaian rapi, bersih, sejuk dan ramah.

    Terpikir, sudah waktunya Masjid memiliki Program Peduli Lanjut Usia.

    Apalagi dalam waktu yang tidak lama lagi INDONESIA akan memasuki era Aging Population Country dimana populasi lansia meningkat tajam sebagai dampak semakin panjangnya Umur Harapan Hidup.

    😷  Mengapa Kita Perlu Mendesain Masa Lanjut Usia Kita?

    Diperkirakan jumlah lansia saat ini sudah lebih 30 juta dari 276 juta penduduk Indonesia. Dan tahun 2035 diperkirakan akan mendekati 50 juta (15,77%).

    Harus ada upaya setiap Keluarga maupun Lembaga formal/non formal dan komunitas untuk peduli lansia agar kelak mereka tetap sehat, mandiri, aktif dan produktif.

     

    Salam sehat mandiri.
    
    Palembang, 6 Okt 2021
    
    Dr Abidin/Ahli Utama BKKBN dpk Kemenkes.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here