Peran Vitamin C untuk Kesehatan Lansia

0
178
vitamin c

Kekurangan asupan Gizi sering dialami oleh kaum lansia terlebih bagi mereka yang hidup sendiri. Masalah tersebut tidak hanya berpengaruh pada kondisi fisik saja, melainkan juga kekebalan tubuh yang semakin menurun. Akibatnya berbagai jenis penyakit mudah menyerang dan proses penyembuhannya memerlukan waktu yang lama. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, lansia diharuskan mencukupi kebutuhan akan vitamin C setiap harinya dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur. Kebiasaan tersebut sangat baik bagi kesehatan dan mencegah risiko terkena penyakit berbahaya seperti stroke.

lansia

Vitamin C sangat mudah ditemui di berbagai jenis bahan makanan yang ada di sekitar kita misalnya buah-buahan. Sayangnya karena kebiasaan makan yang tidak sehat dan kurang teratur, membuat kebutuhan akan vitamin ini tidak tercukupi dengan baik. Berbagai masalah kesehatan pun muncul seperti sariawan, pendarahan pada gusi, kondisi kulit mengering, dan hingga terserang kanker. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang kaya akan vitamin C atau mengkonsumsi suplemen sesuai dengan anjuran dokter.

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Beberapa penyakit dapat diatasi dengan konsumsi vitamin C yang cukup. Selain bisa didapatkan pada sumbernya secara lansung, vitamin tersebut juga terdapat dalam kemasan suplemen yang siap konsumsi. Jadi bagi lansia yang mengalami penurunan nafsu makan dan susah mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayuran tertentu, bisa diganti dengan meminum suplemen tersebut dan tentu saja harus sesuai dengan resep dokter.

Selain itu vitamin C juga dapat melindungi sel-sel dalam tubuh sehingga terbebas dari bahaya radikal bebas. Untuk mengetahui manfaat Vitamin C secara lebih lengkap, perhatikan ulasan berikut ini:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak gampang terserang berbagai macam penyakit
  2. Meningkatkan stamina sehingga tubuh tidak mudah merasa capek dan kelelahan
  3. Berperan dalam produksi sel darah merah untuk mencegah penyakit anemia
  4. Berperan dalam pembentukan kolagen untuk mencegah kulit kering serta menjaga kelembabannya
  5. Menjaga kepadatan tulang sehingga tidak mudah keropos
  6. Mencegah sariawan dan gusi berdarah
  7. Menjaga kesehatan mata
  8. Mencegah risiko kanker terutama kanker kulit

Antioksidan yang ada dalam vitamin C tidak hanya berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh saja, melainkan juga menangkal bahaya radikal bebas yang mampu merusak sel-sel di tubuh. Selain kanker kulit, Vitamin C juga efektif untuk mencegah kanker serviks dan payudara.

Begitu kompleksnya manfaat vitamin C bagi tubuh, sehingga kebutuhannya wajib tercukupi. Sejatinya dengan konsumsi sayuran dan buah setiap hari sudah bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Namun karena rata-rata lansia mengalami penurunan nafsu makan, jadi asupan gizinya berkurang. Selain kesadaran dari diri sendiri, peran keluarga juga sangat penting agar lansia bisa selalu menerapkan pola makan yang sehat dan bernutrisi.

Akibat Kekurangan Vitamin C

Banyak yang tidak menyadari bahwa kekurangan vitamin C bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang buruk bagi lansia. Kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan menjadi penyebabnya. Jika mudah mengalami kelelahan, stamina menurun, serta gampang terkena sariawan atau gusi berdarah, itu tanda dari kekurangan vitamin C. Selain itu masih ada beberapa peyakit lainnya yang disebabkan karena kurangnya konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, diantaranya adalah:

1. Anemia

Vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah. Kekurangan vitamin C bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, akibatnya jumlah sel darah merah menurun dan menyebabkan anemia. Jenis penyakit ini harus segera ditangani agar kondisi tubuh lansia tidak semakin lemah dengan cara konsumsi obat penambah darah serta konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C.

2. Sariawan dan gusi berdarah

Sariawan dan gusi berdarah menjadi penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja. Namun pada kasus lansia, masalah kesehatan ini sulit diredakan karena kondisi imunnya yang lemah. Karena itulah asupan vitamin C harus diperhatikan supaya sariawan dan masalah gusi berdarah tidak datang lagi.

3. Kulit kering dan kasar

Beberapa lansia yang mengalami masalah kekurangan vitamin C, sering ditandai dengan kondiis kulit yang kering dan kasar serta terkadang berwarna kemerahan. Jika muncul gejala ini sebaiknya segera periksakan ke dokter supaya tidak memicu penyakit kanker kulit yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Bahan Makanan Sumber Vitamin C

Sumber vitamin C mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada buah dan sayuran. Meski ada juga yang tersedia dalam bentuk suplemen, namun bagi lansia sebaiknya hindari konsumsi obat tersebut sebab jika dosisnya tidak pas bisa memberikan efek berbahaya bagi ginjal. Beberapa jenis bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin C diantaranya adalah:

  1. Buah-buahan seperti jambu biji, leci, pepaya, nanas, markissa, jeruk, mangga, belimbing, lemon, alpukat, tomat, pir, dan lain-lain.
  2. Sayur-sayuran seperti kubis, paprika hijau, brokoli, kembang kol, labu, lobak, kentang, rumput laut, dan lain-lain.

Pemenuhan kebutuhan akan Vitamin C pada lansia bisa dilakukan dengan konsumsi buah dan sayuran setidaknya 5 porsi setiap hari. Jika mengalami masalah dalam memenuhi asupan vitamin C, bisa menggantinya dengan suplemen yang mengandung 500 mg Vitamin C selama mendapatkan ijin dari dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here