Penyebab dan Bahaya Kanker Prostat Yang Wajib Anda Ketahui

0
458
kanker prostat

Menurut data WHO, kanker prostat merupakan penyakit yang paling umum diidap oleh kaum pria dan menempati urutan kedua. Seiring dengan bertambahnya usia, risiko terkena penyakit tersebut semakin besar. Karena itu, setelah mengetahui gejala yang ditimbulkan sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Penyakit ini disebabkan karena pertumbuhan sel-sel yang tak terkendali pada kelenjar prostat. Fungsi dari organ tersebut adalah melindungi sperma dan membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan. Sifat kanker tersebut ada yang agresif namun juga ada yang tumbuh dengan lambat. Beberapa kasus, masalah kesehatan ini mulai terdeteksi pada stadium lanjut saat penderitanya mengalami gejala yang cukup parah.

Bahaya dan Gejala Kanker Prostat

kanker

Pemeriksaan secara berkala wajib dilakukan untuk mendeteksi keberadaan sel kanker dalam tubuh. Apabila didalam tubuh Anda terdapat sel kanker tersebut, sebaiknya lakukan pengobatan yang tepat. Para dokter biasanya akan melakukan pemantauan terhadap kondisi pasiennya sampai sel kanker tersebut hilang.

Lantas bagaimana jika kanker prostat tidak segera ditangani?. Bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit ini cukup besar bila sel kanker menjalar ke organ lainnya yang berdekatan dengan kelenjar prostat. Bila kondisi prostat membesar, akan membuat jaringan sekitarnya tertekan. Adapun gejala yang akan Anda rasakan jika menderita penyakit ini adalah:

  1. Merasa kandung kemih selalu penuh
  2. Frekuensi buang air kecil meningkat terutama pada malam hari
  3. Ada darah dalam urine
  4. Rasa nyeri saat buang air kecil
  5. Tekanan air kencing berkurang

Meski kanker yang Anda derita tidak mengalami perkembangan yang cepat, namun harus tetap waspada mengingat penyakit ini menyerang organ vital. Jika kondisinya sangat parah, maka jalan yang harus ditempuh adalah dengan operasi pengangkatan kelenjar prostat.

Apa Saja Penyebab Kanker Prostat?

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kanker prostat lebih sering diidap oleh pria yang berusia 65 tahun keatas. Belum diketahui secara pasti apa saja penyebab yang bisa membuat sel kanker mengalami pertumbuhan yang tak terkendali. Namun secara umum, ada beberapa faktor yang memicu risiko masalah kesehatan tersebut, diantaranya adalah:

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium cukup tinggi, daging merah, dan jenis makanan yang berlemak.
  2. Menderita penyakit obesitas atau kelebihan berat badan
  3. Terkena paparan bahan kimia seperti asap rokok, kendaraan, dan zat kimia lainnya
  4. Kebiasaan merokok
  5. Menderita penyakit menular seksual
  6. Menjalani prosedur vasektomi
  7. Memiliki riwayat keluarga yang juga menderita kanker prostat

Jika Anda ingin terhindar dari kanker prostat, solusi terbaik adalah menghindari penyebabnya seperti konsumsi makanan yang tidak sehat. Apabila ada anggota keluarga yang mengalami penyakit kanker jenis apapun, sebaiknya periksakan diri dengan segera untuk mengetahui perkembangan sel kanker dalam tubuh supaya bisa dipantau. Karena jika penanganannya terlambat, bisa berakibat buruk pada fungsi organ tubuh lainnya.

Cara Mencegah Risiko Kanker Prostat

Kanker prostat menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi kaum pria. Kebiasaan dan pola hidup yang salah menjadi penyebabnya, selain karena faktor keturunan. Untuk mencegah penyakit ini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan, beberapa diantaranya adalah:

Konsumsi ikan

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan dipercaya mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Senyawa tersebut paling banyak terdapat pada jenis ikal laut seperti tuna, salmon, sarden, dan lain-lain. Jadi selain bagus untuk kesehatan, konsumsi ikan juga dapat menghindarkan Anda dari bahaya kanker prostat.

Meminum teh hijau

Kebiasaan hidup sehat yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil risiko terkena masalah kesehatan tersebut adalah dengan meminum teh hijau. Isoflavon yang terkandung dalam teh hijau sangat berkhasiat untuk mencegah kanker prostat. Zat tersebut juga dapat Anda temukan pada tahu, susu kedelai, dan jenis kacang-kacangan.

Konsumsi tomat dan buah merah lainnya

Tomat mengandung antioksidan yang dinamakan Lycopene. Zat aktif tersebut sangat bagus untuk mengurangi risiko terkena kanker prostat. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi jenis buah lainnya yang berwarna merah. Semakin merah warnanya, kandungan Lycopene juga semakin tinggi.

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur banyak mengandung zat aktif yang bisa menghancurkan senyawa karsinogen pemicu kanker. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, maka penyebaran sel kanker juga bisa dicegah sehingga risiko kanker prostat bisa dihindari.

Minum Kopi

kopi untuk lansia

Anda juga bisa mencegah penyakit kanker prostat dengan meminum kopi setiap hari sebanyak 400 mg atau setara dengan 1 1/2 cangkir. Dosisnya jangan berlebihan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan organ tubuh lainnya.

Meskipun kanker prostat sudah umum terjadi pada pria, namun jika tidak ditangani dengan segera bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Pada tahapan yang kronis, penderita terpaksa harus menjalani operasi untuk mengangkat kelenjar prostat. Karena itu biasakan konsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga supaya terhindar dari bahaya penyakit tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here