Pentingnya Serat Tinggi Untuk Hindari Stroke

0
251
alpukat

Tahukah Anda, betapa pentinya serat tinggi untuk tubuh? Banyak yang sudah mengetahui, bahwa serat sangat baik untuk pencernaan. Apabila Anda mengalami masalah pencernaan, seperi diare maupun sembelit, konsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi sangat dianjurkan. Selain dapat memadatkan feses, serat juga mampu mengikat kandungan air di dalam usus, sehingga memudahkan feses untuk keluar. Selain itu, serat merupakan kandungan yang tak mampu dicerna oleh usus. Maka hanya sekedar lewat saja.

Tak hanya untuk seseorang yang ingin memiliki berat badan ideal saja, lebih dari itu, serat sangat baik untuk kesehatan. terutama untuk Anda yang sudah berusia lanjut. Seiring bertambahnya usia, Anda harus tetap sehat dan berusaha menjaga kesehatan. untuk itu, mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan nutrisi dan serat yang tinggi, bukan lagi pilihan, namun keharusan. Mau tampil mudda dan bugar di usia senja, kan?

Mengapa Harus Makanan Berserat?

Sehat itu berawal dari mulut hingga di perut. Jadi istilah ‘you are what you eat’ masih berlaku untuk Anda yang ingin tetap sehat sepanjang usia. Artinya, jika Anda ingin terus sehat meskipun di usia senja, Anda harus mulai untuk terbiasa mengkonsumsi makanan yang sehat. Termasuk yang berserat.

Serat terdapat pada sumber makanan nabati, bisa dari sayuran dan buah-buahan. Secara umum, serat terbagi menjadi serat yang larut dalam air dan serat yang tak larut dalam air. Sangat penting untuk mengetahui persis perbedaan diantara keduanya. Agar Anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan tubuh Anda.

Serat yang larut dalam air biasa juga disebut dengan soluber fiber. Kandungannya ada pada buah-buahan beras merah dan kacang-kacangan. Seperti namanya, serat ini larut saat bersatu dengan cairan. Seperti sponge yang menyerap cairan dalam usus, ia akan membentuk gel yang dapat melancarkan pencernaan. Sangat baik untuk Anda yang terkena diare. Selain itu, serat larut juga mampu menyerap kolesterol jahat dan akan dikeluarkan bersama sisa-sisa makanan melalui feses.

Sedangkan serat yang tak larut dalam air disebut dengan insoluble fiber. Makanan yang mengandung serat tak larut ialah gandum, oat, kacang-kacangan dan sayuran. Fungsinya untuk membantu mendorong pergerakan makanan di dalam usus dan mempermudah proses pembuangan. Seperti saat Anda sedang mengalami suah buang air besar atau sembelit. Selain itu, serat yang tak larut dalam air ini dapat membuat Anda lebih cepat kenyang dan kenyang lebih lama. Cocok untuk Anda sedang dalam proses menurunkan berat badan.

Jadi, manfaat serat tinggi untuk kesehatan ialah mampu mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan kronis. Seperti:

Diabetes Tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 banyak di idap oleh orang dengan obesitas. Seperti yang diketahui, obesitas dapat disebabkan oleh konsumsi kalori yang melebihi kebutuhan tubuh. Sehingga, kalori dan gula yang di bakar akan menumpuk menjadi lemak dan menimbulkan efek berat badan yang meningkat. Namun, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi, Anda dapat merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu,keinginan untuk ngemil jadi berkurang atau dapat dihentikan. Sementara itu, serat mampu memperlancar proses pembuangan dan menyerap kelebihan lemak dalam tubuh.

Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah dapat memicu berbagai macam penyakit yang serius, salah satunya darah tinggi. sedangkan serat larut mampu menyerap kolesterol dalam usus, sebelum di serap oleh tubuh dan di bawa oleh darah. Sehingga, serat mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mampu menjaga tekanan darah lebih stabil.

Jantung

Kerja jantung tak dapat dipisahkan dari sistem peredaran darah. Sedangkan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dapat turut menghampat penyerapan racun, lemak, dan gula oleh tubuh. Efeknya, darah menjadi lebih bersih dan mampu mengalir dengan lancar ke beberapa organ utama seperti otak dan jantung. Membawa nutrisi dan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Stroke

Stroke bukanlah penyakit yang berdiri sendiri. Melainkan disebabkan oleh adanya masalah dalam organ vital lain dalam tubuh. Beberapa diantaranya yang dapat menyebabkan stroke adalah tekanan darah yang tinggi, kadar gula dan kolesterol dalam darah yang melebihi batas normal dan serangan jantung. Untuk itu, mengkonsumsi makanan berserat setiap hari mampu mencegah semua penyakit yang dapat dikatakan sebagai silent killer tersebut.

Bukan Nasi, Inilah Makanan Tinggi Serat Yang Baik Untuk Kesehatan

manfaat alpukat

Seperti yang sudah banyak diketahui, kandungan pada nasi putih itu lebih banyak gula-nya dari pada seratnya. Dalam 100 gram nasi putih hanya terdapat 28 gram karbohidrat. Sisanya adalah gula. Jadi, sebetulnya konsumsi nasi putih terlalu banyak sangat tak dianjurkan, terutama bagi Anda yang sudah berusia lanjut. Karena dapat memicu meningkatnya kadar gula dalam darah.

Untuk itu, Anda lebih baik mengkonsumsi alpukat, kacang polong dan popcorn sebagai pengganti nasi. Selain Anda bisa kenyang lebih lama, tentu menu ini lebih sehat untuk Anda. nutrisi yang terdapat pada ketiganya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. ada serat, lemak baik dan protein. Sebagai pelengkap, sertakan buah dan sayur untuk menyeimbangkan gizinya. Selain itu, makanan tak hanya perlu sehat, tapi juga harus bervariasi.

Pentingnya serat tinggi untuk tubuh ialah dapat terhindar dari stroke. Apabila Anda pernah mendapatkan serangan stroke untuk pertama kalinya, mengkonsumsi serat memperbaiki kondisi kesehatan Anda. namun, bagi Ana yang belum pernah mendapatkan serangan stroke, maka konsumsi serat sebanyak 7 gram setiap hari dapat mengurangi resiko stroke sebanyak 7%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here