Pentingnya Konsumsi Serat Tinggi bagi Kesehatan Tubuh

Hitung kebutuhan serat tubuhmu setiap hari

0
570
brokoli

Serat menjadi salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperlancar pencernaan. Makanan yang Anda makan akan diserap oleh usus, dan untuk menggerakkanya diperlukan serat yang tinggi agar metabolisme bisa berjalan normal. Asupan serat yang cukup setiap harinya sangat dibutuhkan agar kerja usus menjadi ringan dan terhindar dari berbagai penyakit seperti sembelit, kolesterol tinggi, dan lain sebagainya.

Saat ini banyak makanan tidak sehat yang dijual di pasaran seperti fastfood, makanan yang manis-manis, dan lain sebagainya. Jika kebiasaan mengkonsumsi produk tersebut terus dilakukan, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan termasuk bertambahnya berat badan yang kini sering dialami oleh masyarakat Indonesia.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya konsumsi sayuran, buah, dan makanan lainnya yang kaya akan serat. Lantas apa pentingnya serat bagi tubuh?, untuk mengetahuinya perhatikan ulasan ringkasnya dibawah ini :

Manfaat Serat Tinggi untuk Kesehatan Tubuh

Serat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit. Zat ini juga banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan serta olahan produk seperti agar, yoghurt, dan lain sebagainya. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, banyak keuntungan yang dapat diperoleh, diantaranya adalah:

Mencegah ambeien atau wasir

Peradangan yang terjadi pada pembuluh darah disekitar dubur atau yang sering disebut dengan wasir, disebabkan karena kurangnya konsumsi serat. Akibatnya Anda akan merasa sakit saat buang air besar karena harus mengejan. Supaya terhindar dari penyakit ini caranya mudah, dengan konsumsi makanan yang kaya akan serat setiap hari.

Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Jika Anda rajin konsumsi makanan yang mengandung serat, akan membantu menjaga berat badan yang ideal. Selain itu juga bisa menghindari obesitas yang dapat memicu terjadinya serangan jantung dan stroke yang sangat mematikan.

Menjaga kesehatan kulit

Racun, bakteri, dan kuman yang terdapat dalam saluran pencernaan, bisa dikeluarkan dari tubuh jika Anda mengkonsumsi banyak serat. Kuman dan bakteri tersebut memberikan efek buruk bagi kulit seperti munculnya jerawat, membuat wajah kusam, dan lain-lain. Karena itu dengan memperbanyak asupan serat, masalah tersebut tidak akan Anda alami sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol yang berlebih pada tubuh bisa memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya. Untuk menstabilkan kadar kolesterol tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayuran.

Berapa Jumlah Kebutuhan Serat Perharinya?

Jumlah serat yang diserap oleh tubuh harus sesuai dengan kebutuhan perharinya. Jika kadarnya kurang, bisa membuat metabolisme tidak lancar. Sebaliknya jika berlebih juga tidak baik bagi kesehatan karena membuat perut kembung bahkan menaikkan berat badan. Jumlah pasti kebutuhan serat perharinya dipengaruhi oleh jenis kelamin dan umur.

Kebutuhan serat wanita

Untuk wanita berusia kurang dari 50 tahun, asupan serat yang dibutuhkan adalah 25 gram/hari. Sementara untuk yang berusia lebih dari 50 tahun, serat yang diperlukan 21 gram/hari.

Kebutuhan serat pria

Pria dengan usia kurang dari 50 tahun, asupan serat yang harus dipenuhi 38 gram/hari. Sedangkan yang berusia lebih dari 50 tahun membutuhkan serat sebanyak 30 gram/hari.
Jadi kebutuhan serat masing-masing orang berbeda bergantung pada usia dan juga jenis kelamin. Sebisa mungkin konsumsi makanan berserat tinggi setiap harinya agar kondisi kesehatan tetap terjaga.

Jenis-jenis Makanan yang Kaya Akan Serat

Semua jenis buah-buahan dan sayuran pasti mengandung serat hanya saja kadarnya berbeda-beda. Agar kebutuhan serat terpenuhi, Anda harus memilih makanan yang kandungan seratnya cukup tinggi, beberapa diantaranya adalah:

Brokoli

brokoli

Sayuran hijau ini selain mengandung vitamin C dan vitamin K, juga kaya akan serat. Olahannya juga beragam, bisa dijadikan sup, salad, dan jus. Dalam setiap 100 gram brokoli terkandung serat sebanyak 3,4 gram.

Apel

apel

Khasiat dari buah ini sudah tidak diragukan lagi dan salah satunya adalah bisa memperlancar pencernaan. Jika Anda mengkonsumsi apel berukuran sedang, maka serat yang didapatkan sebanyak 5 gram.

Wortel

wortel

Konsumsi wortel setiap hari bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Selain dimakan mentah, wortel juga diolah menjadi sup, jus, salad, dan lain-lain. Dalam 100 gram sayuran ini terkandung 3,2 gram serat.

Buah pir

pear

Selain bisa mencegah dehidrasi, Pir juga mengandung serat yang cukup banyak. Dalam setiap 100 gramnya, terdapat 5,6 gram serat yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Konsumsi buah ini setiap hari membuat asupan serat tercukupi.

Begitu pentingnya fungsi serat bagi tubuh, sehingga Anda harus pintar memilih makanan apa saja yang seratnya cukup tinggi. Jika tubuh kekurangan serat, bisa menimbulkan beberapa serangan penyakit seperti diabetes, obesitas, jantung, dan stroke. Karena itu tetap jaga kondisi badan dengan memilih menu makanan yang kaya akan serat supaya kebutuhan setiap harinya tercukupi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here