Pentingnya Keamanan pada Olahraga Mata

0
209
olahraga mata

Anda perlu memahami pentingnya keamanan olahraga mata. Terutama bagi Anda yang memiliki aktifitas penuh didepan layar komputer. Mata lelah, tentu sudah menjadi masalah harian yang selalu Anda hadapi. Parahnya, kondisi ini dapat merembet ke keluhan kesehatan lain. seperti pusing, mual, hingga otot bagian tubuh bagian atas mengalami ketegangan. Untuk itulah, olah raga mata sesekali perlu dilakukan, agar penglihatan Anda kembali segar setelah terpapar sinar pada layar gawai.

Selain itu, olah raga mata mampu mengatasi berbagai macam masalah ringan pada mata. Memang, dengan melakukan gerakan khusus semacam olahraga ini, tak dapat semata menghilangkan kegunaan kacamata Anda. namun, setidaknya dapat mengurangi beragam masalah penglihatan yang biasa menghantui kehidupan sehari-hari Anda.

Terbiasa dengan Mata Lelah?

Mata lelah menjadi masalah yang sangat umum terjadi pada masyarakat. Tak hanya pada seorang yang memiliki usia lanjut, mata lelah juga dapat menyrang para pelajar hingga orang-orang yang terbiasa bekerja di balik layar komputer maupun yang berkutat dengan dokumen-dokumen. Gejala mata lelah biasanya diawali dengan rasa perih pada mata. Kemudian, mata menjadi memerah dan dosertai dengan rasa pegal di sekitar kening, pelipis hingga bola mata. Hal ini dapat terjadi apabila Anda terlalu lama berkutat pada satu fokus penglihatan. Dan, apabila mata Anda terpapar sinar dari gawai. Juga, bisa terjadi saat kondisi tubuh Anda memang sedang tidak prima.

Keluhan penglihatan biasanya muncul setelah seseorang melakukan aktifitas seharian. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kondisi semacam ini. Tanpa mengatasi gejala mata lelah yang dihadapi. Padahal, mata seperti bagian tubuh yang lainnya, memerlukan waktu beristirahat dan perlu diberikal relaksasi.

Beberapa orang yang memiliki resiko lebih besar dalam mengalami masalah penglihatan adalah karyawan yang sehari-harinya harus berkutat dengan layar komputer berjam-jam setiap hari. Kemudian, juga bagi seseorang yang suka membaca buku atau novel tanpa mengenal waktu untuk sekedar mengistirahatkan matanya. Anda yang tinggal di daerang yang kering dan berdebu pun memiliki peluang untuk mengalami masalah pada mata lho. dan, kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin A dan betakaroten yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata.

Jangan sepelekan mata lelah, karena mata lelah dapat menjadi awal dari masalah penglihatan Anda. untuk itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan mata secara berkala untuk mengetahui kondisi mata Anda. terutama bagi Anda yang memiliki resiko terkena masalah penglihatan, seperti yang telah disebutkan diatas, Anda perlu lebih waspada. Selain itu, bagi Anda yang memiliki usia diatas 45 tahun, juga sudah waktunya untuk memeriksakan mata Anda. apakan Anda sudah memerlukan bantuan kaca mata?

Cara Olahraga Mata

Cara termudah untuk mengatasi masalah mata lelah adalah olahraga mata. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Sangat sederhana, namun Anda juga harus tetap memperhatikan keamanannya. Lakukan dengan benar!

kesehatan mata

  1. Memutar-mutar pandangan. Caranya sangat mudah. Berbaringlah dengan nyaman. Lalu, cari satu titik fokus untuk Anda jadikan pusat pandangan Anda. setelah itu, pastikan mata Anda dalam kondisi relaks, dan putar pandangan Anda mengelilingi fokus. Lakukan secara lembut saja, dan putar searah jarum jam. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali. Kemudian,Anda dapat melakukan gerakan serupa dengan arah yang berlawanan. Setelah selesai, pejamkan mata selama satu menit. Dan buka secara perlahan.
  2. Mengganti fokus mata. Untuk gerakan kali ini, Anda membutuhkan bantuan anggota tubuh Anda yang lain. yakni, lengan dan ibu jari. Caranya, dengan merentangkan kedua lengan Anda ke arah depan. Lalu, kepalkan tangan dan keluarkan ibu jari Anda. letakkan fokus mata Anda pada ibu jari. Kemudian, secara perlahan, tarik ibu jari mendekati hidung. Ingat, Anda tetap harus fokus pada ibu jari. Dimana semakin mendekati hidung maka Anda akan semakin sulit untuk melihatnya. Kemudian, rentangkan kembali ke arah depan. Dan ulangi gerakan semacam ini sebanyak sepuluh kali.
  3. Olahraga mata dengan melirik. Ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu melirik ke salah satu sisi. Meliriklah sejauh yang Anda mampu lakukan. Tahan beberapa detik. Kemudian, pindah haluan. Dan saatnya Anda melirik ke sisi yang berlawanan, sejauh yang dapat Anda lakukan. Sama, tahan beberapa detik. Dan kembalilah ke fokus tengah. lalu pandang ke bawah.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan pentingnya keamanan olahraga mata. Semua gerakan dilakukan secara lembut dan perlahan. Kemudian, jangan lakukan dibawah paparan sinar yang terlalu terang (silau). Dan yang terpenting, gerakan olah raga harus dilakukan saat tubuh ada pada kondisi relaks. Satu gerakan demi gerakan yang lain diselingi dengan tarik dan buang nafas. Sama seperti olahraga yang lain, olah raga mata juga memerlukan pengaturan nafas untuk menjaga alur oksigen yang masuk dan keluar.

Agar sirkulasi darah tetap terjaga.

Jangan Abaikan Masalah Mata

Jika Anda merupakan salah satu orang yang tak menganggap penting masalah keluhan pada mata, sebaiknya mulai sekarang Anda mulai berbenah. Mata, seperti bagian tubuh yang lain, juga memerlukan perawatan dan nutrisi. Dengan melakukan pemijatan ringan pada wajah, Anda sudah membantuk membuat mata dan area sekitarnya relaks. Selain itu, dengan membatasi paparan sinar yang biasa terjadi pada gawai dan televisi, sudah cukup membantu mengurangi kelelahan pada mata.

Pentingnya kemananan olahraga mata juga ada pada kebiasaan berkedip. Saat melakukan olahraga mata, Anda jangan lupa berkedip saat mata ingin berkedip. Karena, berkedip adalah satu tindakan reflek mata saat mata kering. Untuk mengembalikan kelembaban mata, salah satu caranya adalah dengan berkedip.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here