Pentingnya Buah dan Sayur bagi Lansia

Manfaat Buah Pisang menurunkan Tekanan Darah Tinggi untuk Lansia

0
485
sayuran untuk manula

Semua orang tentu sudah tahu akan pentingnya sayur dan buah-buahan. Bagi lansia, makanan ini juga sangat disarankan karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sangat baik untuk mengonsumsinya setiap hari.

Dari buah dan sayuran ini kita bisa mendapatkan asupan vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan tubuh kita. Beberapa kandungan yang terdapat pada sayur dan buah seperti vitamin A, vitamin C, bitamin E, seng, magnesium, fosfor kalium, dan asam folat.
Misalnya saja buah pisang. Buah ini mengandung kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tingi, mencegah batu ginjal serta memperkecil risiko kehilangan massa tulang.

Di samping itu, berbagai penyakit seperti stroke, sakit jantung dan diabetes dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah. Sebab kedua makanan ini mengandung serat yang dpat berperan untuk mengontrol kadar gula darah, membuat sistem pencernaan lebih lancar dan menurunkan kolesterol jahat.

Manfaat Makan Buah dan Sayuran bagi Lansia

Mari kita kuak lebih jauh apa saja manfaat sayur dan buah-buahn bagi orang tua dan lansia.

Cegah Jantung koroner

Cukup banyak orang tua yang mengalami sakit jantung koroner. Nah, penyebab sakit jantung koroner adalah karena lemak. Jika kita kita rajin makan sayur dan buah, kandungan di dalamnya dapat menekan kadar sistein yang sering menjadi penyebab terjadinya jantung koroner.
Kandungan buah dan sayuran yang memiliki vitamin, magnesium, asam folat, zinc, dapat membantu untuk mengurangi terjadinya risiko sakit jantung koroner

Mencegah Sendi Kaku

Tidak jarang orang tua yang kerap mengeluh karena bagian persendiannya mudah kaku. Dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran dapat membantu untuk mencegah terjadinya sendi kaku.

Mengatasi Kelebihan Berat Badan

Bagi orang tua yang mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan, sebaiknya mulai mengurangi porsi makan yang mengandung karbohidrat. Sebagai gantinya, kita bisa memperbanyak makan sayuran dan buah. Kandungan serat yang dimilikinya dapat membuat kita lebih awet kenyang dibandingkan dengan makan nasi.

Selain itu, kandungan kalori sayuran dan buah itu banyak yang rendah sehingga pelan-pelan dapat membantu penurunan berat badan kita.

  1. Lebih Lancar Buang Air Besar (BAB)
    Bagi orangtua maupun lansia yang sering mengalami kesulitan untuk BAB, ini ada kaitannya dengan sistem pencernaan. Nah, solusinya perbanyak konsumsi sayur dan buah-buhan. Kedua makanan ini mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk bisa melancarkan BAB.
  2. Cegah Kanker
    Buah dan sayuran itu banyak mengandung senyawa antosianin dan lycophene yang berguna untuk mencegah kanker. Karena itu, sebelum terlambat, sebaiknya rutinkan untuk selalu mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari.
  3. Menangkal Radikal bebas
    Buah dan sayuran itu banyak mengandung antioksidan. Manfaatnya amat terasa untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Buah yang memiliki banyak antioksidan seperti tomat, apel dan sirsak.

Nutrisi Penting bagi Lansia

Bagi orang tua dan lansia, ada beberapa kandungan / nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Berikut ini beberapa di antaranya:

Kalium

Kaliun sangat dibutuhkan orangtua karena dapat menurunkan risiko stroke mauun serangan jantung. Nutrisi ini bisa kita dapatkan seperti dari pisang, kentang dan brokoli.

pisang

Kalsium

Orangtua dan lansia memerlukan kadar kalsium yang lebih banyak. Kalau pada orang dewasa paling hanya membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium per harinya, maka untuk orang yang berusia di atas 50 tahun, paling tidak membutuhkan 1.200 mg.
Pada buah dan sayuran, kalsium ini banyak terdapat misalnya pada jeruk, bayam, lobak, kol, brokoli. kangkung, kacang-kacangan, pisang, dan alpukat.

Lutein

Orang tua dan lansia juga membutuhkan lutein. Nutrisi ini berguna untuk menjaga agar kondisi penglihatan tetap baik. Nutrisi ini bisa kita dapatkan dari makanan seperti jeruk, anggur, bayam dan brokoli.

Serat

Terpenuhinya serat pada tubuh sangat penting untuk menurunkan gula darah dan kolesterol. Serat ini banyak terdapat pada buah pear, pisang, jeruk, alpukat. dan apel. Dengan terpenuhinya kebutuhan serat, maka tubuh kita akan tetap berenergi sekaligus bisa mencegah risiko kanker, obesitas, dan diabetes.

Vitamin B

Vitamin ini berperan dalam mendukung kesehatan tubuh kita, karena ikut berperan misalnya daam pembentukan sel darah merah.

Vitamin B ini jenisnya ada vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan B12. Nah, sejumlah vitamin tersebut bisa kita dapatkan dalam bayam. Bayam mengandung vitamin B1, B2, B3, B5 B6 dan B9. Manfaatnya sangat terasa dalam melindungi lambung serta mengatasi masalah sulit BAB. Selain itu, bayam juga sangat baik untuk kesehatan kulit kita
Kita juga dapat sering mengonsumsi sawi hijau, brokoli, buncis, kembang kol, seledri, mentimun, terong, jagung, dan wortel.

Untuk buah-buahan yang mengandung banyak vitamin B seperti apel, pisang, alpukat dan melon.

Rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan tersebut sangat baik bagi orang tua dan lansia untuk selalu menjaga kondisi kesehatan agar selalu prima. Mari mulai kebiasaan hidup sehat dengan rajin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here