Obat Alami Sakit Pinggang bagi Lansia

0
510
sakit pinggang

Ketika sakit pinggang melanda, aktivitas sehari-hari pun terganggu. Sudah sering mengunjungi tukang urut, tetapi tidak sembuh-sembuh juga. Lalu bagaimana baiknya? Padahal masih banyak hal yang perlu dikerjakan, meskipun usia sudah lanjut. Tenang dulu. Kalau urut tidak bikin sembuh juga, bikin ramuan obat alami dari bahan-bahan ini saja.

Bikin Ramuan dari Cabai

Sebetulnya, cabai yang bagus itu berasal dari jenis capsium dan cabai rawit. Namun, bila di sekeliling Anda tidak ada, bisa pakai cabai seadanya. Sensasinya yang pedas tidak hanya enak di lidah, tetapi juga mampu meredakan serta menyembuhkan sakit pinggang secara efektif. Mula-mula, ambil beberapa cabai, katakanlah 5 buah.
Kemudian siapkan blender dan sedikit saja air. blender cabai itu bersamaan dengan air. Tunggu sampai mengental. Cara memakainya bukan dengan cara dibikin sambal ataupun dimakan langsung. Lebih efektif bila dijadikan sebagai koyo maupun krim. Rasanya panas, memang, tetapi dalam kalau dilakukan secara rutin, bisa bikin sembuh.

Ramuan dari Peterseli

Daun peterseli mudah ditemukan di toko tanaman herbal. Para pakar kesehatan sepakat, bahwa daun ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sakit pinggang dan berbagai gangguan pada ginjal. Kadang-kadang nyeri di pinggang disebabkan oleh penumpukan racun di area situ.

Cara membuat ramuannya dengan menyiapkan daun-daunnya sekitar satu genggam tangan. Kemudian rebus ke dalam air mendidih. Sediakan gelas sebanyak 1-2. Kemudian minum air rebusan daun peterseli minimal satu kali dalam sehari.

Bikin Ramuan dari Jahe Merah dan Temu Hitam

Bila dibandingkan dengan jahe biasa, tentu jahe merah lebih pedas. Efek pedas ini yang bagus untuk meredakan sekaligus menyembuhkan sakit pinggang. Sedangkan untuk temu hitam digunakan sebagai pelengkap obat alami. Cara meramunya sama seperti sebelumnya. Rebus ke dalam air panas. Setelah dingin, minum air rebusan itu minimal 1x sehari.

Pakai Ramuan dengan Rambut Jagung

Selama ini, rambut jagung lebih sering dibuang bersama pangkalnya. Padahal, khasiatnya sangat bagus untuk meredakan sakit pinggang. Biar lebih efektif, tambahkan bahan alami lain seperti jahe merah, dan adas. Rebus ke dalam air setidaknya 1 liter saja. Usai mendidih dan dingin, sisakan setengah airnya dan minum saat masih hangat.

Obati Menggunakan Ramuan Bawang Merah

Bumbu dapur memang ajaib, ya? Dalam ilmu pengobatan herbal, bawang merah juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Soalnya sebagai sumber dari antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengatasi radikal bebas. Namun ada satu risiko yang mungkin akan terjadi, yaitu kalau dari awal tidak suka baunya, nanti bisa mual saat mau makan.

Cara membuat ramuannya adalah dengan menyiapkan air secukupnya saja. Bawang merahnya harap dikupas sampai kelihatan dagingnya. Rebus ke dalam air mendidih. Setelah itu, sisakan setengah airnya saja untuk diminum saat masih hangat. Mungkin di awal-awal rasanya tidak enak. Oleh karena itu, fokuskan saja pada khasiatnya, bukan rasanya.

Menggunakan Ramuan dari Herba Sangitan

Kalau di hutan, tanaman ini cukup banyak. Terutama yang berada di area sekitar hutan bambu maupun pinggiran sawah. Ciri khasnya memiliki daun dengan lebar kurang lebih 2-3 cm serta berbentuk agak runcing. Sedangkan bunganya berwarna putih dan pada pucuknya berwarna krim. Jadi yang digunakan itu daun atau bunganya? Bisa dua-duanya.
Siapkan dulu airnya kurang lebih 3 gelas saja. Sedangkan herba sangitannya 15-30 gram. Pastikan untuk menimbangnya terlebih dahulu. Setelah dicuci dengan bersih, rebus ke dalam air mendidih. Tunggu sampai airnya menyusut dan kira-kira hanya menyisakan air sebanyak 1 gelas saja. Setelah dingin, saring airnya, dan minum secara rutin tiap hari.

Bikin Ramuan dari Daun Kecubung

Apabila selama ini daun kecubung kerapkali dianggap memabukkan, ternyata punya khasiat yang hebat. Tidak hanya dikenal dalam memberantas hama pertanian, tetapi juga untuk meredakan sakit pinggang, asma, serta sakit gigi. Namun penggunaan yang berlebihan juga berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

Oleh karena itu, siapkan saja beberapa helai daun kecubung. Setidaknya 3 helai. Siapkan pula air sebanyak 3 gelas. Sama seperti sebelumnya, yakni dengan merebus ke dalam air mendidih lebih dulu. Setelah susut menjadi 1 gelas, baru diminum. Berhubung kecubung masuk golongan tanaman pembius, konsumsi setiap pagi saat badan masih segar.

Bikin Ramuan dari Daun Landep

Dalam habitatnya, daun landep kerapkali ditemukan pada tempat yang memiliki iklim kering. Tingginya bisa mencapai 1,5 meter sampai 2 meter. Tidak heran apabila tanaman ini sanggup bertahan di musim kemarau, sebab banyak kandungan obat di dalamnya. Untuk bikin ramuannya, sediakan daun landep beberapa saja dan cuci hingga bersih.
Setelah itu, tumbuk secara manual maupun memakai blender setelah diberi air secukupnya.

Tambahkan pula air kapur sirih. Aduk sampai merata dan membentuk pasta. Setelah selesai, oleskan pasta daun landep ke area pinggang yang sakit. Pijat-pijat secara perlahan bagian tersebut. Lakukan pengobatan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

Obat ramuan alami di atas memang tidak harus dipakai semua sekaligus. Anda pilih salah satu atau keduanya saja. Apabila dirasa kurang mujarab, bisa pindah ke ramuan lain. Ramuan tersebut 100% aman dari efek samping karena sudah diuji oleh beberapa praktisi pengobatan herbal. Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih agar pengobatan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here