November! Bulan Kesadaran Kanker Prostat

0
21

Pernah dengar tentang bulan kesadaran kanker prostat? Dunia memperingatinya setiap bulan november setiap tahunnya. Salah satu cara masyarakat dunia untuk turut memperingati bulan kesadaran kanker prostat adalah dengan Movember.

Movember, merupakan akronim dari ‘Moustaches’ dan November. Yang berarti setiap bulan november, para relawan Movember yang sebagian besar terdiri dari laki-laki memanjangkan kumisnya. Dan pada akhir november, kumis tersebut akan di potong dan dilelang. Untuk apa? Sebagai bentuk kepedulian sesama kaum lelaki terhadap para penderita kanker prostat.

Tentang Kanker Prostat Yang Perlu Anda ketahui

Kanker adalah pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam tubuh yang tak terkendali. Secara normal, setiap harinya sel-sel yang terdapat didalam tubuh memang menua, sebagian rusak bahkan mati. Namun, tubuh secara alamiah memiliki kemampuan untuk melakukan regenerasi. Bahkan, sebelum sel-sel tersebut mati, tubuh telah mempersiapkan jutaan sel-sel baru yang siap dilahirkan. Namun, di beberapa orang, ada sel-sel yang tumbuh secara tak normal. Dimana sel abnormal tersebut malah menyerang sel-sel yang sehat. bahkan pertumbuhannya secara pesat tanpa dapat dikendalikan. Mutasi sel-sel abnormal tersebutlah yang memicu timbulnya tumor dan kanker.

Begitu pun dengan kanker prostat. Dimana terjadi pertumbuhan sel-sel abnormal pada prostat. Prostat merupakan bagian dari alat reproduksi pria yang terletak di bagian panggul. Tepatnya berada dibawah kandung kemih, dan mengelilingi uretra. Prostat memproduksi cairan yang bertugas untuk melindungi dan memenutrisi sperma. Saat ejakulasi, prostat mengalirkan cairan tersebut bersamaan dengan sperma. Kanker prostat, meskipun tergolong mematikan, namun penyebarannya masih dapat dikendalikan.

Apabila dideteksi sejak awal. Selain itu, sangat jarang sekali kanker prostat menyebar, apabila diobati sedini mungkin. Karena, kanker prostat tergolong lambat dalam hal perkembangannya. Sayangnya, banyak pria yang menyadari keluhan kanker prostat setelah sudah berkembang menyerang organ lain. umumnya disertai dengan rasa nyeri berkepanjangan pada pinggul dan tulang belakang.

Menurut WHO (World Health Organization), kanker prostat merupakan salah satu kanker yang paling banyak di idap oleh pria. Setidaknya, ada 1 juta lebih pria mengidap kanker prostat setiap tahunnya. Dan di Indonesia sendiri kanker prostat menduduki rangking 5 sebagai penyakit kanker terbesar yang di alami oleh pria. Umumnya, pria berusia lanjut yang mengalami kanker prostat. Namun, tak menutup kemungkinan, kanker prostat juga dapat menyerang pria yang lebih muda.

Gejala kanker prostat hampir menyerupai infeksi saluran kencing. Seperti hasrat ingin buang air kecil yang tak tertahankan. Kemudian, adanya rasa nyeri dan panas saat mengeluarkan urin dan saat ejakulasi. Gejala lain yang seringkali muncul seperti urin atau sperma yang disertai dengan darah. Dan kandung kemih yang selalu terasa penuh. Penyebab pasti dari kanker prostat belum diketahui secara pasti. Namun, apabila ada anggota keluarga yang terkena kanker prostat, Anda perlu lebih waspada. Karena garis keturunan memiliki peluang yang lebih besar untuk terkena kanker prostat.

Beberapa ahli menyatakan, pria yang jarang ejakulasi akan memiliki peluang lebih besar terserang kanker prostat. Karena, sperma yang menumpuk dan tak dikeluarkan akan mengakibatkan peradangan pada prostat. Namun, sampai saat ini, belum ditemukan fakta medis yang menyatakan adanya hubungan antara frekuensi ejakulasi dan kanker prostat.
Sebelum sakit, tentu Anda masih memiliki kesempatan untuk menjaga dan mencegah.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker prostat adalah dengan menghindari aneka makanan yang mengandung lemak jenuh, daging merah, lemak susu dan lemak hewani. Selain itu, menghindari rokok dan minuman beralkohol juga dapat menekan kemungkinan terkena kanker. Lalu, Anda juga wajib menjaga kebersihan tubuh Anda. pastikan tangan Anda selalu dalam keadaan bersih.

Mencegah datangnya penyakit juga dapat dilakukan dengan melakukan olahraga secara rutin. Tak ada batasan olah raga tertentu. Karena setiap olahraga tentu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. namun demikian, Anda dapat memilih olahraga yang aman. Seperti renang, jogging, senam atau sekedar jalan santai.

Bagi Anda yang sudah memasuki usia 40 tahun, tak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan diri. Tes kesehatan untuk mengetahui adanya gangguan pada kelenjar prostat dapat dilakukan dengan beberapa tahapan. Yang pertama adalah screening, yang dilakukan dengan mengambil contoh darah yang akan diuji laboratorium. Cek colok dubur juga dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi kelenjar prostat.

Sudahkan Anda Bergabung dengan Movember?

Salah satu cara memerangi kanker prostat adalah dengan mengikuti gerakan Movember. Ini merupakan salah satu langkah solidaritas kaum pria untuk memberi dukungan kepada para penderita kanker prostat diseluruh dunia. Gerakan semacam ini telah dimulai sejak tahun 2003 di Australia. Dan beberapa tahun terakhir mulaindi ikuti oleh sebagian masyarakat di tanah air. Tak sekedar gerakan solidaritas biasa, Movember telah mampu menyumbangkan dana ratusan juta rupiah setiap tahunnya, guna turut membiayai penelitian tentang kanker prostat, kanker testis dan masalah psikis pada pria.

Bagi peserta resminya, dapat mendaftarkan diri di Movember.com. namun, untuk ikut andil dalam sebuah gerakan sosial semacam ini, Anda tak perlu menunggu hingga terdaftar dalam lembaga sosial sekelas internasional. Untuk dapat berpartisipasi dalam Movember Anda dapat menyumbangkan dana atau ikut serta dalam gerakan menumbuhkan kumis selama bulan november ini. Ketika november mendekati akhir, kumis yang telah Anda pelihara akan dicukur habis dan dilelang. Tak hanya pria, wanita juga bisa ikut berpartisipasi dengan menyumbangkan dana, ide, dan tenaga dalam acara sosial selama bulan kesadaran kanker prostat, salah satunya dengan ikut serta dalam tagar #movember.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here