Meredakan Penyakit Asam Urat Dengan Mudah dan Murah

0
204
obat asam urat

Bagi Anda yang pernah mengalaminya, penyakit asam urat sungguh menyiksa, bukan? Pada kondisi yang buruk, bahkan asam urat dapat membuat seseorang kesakitan saat bergerak. Biasanya, nyeri yang datang saat kadar asam urat meningkat terjadi dipersendian. Bahkan dalam beberapa kasus sampai terjadi bengkak. Kadar asam urat yang normal ada pada angka 6-7 mg/dL. Ini disebabkan oleh meningkatnya zat purin dalam tubuh. Sehingga, ginjal tak mampu mengeluarkannya. Yang ada, terbentuklah kristal-kristal pada persendian akibat dari meningkatnya zat asam urat yang dilepaskan oleh tubuh.

Selain faktor makanan yang dikonsumsi, asam urat juga dapat menjadi gejala awal dari menurunnya fungsi ginjal.selain itu, adapula obesitas, faktor genetis, kondisi jantung dan tekanan darah turut andil dalam memicu penyakit asam urat.
Mitos Seputar Asam Urat yang Wajib Anda Tahu

Secara alami, asam urat dapat menyerang seseorang yang sudah menginjak usia 30 tahun. Namun, bukan tak mungkin, seorang dnegan usia yang lebih muda pun dapat mengalami nyeri asam urat. Jadi, mitos yang menyebutkan bahwa asam urat hanya menyerang orang dengan usia lanjut saja, itu tidak betul.

Selain itu, banyak yang mengira asam urat hanya disebabkan oleh makanan yang berupa kacang-kacangan, dan jeroan. Padahal masih banyak lagi sumber makanan yang dapat meningkatkan zat purin dalam tubuh. Bahkan makanan laut, sungai dan daging merah memiliki andil besar dalam menyumbangkan zat purin yang dapat memicu asam urat.
Selain itu, penyebab sakit asam urat yang jarang diketahui adalah minuman beralkohol, zat pemanis dan minuman berenergi. Apabila Anda mengidap penyakit kronis seperti gangguan jantung dan ginjal yang tak kunjung sembuh pun dapat menjadi penyebab asam urat lho. hal ini dapat pula di sebabkan oleh efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang.

asam urat

Atasi Asam Urat dengan Tanaman Herbal

Atasi asam urat dari dapur! Iya, nyeri yang menyerang saat asam urat memang tak tertandingi. Apabila hal ini terjadi pada Anda, beberapa tanaman herbal yang biasa hadir di dapur Anda pun mampu menjadi obat untuk mengatasi asam urat secara perlahan. Beberapa diantaranya:

Daun Salam

Selain memiliki aroma harum yang khas, daun salam nyatanya juga memiliki kandungan flavanoid, alkaloid, tannin dan minyak atsiri. Dikenal sebagai diuretic, zat yang mampu memperlancar buang air kecil dan pereda nyeri, sehingga daun salam sangat bermanfaat untuk memperbaiki keluhan asam urat. Cara kerjanya, dengan membantu kerja ginjal dalam mengeluarkan zat purin yang menumpuk di dalam tubuh.

Seledri

Biasanya, seledri digunakan sebagai penyedap dalam sup. Namun, ternyata seledri juga mampu mengatasi nyeri persendian yang disebabkan oleh asam urat maupun rematik. Caranya, dengan merebus seledri, lalu minum airnya secara rutin. Atau, andajuga dapat mengkonsumsi seledri secara langsung, sebagai pelengkap dalam menu lalapan Anda. sedap dan berkhasiat kan!

Kandungan Glikosida dalam seledri mampu mengatasi segala penyakit persendian. Selain itu, seledri juga memiliki kandungan flavanoid yang merupakan zat anti oksidan, untuk menangkal radikal bebas.

Jahe

Jahe memiliki kandungan anti inflamasi. Sehingga mampu mengatasi peradangan sendi yang disebabkan oleh asam urat. Anda dapat membuat wedang jahe seperti biasa, untuk dinikmati pada pagi dan sore hari. Selain itu, Anda juga dapat memarut jahe hingga lembut, seperti pasta. Lalu, balurkan pada bagian persendian yang terasa nyeri. Diamkan selama 30 menit, agar hangatnya meresap. Lalu bilas dengan air hangat.
Selain beberapa bahan dapur diatas, asam urat juga dapat diatasi dengan rebusan daun sisrsak, teh rosela, daun kumis kucing,tanaman anting-anting dan daun sambiloto.

Nyeri Pada Asam Urat Dapat Diatasi Dengan Contras bath

Penyakit asam urat termasuk dalam golongan oenyakit dalam. Sehingga wajib di lakukan cek secara berkala, bersama dengan cek kadar kolesterol dan gula darah. Apalagi, jika anda memiliki jaliur keturunan yang juga memiliki kadar asam urat yang tinggi.
Ketika nyeri asam urat menyerang, ada beberapa cara sederhana untuk meredakannya. Yang pertama dengan berendam air hangat yang sudah di taburi garam. Hal ini sangat baik untuk memberi kenyamanan dan melancarkan peredaran darah.

Yang kedua, ada sebuah terapi sederhana untuk mengatasi nyeri asam urat. Namanya Contras bath. Dimana, Anda diharuskan untuk merendam bagian tubuh Anda yang terasa nyeri, dalam 2 baskom air dengan suhu yang berlawanan. Untuk melakukannya, siapkan sebaskom air hangat dengan suhu hangat kuku. Dan baskom satunya, berisi air dingin. Anda dapat menggunakan air kulkas atau air biasa yang diberi es batu. Lalu, rendam bagian tubuh yang terasa nyeri pada baskom berisi air hangat, sekitar 1-3 menit. Kemudian angkat, dan masukkan ke baskom yang berisi air dingin secara cepat.

Terapi semacam ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerja otot. Selain, efek sedatif dan relaksasi yang ditimbulkan pada saat di rendam air hangat. Namun, fisioterapi ini tak memberikan kesembuhan. Hanya memberi kenyamanan dan meredakan nyerinya saja. Cukup untuk mengatasi rasa nyeri agar tak berkepanjangan.

Penyakit asam urat dapat dicegah dengan menjaga makanan. Hindari makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. lalu, Ada juga harus mulai membiasakan diri untuk berolahraga dan berjemur dibawah matahari pagi. Karena sinar matahari mampu memperlancar sirkulasi darah, menjaga kesehatan tulang dan sendi dan membantu proses sekresi asam urat oleh ginjal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here