Mencegah Penyebaran Sel Kanker Dengan Memahami 7 Gejala Awalnya

0
197
kanker

Banyak yang merasa ngeri jika mendengar penyakit kanker. Iya, sudah bukan rahasia lagi, jika kanker memang merupakan salah satu penyakit yang masuk ke golongan penyakit ganas. Bahkan, kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan. ada beberapa kanker yang sulit untuk dideteksi diawal. Tanpa disadari, kanker sudah beredar didalam tubuh, dan sedikit demi sedikit merusak beberapa fungsi organ pada tubuh baik pada lansia atau bahan anak-anak. Padahal, jika di diagnosa lebih awal, bukan tak mungkin, kanker masih dapat disembuhkan dengan berbagai rangkaian perawatan kesehatan.

Meskipun kanker tergolong penyakit yang parah, namun kemungkinan untuk sembuh masih terbuka lebar. Agar sel-sel kanker dapat dikendalikan, salah satu upayanya adalah dengan mencegah penyebaran sel-sel kan ker ke organ tubuh lain. Lalu, bagaimana caranya agar sel-sel kanker tak menyebar?

Kenali Benjolan Tak Lazim Di bawah Kulit

Banyak yang mengira bahwa kanker dan tumor adalah penyakit yang sama. Namun, ternyata, tak semua tumor adalah kanker, namun, ada pula kanker yang didahului dengan tumor. Tumor adalah benjolan tak lazim yang tumbuh di bawah kulit. Pada tumor jinak, benjolan tersebut dapat di atasi dengan tindakan operasi, dan tak akan tumbuh kembali. Namun, dalam kasus tumor ganas, dapat berubah menjadi kanker.

Pada kondisi normal, tubuh yang terdiri dari trilyunan sel ini, akan mengalami regenerasi setiap harinya. Jadi, sel-sel yang mati akan tergantikan oleh sel-sel baru. Namun, pada kondisi abnormal, sel-sel yang sudah tua dan tak berfungsi, malah akan membelah diri dan bertumbuh secara massive. Sel-sel abnormal inilah yang menjadi asal muasal kanker.
Salah satu Kanker yang diawali dengan benjolan adalah kanker payudara. Benjolan yang terdapat di bagian payudara ini, biasanya disertai rasa nyeri, sensasi panas yang menyengat, hingga luka yang tak kunjung sembuh. Dan pada kondisi yang lebih parah, payudara akan mengeluarkan cairan berupa nanah, dengan bau yang menyengat. Kanker lainnya yang diawali dengan gejala berupa benjolan adalah kanker kelenjar getah bening. Benjolan biasanya muncul dibagian leher, ketiak, dan belakan telinga. Jika segera ditangani, kanker-kanker tersebut masih dapat disembuhkan.

Jangan Abaikan Perdarahan Yang Terjadi Secara Berulang

Terluka dan berdarah mungkin sesuatu yang biasa terjadi. Namun, bagaimana dengan perdarahan yang tak kunjung berhenti? Ya, salah satu gejala kanker yang seringkali terabaikan adalah perdarahan. Pada kanker darah, khususnya, gejala-gejala semacam ini seringkali terjadi. Perdarahan tak hanya pada luka saja. Namun juga gusi berdarah, mimisan dengan intensitas yang sering, dan pada wanita dewasa, juga dapat memperngaruhi siklus menstruasi.

Kanker Rahim, kanker serviks, hingga kanker endometriosis, juga bisa diawali dengan perdarahan melalui vagina. Ada yang mengalami perdarahan setelah melakukan hubungan intim, atau pun perdarahan diluar siklus menstruasi. Bagi wanita dewasa yang mengalami hal ini, sebaiknya jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ya.
Selain perdarahan, memar yang tak kunjung hilang juga dapat menjadi gejala awal kanker. Memar-memar yang terjadi tanpa sebab, dan tak kunjung hilang, menjadi salah satu gejala dari kanker darah.

Berat Badan menurun Drastis Dalam Waktu Singkat

Menurunkan berat badan menjadi salah satu PR tersendiri bagi beberapa orang yang mengalami kelebihan berat badan. Namun, hal yang berbeda terjadi ketika seseorang kehilangan berat badan secara drastic dalam waktu yang singkat, tanpa melakukan diet tertentu. Menurunnya berat badan biasanya di ikuti dengan hilangnya nafsu makan. Hsal ini bisa terjadi sebagai tanda awal kanker yang menyerang organ pencernaan dan hati.

Mudah Sakit dan Merasa Lelah

Sel-sel abnormal yang berkembang menjadi sel-sel kanker memang sangat fasih untuk melemahkan system pertahanan tubuh. Tak heran jika seseorang yang terkena kanker akan sangat mudah terinfeksi kuman, virus hingga bakteri. Selain itu, Anda juga akan lebih cepat merasa lelah. Hal ini tak dapat dipungkiri, karena sel-sel kanker yang menguasai sel-sel dalam tubuh Anda yang sehat.

Terjadi Perubahan Warna dan Bentuk Pada Kulit

Salah satu kanker yang menyebabkan perupahan pada kulit adalah kanker kulit. Anda perlu waspada apabila Anda menemukan adanya perubahan terhadap warna kulit, warna dan bentuk tahi lalat, hingga adanya perubahan struktur dan kelembaban pada kulit yang dirasa tak normal. Meskipun belum banyak diketahui penyebab utama dari kanker kulit, namun paparan sinar UV secara langsung, dapat menjadi salah satu penyebabnya, setelah factor genetis. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan tabir surya ketika melakukan aktifitas di luar ruangan.

Rasa Nyeri Di Salah Satu Bagian Tubuh

Rasa nyeri, seperti di persendian, kepala, dan beberapa bagian tubuh lainnya terkadang muncul. Namun, nyeri yang berkepanjangan dan terus menerus adalah hal lain yang musti dicurigai. Salah satunya adalah nyeri atau sakit dikepala. Meskipun akan hilang sesaat setelah mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri, namun sesungguhnya itu bukan solusi. Harus dicari penyebab nyerinya, dan disembuhkan. Karena, nyeri di kepala yang tak biasa dapat menjadi salah satu gejala kanker. Seperti kanker otak dan kelenjar getah bening.

Batuk Dan Sesak Nafas Yang Tak Kunjung Sembuh

Salah satu penyakit yang paling akrab disekeliling kita adalah batuk dan flu. Namun, ketika batuk sudah tinggal hingga berbulan-bulan, dengan disertai gejala lainnya. Seperti sesak nafas, demam, mengeluarkan lendir yang disertai darah, dan penurunan berat badan secara signifikan, maka bisa mengarah kepada kanker paru. untuk memastikannya, Anda dapat melakukan CT scan dan rontgen.

Kanker memang tidak memberikan pertanda awal yang pasti. Itulah yang membuat banyak pasien kanker gagal diobati. Namun, nyatanya, dengan mengenali diri sendiri dan tak mengabaikan segala gejala sakit yang hadir, hal ini dapat meminimalisir hal-hal yang fatal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here