Menanti Hari Jantung Sedunia Dengan Jantung Yang Sehat

0
25
jantung

Pada tanggal 29 September, dunia akan memperingati hari jantung sedunia atau World Heart Day. Seperti yang diketahui, setiap detak dari jantung yang sehat sangat berharga untuk seluruh manusia. Untuk itu, dunia secara massal merayakan hari jantung Sedunia, sebagai penanda betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung.

Penyakit jantung atau secara medis dikenal dengan Kardivaskular menjadi salah satu penyakit serius yang dapat mengancam nyawa seseorang. Bahkan, tak jarang serangan Jantung datang secara diam-diam dan tiba-tiba. Untuk itu, sangat penting untuk Anda lebih oeka terhadap perubahan apa saja yang terjadi pada tubuh Anda. sekecil apapun, tak boleh di remehkan.

Mencegah Sakit Jantung

serangan jantung

Kardiovaskular atau penyakit jantung dan stroke merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya, bahkan menurut data yang ada, ini adalah pembunuh utama. Tak banyak yang tau, bahwa gejala awal dari penyakit jantung dapat dimulai dari perubahan fungsi atau kebiasaan tubuh yang ringan. Misal, merasa berat untuk sekedar menghela nafas. Lalu, sesekali timbul rasa nyeri di dada yang menembus punggung. Dalam kondisi yang lebih berat, gejala-gejala tersebut juga muncul dengan intensitas yang lebih sering. Disertai dengan pembengkakan pada kaki, perut atau tangan.

Namun, sesungguhnya, penyakit jantung dapat dicegah. Dan ketika gejala dapat dideteksi sejak awal, Anda masih mempunyai kesempatan lebar untuk dapat sembuh seperti semula.
Penyakit jantung erat kaitannya dengan pola hidup. Kebiasaan hidup yang kurang sehat tak dapat dipisahkan dengan kondisi jantung yang tak begitu baik. Beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu masalah kesehatan jantung ialah merokok, mengkonsumsi minuman beralkohor, terbiasa dengan makanan yang mengandung lemak jenuh, dan kurangnya waktu beristirahat.

Untuk itu, mencegah sakit jantung bisa dikatakan sangat mudah. Hanya dengan membiasakan diri dengan hidup sehat dengan makanan yang baik, sudah tentu dapat memaksimalkan kerja jantung Anda. Seperti, melakukan olah raga secara teratur. Anda tak perlu memilah den memilih jenis olah raga khusus. Apalagi, jika Anda belum pernah mengalami serangan jantung. Semua olah raga sangat baik untuk dilakukan. Seperti renang, jalan santai, lari, senam, dan masih banyak lagi. Anda setidaknya membutuhkan waktu 30 menit dalam sehari untuk melakukan olahraga ringan semacam ini.

Berbeda halnya dengan Anda yang sudah memiliki masalah pada jantung. Anda tentu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis yang biasa menangani Anda. kira-kira, olahraga apa yang disarankan dan yang tidak dianjurkan untuk Anda lakukan. Berikut dengan durasi yang tepat. Ini sangat penting. Mengingat, semakin berat aktifitas yang Anda lakukan, maka kerja jantung pun akan semakin meningkat.

Memelihara Jantung Sehat

alat deteksi detak jantung

Hari jantung sedunia mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan jantung. Sesuai fungsinya, Jantung terdiri dari otot-otot yang membuatnya mampu memompa darah ke paru-paru dan seluruh tubuh. Untuk dapat bekerja dengan baik, jantung membutuhkan suplai oksigen yang cukup, cadangan energi dan nutrisi.

Dalam memelihara kesehatan jantung, tak melulu terfokus pada satu organ saja, yaitu jantung. Tapi melibatkan hal-hal lain yang juga dapat memicu terjadinya serangan jantung. Seperti hipertensi, kadar gula dalam darah dan kolesterol. Ketiga hal ini sangat mempengaruhi kerja jantung.

Untuk itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara berkala. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menebalkan otot-otot pada jantung dan membuat kerja jantung menjadi berat. Sedangkan kadar gula darah yang tinggu mampu mebuat darah menjadi lebih pekat bahkan terlalu kental. Ini juga dapat jantung harus bekerja ekstra untuk dapat memompa darah. Lalu, penumpukal kolesterol jahat, juga selain dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, juga dapat membuat darah terhambat sirkulasinya. Semua itu dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada jantung. Yang terjadi, jantung menjadi semakin sulit dalam melakukan tugasnya.

Untuk menjaga kesehatan jantung, salah satu caranya adalah dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung. Beberapa sumber nutrisi yang baik untuk jantung seperti yang terdapat pada buah-buahan, sayuran, gandum dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi susu rendah lemak, sebagai salah satu cara untuk menjamin suplai nutrisi yang baik untuk jantung. Yang lebih baik, tentu konsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Sebagai sumber protein hewani, pilihlah seafood yang rendah lemak, seperti daging ikan salmon.

Selain itu, stress juga dapat memicu serangan jantung. Padahal, siapa sih, yang tak pernah terserang stress? Dengan aktifitas harian yang itu-itu saja, belum lagi dengan persaingan-persaingan yang harus dilalui, stress sudah pasti menyertai ya. namun, yang terpenting adalah bagaimana Anda dapat menangani stress itu sendiri. Saat stress, adrenalin dalam tubuh meningkat. Dalam batas tertentu, ini sangat baik untuk mendukung kerja jantung, atau biasa juga disebut dengan olah raga jantung. Namun, ketika Anda tak mampu mengendalikannya, bukan tak mungkin ini malah akan berbalik menjadi sebuah serangan.

Cintai Jantung Anda

Mencintai jantung Anda, bukan hanya tentang mencegah serangannya atau mengobatinya sakitnya. Lebih dari itu. Cintailah jantung Anda dengan terus menjaga agar jantung tetap sehat. Caranya? Tentu dengan memulai pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi sumber energi dan nutrisi yang baik untuk tubuh Anda, bukan hanya jantung saja ya.

Jika sudah begitu, sepertinya Anda sudah siap untuk turut memperingati hari jantung sedunia dengan jantung yang sehat, pada tanggal 29 september. Untuk terus dapat menikmati usia dengan sehat dan bugar, jangan sia-siakan kesempatan menikmati jantung sehat didalam tubuh yang sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here