Memperingati Bulan Pencegahan Cedera Mata

0
18
lansia

Sudahkah Anda tahu, bahwa bulan pencegahan cedera mata jatuh di bulan oktober? Iya, mata merupakan sepasang organ penting yang sangat menunjang aktivitas harian kita semua. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan mecegahnya cedera. Namun, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi cedera pada mata?

Jika Anda, memiliki aktifitas yang hampir 70% nya berada didepan layar komputer, wah! Sepertinya Anda sudah harus mulai menjaga sepasang mata Anda dengan lebih hati-hati lagi. Paparan sinar radiasi dari layar komputer mampu membuat berbagai cedera mata baik yang ringan hingga yang terberat sekalipun. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah iritasi atau cedera pada mata.

lansia sehat

Olahraga Mata

Terlalu fokus pada satu titik dapat membuat mata menjadi lelah. Mata lelah biasa diawali dengan gejala-gejala ringan seperti mulai pegal di sekitar mata, mata terasa perih dan pedas, hingga warna merah pada mata. Gejala-gejala semacam ini dapat muncul apabila Anda seharian berada didepan layar komputer. Atau, bisa juga terjadi, jika Anda berkutat pada benda-benda kecil yang membutuhkan fokus tingkat tinggi. sehingga, secara tak sadar, Anda seringkali lupa untuk sekedar berkedip. Sehingga, mata Anda menjadi kering. Padahal, hanya dengan berkedip mata Anda akan kembali lembab. Meskipun, ada beberapa orang yang membutuhkan tetes mata khusus untuk mengatasi masalah mata kering seperti ini.

Untuk itu, Anda perlu melakukan olahraga mata. Tak perlu waktu lama. Hanya beberapa menit saja, cukup untuk mengembalikan kondisi mata Anda. Yang paling mudah dan umum dilakukan adalah dengan menggonta ganti fokus. Caranya:

1. Melirik

Cara ini sangat mudah sederhana. Anda hanya perlu untuk melirik ke salah satu sisi Anda. ambil fokus terjauh yang dapat Anda lakukan. ‘meliriklah’ dengan tetap fokus pada satu titik terjauh tersebut dalam beberapa detik. Lalu, kembalikan pandangan Anda ke depan. Kemudian, lakukan hal yang sama pada arah fokus yang berlawanan. Setelah beberapa detik, kembali lagi pada pandangan ke depan. Nah, saat pandangan mata Anda ke depan, ini adalah saat relaks. Anda dapat melakukan relaksasi mata sembali memutar-mutar kepala secara lembut. Dan, jangn lupa juga untuk melatih pernafasan.

2. Menggunakan jari-jari

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan bantuan kedua jari jempol tangan Anda. pertama, ulurkan kedua tangan Anda lurus kedepan. Keluarkan kedua jempol tangan Anda sebagai fokus. Secara perlahan, tarik kedua tangan Anda, dan arahkan fokus mata pada jempol yang semakin mendekati mata. Lalu, ulurkan kembali kedua tangan Anda kedepan. Pastikan, fokus mata tetap pada jempol tangan ya. lakukan secara berulang.

Konsumsi Suplemen

Selain olahraga mata, untuk menjaga kesehata mata, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh mata. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, mampu menjaga kesehatan mata. Namun, untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda dapat mengkonsumsi vitamin khusus untuk kesehatan mata. Yang memiliki beberapa kandungan penting, seperti vitamin, ginko billoba, taurin dan masih banyak lagi.

Selain itu, untuk mencegah cedera pada mata, Anda juga sangat tidak dianjurkan untuk mengucek mata. Terkadang, kita mendapati sesuatu yang mengganjal pada mata. Seperti rasa gatal atau perih akibat kemasukan debu atau benda asing. Untuk mengeluarkannya juga tak sembarangan. Selain kondisi tangan harus dalam keadaan benar-benar bersih, Anda dilarang untuk membersihkan mata secara langsung dengan memasukkan tangan Anda ke area mata. Melainkan, dengan menggunakan cairan pembersih mata. Atau, minimal bersihkan mata Anda di bawah aliran air yang lembut secara perlahan.

Gunakan Pelindung Layar

Bagi Anda yang memiliki kegiatan didepan layar komputer, usahakan untuk menjaga jarak sekurang-kurangnya 30 cm dari layar komputer. Ini untuk meminimalisir paparan sinar yang terpantul dari layar komputer. Hal yang sama juga diberlakukan untuk layar televisi. Namun, jika pada layar komputer Anda hanya perlu memberi jarak setengah meter saja, tidak dengan televisi. Yang mana Anda harus menjaga jarak sekitar 2 meter untuk menjaga kondisi mata Anda agar tetap prima.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pelindung layar. Atau, yang biasa juga disebut dengan filter. Filter semacam ini sangat baik untuk mengamankan mata Anda dari sinar radiasi yang dipaparkan dari layar gawai pribadi Anda. cara kerjanya adalah dengan memperkecil gelombang radiasi dari layar yang merasuk ke mata. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengaturan pada pencahayaan layar komputer. Ini sangat berpengaruh bagi fokus mata Anda. pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu gelap, dapat membuat mata bekerja ekstra keras. Sehingga dapat membuat mata menjadi lebih cepat lelah bahkan cedera.

Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi memiliki cara kerja yang hampir sama dengan pelindung layar komputer atau laptop. Yaitu, dengan meminimalisir pantulan cahaya yang di hasilkan dari layar ke mata. Meskipun demikian, untuk menggunakannya Anda dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata terlebih dahulu. Untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. tak seperti kacamata minus atau plus, kacamata Anti radiasi hanya berfungsi untuk mencegah paparan radiasi sinar layar terhadap mata. Bukan untuk mengatasi masalah penglihatan. Untuk itu, apabila Anda memiliki masalah penglihatan, apakan minus maupun plus, mungkin Anda memerlukan modifikasi tertentu.

Betapa pentingnya menjaga kesehatan mata, sehingga bulan oktober di tetapkan sebagai bulan pencegahan cedera mata. Beberapa hal yang dapat membuat mata cedera selain penggunaan gadget dan paparan sinar dari alat-alat elektronik, seperti kecelakaan, penggunaan lensa kontak yang tidak tepat, hingga benturan benda tumpul. Untuk mencegah terjadinya masalah ataupun cedera yang lebih serius, lakukan pemeriksaan mata secara berkala. Mata sehat, aktifitas lancar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here