Manfaat Olahraga Mata Bagi Kesehatan Lansia

0
608
penyakit mata

Setiap orang pasti mendambakan memiliki mata yang sehat dan indah. Untuk menjaga kesehatannya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan istirahat yang cukup. Namun jika Anda yang mengalami kelainan seperti rabun jauh, rabun dekat, dan mata kabur, sebaiknya lakukan penanganan yang tepat sesuai dengan aturan medis.

Bagi Anda yang memiliki aktivitas tinggi terutama yang berkaitan dengan penglihatan seperti menatap layar digital terlalu lama, bermain game, dan lain-lain, akan sering mengalami dehidrasi pada mata. Jika ini tidak segera ditangani dapat menyebabkan kerusakan yang cukup berbahaya bagi penglihatan. Untuk menjaga kondisi mata agar tidak kering serta terhindar dari masalah lainnya, sebaiknya lakukan olahraga mata selama beberapa menit secara teratur.

Apa Itu Olahraga Mata?

apa itu olahraga mata

Sama seperti senam pada umumnya, olahraga mata adalah aktivitas senam yang dilakukan secara berulang-ulang dengan menggerakkan bagian otot, kelopak, dan bola mata untuk menjaga kesehatan. Banyak yang sudah mencoba senam ini, dan hasilnya otot mata menjadi rileks dan tidak gampang capek. Melakukan gerakan tersebut sangat dianjurkan untuk relaksasi dan mencegah munculnya gangguan pada mata.

Olahraga ini tidak bisa mengubah bentuk mata, tapi memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan fungsi mata, membuat otot mata menjad kuat, dan sebagainya. Jika Anda menderita mata lelah karena kondisi otot yang tegang, tidak perlu buru-buru menggunakan obat tetes. Sebaiknya lakukan senam mata selama beberapa menit secara teratur setiap hari. Gerakan yang dilakukan cukup sederhana bahkan bisa dilakukan sembari duduk santai.

Apa Saja Manfaat Olahraga Mata?

Banyak yang belum mengetahui tentang manfaat dari olahraga mata. Sebagian besar penderita dehidrasi mata lebih sering menggunakan obat untuk menjaga kesehatan mata. Padahal ada cara lain yang bisa dipakai supaya mata tidak cepat lelah dan capek. Senam mata mengusung gerakan yang sederhana namun memiliki fungsi yang sangat maksimal.

Beberapa manfaat dari mempraktikkan olahraga mata secara teratur adalah:

1. Mengantisipasi gangguan mata

2. Mencegah dehidrasi pada mata

3. Memperkuat otot mata

4. Meningkatkan kerja mata

5. Merangsang syaraf otak yang mengatur penglihatan

6. Memperbaiki kualitas penglihatan

7. Membuat mata lebih fokus

8. Membuat otot mata lebih rileks

Apa Saja Gerakan pada Olahraga Mata?

olahraga mata

Gerakan senam mata sangat mudah dipelajari dan dipraktikkan. Anda bisa melakukannya setiap saat supaya hasilnya lebih maksimal. Sebelum masuk ke gerakan inti, sebaiknya lakukan pemanasan dengan cara mengggosokkan telapak tangan hingga terasa hangat lalu letakkan diatas mata selama beberapa menit. Selanjutnya putar bola mata searah dan juga berlawanan jarum jam secara bergantian selama 5 – 10 kali. Setelah itu Anda baru bisa masuk ke gerakan intinya, diantaranya adalah:

1. Menutup Mata

Terlalu lama menatap layar komputer bisa membuat kondisi mata menjadi mudah lelah. Untuk mengembalikan kondisi mata agar fresh, sebaiknya lakukan gerakan menutup mata selama 10 menit setiap satu jam. Kebiasaan ini dapat membuat mata tetap sehat dan tidak stres.

2. Menatap Ujung Hidung

Latihan senam mata yang satu ini bisa dilakukan dengan cara melakukan gerakan menunjukkan tangan ke depan lalu fokuskan mata pada gerakan telunjuk. Selanjutnya arahkan telunjuk ke ujung hidung dan posisi mata masih tetap fokus pada telunjuk. Lakukan beberapa kali gerakan tersebut. Tujuannya untuk melatih kekuatan mata agar fungsi penglihatan tidak berkurang.

3. Mengubah Jarak Objek

Pertama-tama Anda harus menatap objek yang berada di jarak yang jauh. Tunggu beberapa saat sampai objek tersebut terlihat jelas. Lalu arahkan penglihatan Anda ke objek lainnya yang lebih dekat dan lanjutkan terus sampai menuju ke objek yang paling dekat. Ulangi latihan tersebut beberapa kali. Gerakan ini bertujuan untuk melatih fokus mata.

4. Membuat garis vertikal dan horizontal

Tutup mata beberapa menit lalu buka dan pusatkan pandangan ke bagian tengah. Lirikkan mata keatas lalu buat garis vertikal dengan mengerakkan mata secara berlahan ke bawah. Selanjutnya lirikkan mata ke kiri lalu buat garis horizontal dengan menggerakkan mata ke kanan. Ulangi kedua gerakan tersebut masing-masing sebanyak 10 kali.

5. Berkedip

Salah satu gerakan senam mata yang sangat mudah dilakukan adalah berkedip. Ambil posisi duduk yang santai lalu kedipkan mata dalam 10 hitungan dengan cepat. Setelah itu istirahatkan mata selama 20 detik dan ulangi gerakan tersebut sebanyak 5 kali.

6. Mengamati objek dengan menutup salah satu mata

Tutup mata bagian kanan lalu fokus ke objek yang paling jauh, setelah itu alihkan pandangan ke objek yang lebih dekat, begitu seterusnya sampai ke objek yang paling dekat. Setelah itu ganti tutup mata bagian kiri dan lakukan hal yang sama. Ulangi gerakan tersebut masing-masing sebanyak 3 kali.

Senam mata sangat aman dilakukan oleh siapapun baik muda maupun tua tidak mengenal batas usia. Jangan lupa sebelum masuk ke gerakan inti lakukan dulu pemanasan. Praktikkan olahraga mata secara teratur agar kesehatannya terjaga dan terhindar dari gangguan penyakit mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here