Manfaat Membiasakan Cuci Tangan Bagi Kesehatan Lansia

0
314
cuci tangan pada lansia

Saat usia sudah menginjak 60 tahun keatas, maka ketahanan tubuh akan berkurang. Untuk mencegah serangan bakteri dan kuman penyebab penyakit, mengkonsumsi makanan bergizi saja tidak akan cukup. Harus diimbangi dengan menjaga kebersihan badan dengan mandi dan rajin mencuci tangan. Jika malas menjaga kebersihan tubuh, akibatnya kuman dan bakteri tidak bisa dimusnahkan dengan cepat dan selanjutnya masalah kesehatan seperti flu dan penyakit kulit gampang menjangkiti.

Ada beberapa penyakit yang cukup berbahaya dan disebabkan oleh serangan kuman dan bakteri, salah satunya adalah hepatitis. Gangguan kerja hati ini dapat menyebabkan racun yang seharusnya dikeluarkan bersama dengan feses, malah menyebar kedalam tubuh. Penanganan serius harus segera dilakukan supaya dampaknya tidak menimbulkan kematian.

Pada orang yang masih muda, serangan kuman dan bakteri yang berbahaya bisa segera dimatikan oleh zat imun yang ada dalam tubuh. Namun pada kasus lansia, sistem kekebalan yang dimiliki berkurang sehingga untuk memperkecil risiko terkena penyakit berbahaya salah satu caranya adalah menjauhi penyebabnya. Karena itu sangat disarankan untuk menjaga kebersihan dan mencuci tangan dengan sabun supaya tidak ada kuman dan bakteri yang ada dalam tubuh.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Cuci Tangan?

Mencuci tangan harus dilakukan sesering mungkin supaya beberapa penyebab penyakit bisa dimusnahkan. Kaum lansia tidak mudah melakukan aktivitas ini terlebih jika kondisi fisiknya sudah menurun dan sulit untuk bergerak. Pihak keluarga harus menemukan cara agar cuci tangan dapat dilakukan dengan mudah termasuk membiasakan memberi wadah terpisah untuk mencuci tangan saat sebelum dan selesai makan.

Banyak yang beranggapan bahwa cuci tangan hanya dilakukan saat akan makan dan setelah selesai. Tentu saja hal tersebut tidak bisa disalahkan, namun ada beberapa waktu yang mewajibkan lansia untuk mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun, beberapa diantaranya adalah:

  1. Sebelum dan sesudah makan
  2. Sesudan buang air besar atau kecil
  3. Sebelum dan sesudah memasak
  4. Sesudah memegang benda kotor
  5. Sesudah memegang hewan peliharaan
  6. Setelah melakukan aktivitas rumah tangga seperti mengepel, menyapu, dan lain-lain
  7. Setelah selesai melakukan aktivitas diluar ruangan
  8. Dan masih banyak lagi yang lainnya

Lantas bagaimana cara mencuci tangan yang bersih dan benar. Beberapa lansia banyak yang melakukan kesalahan saat mencuci tangan, karena tidak memastikan semuanya bersih dan hanya dikeringkan dengan sembarangan. Padahal jika lap yang digunakan belum tentu bersih dan bisa menjadi sarang kuman penyakit yang selanjutnya hinggap di tangan karena cara melakukan cuci tangan yang salah. Berikut ini adalah tahapan mencuci tangan yang benar agar kesehatan lansia tetap terjaga, diantaranya adalah:

  1. Cuci tangan dengan air bersih dan sebaiknya dalam kondisi mengalir supaya kuman dan bakteri hanyut terbawa air
  2. Gunakan sabun antiseptik dan sangat dianjurkan berupa sabun cair
  3. Gosok secara menyeluruh pada bagian telapak tangan, punggung, sela-sela jari, dan kuku
  4. Keringkan dengan lap atau handuk yang bersih

Jika lansia mempraktikkan cara mencuci tangan seperti yang dicontohkan diatas, dijamin kesehatannya akan terjaga dan terbebas dari serangan penyakit yang berbahaya. Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sebaiknya imbangi dengan konsumsi makanan yang bernutrisi, rajin melakukan olahraga ringan, serta istirahat cukup dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minumam beralkohol.

Pentingnya Membiasakan Cuci Tangan bagi Kesehatan Lansia

lansia sehat

Lalu apa manfaat yang didapatkan jika membiasakan diri melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas?. Salah satu hal yang dikhawatirkan oleh lansia adalah serangan penyakit yang cukup berbahaya. Karena kekebalan tubuhnya berkurang, maka untuk mengatasinya harus menggunakan obat yang sesuai dengan resep dokter. Namun masalah kesehatan tersebut dapat dicegah dengan cara yang sederhana yaitu dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Adapun manfaat lain yang bisa diperoleh adalah:

  1. Mengurangi resiko penyakit diare yang disebabkan oleh kuman
  2. Membasmi kuman dan bakteri penyebab penyakit
  3. Mencegah terjadi infeksi pada mata
  4. Mencegah penularan penyakit
  5. Mencegah infeksi pada saluran pernapasan

Beberapa penyakit diatas, bisa segera ditangani jika daya tahan tubuh cukup tinggi sehingga kuman dan bakteri yang ada dalam tubuh tidak akan berkembang. Namun pada kasus lansia, penyebaran penyakit tersebut akan berjalan dengan cepat karena zat imun tidak bekerja secara maksimal. Karena itu agar kuman dan bakteri tidak bisa masuk kedalam tubuh, salah satu caranya adalah dengan mencuci tangan setiap habis berkegiatan menggunakan sabun.

Setelah tahu pentingnya mencuci tangan dan cara yang benar, diharapkan kesehatan lansia akan semakin terjaga. Jadi tidak hanya memperhatikan asupan gizi saja, kebersihan diri juga harus dilakukan supaya tidak ada kuman dan bakteri yang masuk kedalam tubuh. Lakukan juga olahraga ringan secara teratur agar daya tahan tubuh bertambah dan bisa menangkal serangan bakteri dan kuman penyebab penyakit berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here