Manfaat Lengkuas bagi Lansia

0
128
lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu rempah lain yang kerap kali digunakan untuk berbagai jenis masakan. Beberapa masakan yang paling sering menggunakan lengkuas sebagai salah satu bumbu dasarnya ini seperti olahan daging serta ikan. Lengkuas memberikan rasa serta aroma yang khas pada masakan. Inilah mengapa jenis rempah ini pun sering kali digunakan di berbagai jenis resep makanan.

Namun selain rempah yang memberikan rasa khas pada masakan, lengkuas memiliki manfaat lain. Salah satunya untuk pengobatan tradisional. Di beberapa negara di Timur Tengah, lengkuas sudah bukan lagi bahan yang asing untuk pengobatan herbal. Sering kali berbagai jenis pengobatan akan menggunakan lengkuas sebagai salah satu bahan dasar.
Lengkuas merupakan rempah dalam golongan temuan-temuan.

Tanaman lengkus sendiri berada di genus alpina dan berasal dari Thailand. Sebelum akhirnya tumbuh di banyak daerah lain di Asia Tenggara, terutama. Di dalam lengkuas terdapat beberapa zat mineral dan juga vitamin penting seperti sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin dan juga galangin.

Seperti juga bahan-bahan hermal lain, adanya flavonioid di dalam lengkuas menjadikan temu-temuan ini memiliki sifat sebagai anti infalamasi dan juga anti oksidan. Sehingga terdapat beberapa manfaat khusus dari lengkuas. Manfaat lengkuas ini bervariasi dari untuk kecantikan, hingga kesehatan pada lansia. Di bawah ini misalnya merupakan beberapa manfaat penting lengkuas untuk kesehatan pada lansia ini.

1. Mengobati demam karena radang dan infeksi

Lengkuas memiliki banyak sekali kandungan zat dan juga mineral penting untuk kesehatan. Sehingga rumpang dari lengkuas memberikan beberapa sifat dan juga karakter berbeda. Seperti misalnya sifat analgesik dan antipiretik yang terdapat dalam lengkuas selain juga anti infalamasi.

Sifat dan karakter analgesik dan antipiretik yang ada pada lengkuas ini berguna untuk beberapa penyakit. Salah satunya dalam mengobati demam. Tentunya bukan demam sembarangan melainkan demam yang disebabkan karena radang dan juga infeksi.

Pada saat usia lanjut, sistem kekebalan tubuh pun menurun. Sehingga bakteri atau pun virus akan lebih mudah menyerang pada tubuh. Inilah yang akhirnya menyebabkan lansia lebih mudah mengalami demam karena infeksi atau pun radang ini.

2. Mengobati infeksi dan gangguan pernafasan

Sama seperti juga fungsi dari lengkuas untuk radang dan juga infeksi, galangang ini juga memiliki manfaat lain untuk mengobati gangguan pernafasan. Beberapa penyakit gangguan pernafasan yang terbukti bisa disembuhkan dengan lengkuas ini seperti infeksi pernafasan atas dan juga bronkitis. Kedua penyakit ini juga sering kali terjadi pada lansia karena termasuk dalam aging disease.

Di dalam lengkuas terdapat sifat analgesik dan antipiretik yang membantu untuk mengatasi infeksi. Menggunakan rempah satu ini secara teratur, baik dalam bentuk rebusan atau pun pengambilan sari dipercaya akan membantu untuk mengobati masalah infeksi pada pernafasan.

3. Menurunkan resiko kanker

Kandungan flavonoid yang ada di dalam lengkuas memang memiliki manfaat penting untuk menurunkan resiko kanker. Pada saat lanjut usia ada beberapa jenis kanker yang memiliki resiko lebih besar. Salah satunya seperti kanker yang berada di golongan aging disease. Maka kemungkinan penderita lanjut usia untuk mendapatkan penyakit ini pun menjadi lebih besar lagi.

Ada beberapa cara dalam penggunaan lengkuas yang dipercaya bisa menurunkan resiko kanker ini. Salah satunya dengan membuat ramuan rebusan dari beberapa batang lengkuas yang sudah diiris tipis dan direbus. Serta lainnya dengan memarut dan memeras lengkuas untuk mendapatkan sarinya.

4. Menghambat asam lemak

Pada saat usia senja, kadar lipid atau pun asam lemak di dalam tubuh pun bisa meningkat. Ada beberapa penyakit yang muncul karena asam lemak tinggi di dalam tubuh ini sendiri. Seperti misalnya penyakit hipertensi, gangguan jantung, diabetes, hingga penyakit lain seperti penyumbatan pembuluh darah.
Di dalam kandungan flavonoid pada lengkuas terdapat galangin, quercetin dan kaempferol yang bermanfaat untuk menunrunkan kadar lipid. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari lengkuas ini bisa menggunakan sari dari lengkuas yang diminum teratur sebanyak tiga kali dalam sehari. Selain itu juga bisa merebus lengkuas dan meminum air rebusannya secara teratur.

5. Mencegah dan mengobati rematik

Penyakit lain yang sudah sangat khas dan sering terjadi pada lansia adalah rematik. Rematik dan juga arthritis merupakan dua penyakit persendian yang sering kali dialami oleh para lansia. Seringnya karena pada saat usia menua, maka pelumas yang ada di persendian akan semakin berkurang. Meskipun hal ini juga bisa terjadi karena terjadi peradangan pada sendi.

Penggunaan lengkuas untuk pengobatan rematik dan juga arthritis ini sudah dimulai sejak ribuan tahun lalu di Timur Tengah. Hingga akhirnya pengobatan herbal ini pun saat ini sudah sering digunakan di Indonesia pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here