Manfaat Kencur bagi Lansia

0
140
kencur

Banyak orang mengenal kencur sebagai salah satu rempah untuk bahan masakan. Terutama di Pulau Jawa dan Bali, kencur sudah bukan lagi menjadi bahan masakan yang asing. Selain sebagai rempah untuk bahan masakan, kencur juga sering kali digunakan untuk beberapa kebutuhan berbeda. Salah satunya untuk pengobatan herbal. Pengobatan alternatif memang banyak menggunakan rempah dan juga temu-temuan.

Salah satunya kencur. Bahkan saat ini kencur juga sudah sering dianjurkan untuk ditanam di masing-masing rumah sebagai bagian dari TOGA atau taman obat keluarga. Hal ini salah satunya karena banyaknya manfaat dan juga khasiat dari kencur. Kencur bukan hanya memiliki manfaat untuk mengobati penyakit saja. Namun juga sederet manfaat berbeda untuk lansia.

Lansia memang termasuk dalam golongan kesehatan yang sangat penting untuk mendapatkan perhatian khusus. Pada usia lanjut ini, beberapa fungsi vital tubuh akan menurun. Sehingga penyakit pun lebih mudah akan menyerang. Belum lagi banyaknya jenis penyakit yang termasuk dalam golongan aging disease lebih sering menyerang pada usia lanjut tersebut.

Kencur termasuk dalam tumbuhan temu-temuan. Tanaman kencur tumbuh pada lahan subur pegunungan maupun di cuaca yang tak begitu kering dan panas. Pada kencur, yang digunakan merupakan bagian rimpang yang tumbuh di atas tanah. Bukan daun atau pun batang pada kencur ini sendiri. Tanaman kencur sendiri memiliki daun yang jarang dan mudah dikenali.

Di dalam kencur terdapat beberapa zat dan juga mineral penting. Misalnya saja Zat Pati, Kamphane, Borneol, Asam metal kanil, Asam cinnamic, Ethyl aster, Paraeumarin, Alkolid, Gom dan juga banyak zat serta mineral lainnya. Masing-masing zat dan juga mineral ini memiliki manfaat masing-masing untuk kesehatan dan juga dalam pengobatan alternatif. Baik itu untuk anak-anak, usia produktif, hingga untuk para lansia. Untuk lansia sendiri, kencur terdapat khasiat tersendiri yang bisa sangat berguna untuk mereka yang sudah berusia lanjut tersebut.

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat penting dari kencur untuk mereka yang sudah lanjut usia.

1. Mengatasi masalah pencernaan

Pada lansia, masalah kesehatan bisa berupa dalam banyak hal. Termasuk juga masalah pada pencernaan. Masalah pencernaan ini mulai dari meningkatnya asam lambung atau maag, infeksi dan juga radang lambung, hingga masalah lain seperti kembung serta mulas. Hal tersebut sering terjadi karena pada saat usia lanjut, fungsi dan juga kerja organ vital akan banyak berkurang.

Untuk mengatasi masalah ini, kencur bisa sangat berguna. Kencur memiliki manfaat salah satunya untuk mengatasi berbagai penyakit dan juga masalah pada pencernaan. Cara penggunaan kencur untuk masalah pencernaan ini bisa dengan mengunyah 1 rimpang kencur yang sudah ditumbuk lebih dulu. Kemudian meminum sari dari kencur tersebut dan membuang ampasnya.

2. Melawan penyakit toksokariasis

Penyakit toksokariasis merupakan penyakit yang muncul karena adanya cacing tokso pada perut. Cacing tokso ini termasuk dalam golongan cacing parasit sehingga sudah pasti sangat bahaya pada kesehatan. Terutama untuk penderita lanjut usia. Penyakit toksokariasis ini biasanya memberikan tanda-tanda yang cukup signifikan pada penurunan kesehatan penderitannya.

Di dalam kencur terdapat kandungan zat methanol. Zat methanol ini merupakan salah satu zat yang mendominasi di dalam kencur dan memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Salah satu manfaatnya ialah dengan membunuh cacing parasit tokso yang menjadi penyebab toksokariasis. Untuk pengobatan penyakit toksokariasis ini, kencur diparut kemudian direbus bersama dengan garam. Airnya diminum secara teratur sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

3. Menghindari penyakit saraf pusat

Kencur memiliki banyak sekali manfaat sebagai melawan penyakit yang sering menyerang di usia lanjut. Salah satunya penyakit saraf pusat. Penyakit saraf pusat ini menjadi awal dari pikun, hingga stroke dan juga hilangnya kesadaran pada saat sudah lanjut usia. Mengonsumsi kencur dengan teratur bisa menghilangkan virus dan juga bakteri yang menjadi penyebab dari penyakit saraf pusat ini.
Konsumsi kencur secara teratur ini bisa dalam bentuk air rebusan sari kencur hingga mengunyah rimpang kencur sebanyak 1 hingga 2 kali sehari. Setelah dikunyah, sari dari kencur langsung diminum sedangkan ampasnya dibuang.

4. Membuang racun dalam tubuh

Salah satu penyakit lain yang juga penting diperhatikan pada saat usia lanjut adalah hepatitis. Hepatitis atau penyakit kuning ini karena hati mengalami kegagalan dalam fungsi kerjanya. Hingga akhirnya terjadi penyakit kuning atau hepatitis tersebut. Salah satu penyebab dari gagal hati yang menyebabkan hepatitis ini karena kerja hati terlalu berat dalam menyaring racun. Pada saat usia lanjut, kerja tubuh memang sangat harus diperhatikan.

Nah, kencur akan meringankan kerja hati dengan cara membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh. Sehingga kerja hati pun lebih ringan dan menghindari terjadinya gagal hati dan penyakit hepatitis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here