Macam-Macam Bahan Alami Untuk Obat Pikun dan Tulang Keropos

0
600
pikun

Pikun dan tulang keropos adalah penyakit yang paling sering dialami orang usia lanjut. Kondisi ini memang sulit untuk dicegah seiring bertambahnya usia, namun Anda bisa mengurangi gejalanya dengan konsumsi obat-obatan alami.

Berbagai bahan dari alam telah banyak dikenal memberi manfaat bagi manusia. Tidak terkecuali juga untuk dijadikan media pengobatan menyembuhkan berbagai penyakit. Karena itu, tidak ada salahnya memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di alam untuk digunakan sebagai obat alami penyakit pikun dan tulang keropos.

Macam-Macam Bahan Alami Untuk Pikun

Kondisi seseorang yang mudah lupa atau sulit mengingat sesuatu biasa disebut pikun. Pikun sendiri biasanya muncul saat seseorang bertambah tua meski tidak jarang juga pada usia muda. Nah jika Anda mengalami kondisi ini juga, berikut beberapa macam bahan yang bisa dijadikan obat alami:

1. Kunyit
Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu jenis rempah-rempah ini. Kunyit atau kunir sejak dulu memang telah dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah menjaga kesehatan otak yang akan membantu mengatasi pikun.

Khasiat kunyit ini dikarenakan senyawa kurkumin kunyit bersifat antiradang dan antioksidan. Kandungan senyawa dalam kunyit akan menghambat kematian sel-sel saraf otak serta menghancurkan plak beta-amyloid pada penderita alzheimer. Ada banyak cara untuk mendapat manfaat dari kunyit, seperti dengan mengolahnya menjadi minuman atau jamu.

2. Pegagan
Tanaman pegagan banyak ditemukan di tepi jalan, perkebunan dan di pematang sawah. Pegagan memang tanaman merambat yang tumbuh liar dan hidup di iklim tropis seperti Indonesia. Maka dari itu wajar jika orang tua dulu sudah sering mengonsumsinya. Apalagi pegagan juga dikenal sebagai nutrisi otak yang menguatkan daya ingat dan mengobati pikun.

3. Ginkgo Biloba
Ginkgo biloba sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gejala pikun, jadi Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Apalagi biasanya bahan alami berupa ginkgo biloba ini sudah diproses dalam bentuk supleman yang mudah untuk dikonsumsi. Namun tetap pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

4. Sage
Berdasarkan penelitian, daun sage mampu meningkatkan daya ingat pada orang dewasa yang sehat. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari daun sage yang masih segar, Anda bisa menyacahnya kasar untuk ditambahkan dalam masakan atau dengan merebusnya untuk kemudian dinikmati sebagai teh herbal.
Anda tak perlu khawatir jika tidak ingin repot, sebab kini daun sage telah banyak digunakan dalam pembuatan suplemen yang tersedia di pasaran. Hanya saja sebelum menggunakan suplemen sage, sebaiknya konsultasikan dengan dokter lebih dulu. Sebab takaran dosisnya yang tidak tepat justru bisa menimbulkan efek berbahaya bagi penderita hipertensi.

5. Ginseng
Sama seperti kunyit, ginseng juga memiliki antioksidan yang akan mencegah peradangan. Bahkan tidak hanya itu, ginseng juga memiliki sifat antistres yang membantu meningkatkan suasana hati. Menurut studi yang dilakukan oleh Department of Neurology di Clinical Research Institute di Korea Selatan, ginseng mampu merangsang perkembangan sel-sel otak serta meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif otak.

Macam-Macam Bahan Alami Untuk Tulang Keropos

Tulang keropos atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis adalah keadaan kepadatan tulang yang mengalami pengikisan. Hal ini mengakibatkan kekuatan tulang menurun sehingga rapuh dan mudah patah. Untuk mengatasinya, berikut bahan-bahan alami yang baik digunakan untuk menjaga kesehatan tulang:

1. Daun Jelatang
Bahan alami yang satu ini merupakan sumber kalsium dan magnesium yang baik. Lebih dari itu, daun jelatang juga mengandung silika dan mineral lain yang penting untuk mengembalikan kepadatan tulang. Kandungan vitamin C dan D daun jelatang juga akan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

2. Red Clover
Red clover atau semanggi merah kaya akan kandungan mineral dan fitoestrogen. Yang keduanya ini berguna untuk menjaga kesehatan tulang terutama untuk tulang wanita. Sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita yang menggunakan isoflavon semanggi merah atau red clover ini memiliki tulang yang lebih kuat sehingga tidak mudah mengalami pengeroposan.

3. Alfalfa
Alfalfa kerap dijadikan makanan untuk hewan ternak seperti sapi, kuda, kambing dan juga domba. Namun disamping itu, daun dari tanaman ini dipercaya bisa dijadikan obat untuk tulang keropos. Hal ini karena daun alfalfa mengandung mineral yang baik untuk tulang, seperti kalsium, magnesium, zink, boron dan silika. Daun alfalfa juga diperkaya fitoestrogen serta vitamin D dan K.

4. Ekor Kuda
Bahan yang bisa dijadikan obat alami untuk tulang keropos selanjutnya adalah tanaman ekor kuda. Kandungan mineral dan silika yang tinggi pada bahan ini akan memperkuat rambut, kuku, dan tulang sehingga mencegah pengeroposan. Namun karena kadar nikotin yang sangat tinggi, mengonsumsi ekor kuda sangat tidak dianjurkan untuk anak-anak dan wanita hamil.

5. Jahe
Khasiat jahe memang tidak perlu diragukan lagi, berbagai penyakit seperti flu, demam dan masuk angin bisa diatasi dengan rempah yang satu ini. Namun tidak hanya itu, jahe juga bisa membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Yang berarti juga mencegah dan mengatasi masalah tulang keropos.

6. Teh Hijau
Salah satu jenis teh ini merupakan sumber antioksidan terbaik yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Kandungan dalam teh hijau terutama catechin yang menjadi salah satu jenis antioksidan bermanfaat untuk menyembuhkan tulang keropos. Rutin minum teh hijau dipercaya akan memberi manfaat untuk meningkatkan massa tulang sehingga tulang lebih kuat.

Bahan-bahan yang berasal dari alam memang telah sejak lama dipercaya aman dan ampuh untuk dijadikan obat. Namun perlu diingat, selalu konsultasikan dengan dokter lebih dulu sebelum menggunakan obat alami. Karena beberapa bahan yang digunakan kemungkinan akan bereaksi pada obat atau kondisi tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here