Khasiat & Manfaat Jahe untuk Kesehatan Lansia

0
85
manfaat jahe

Jahe merupakan salah satu bahan makanan yang sudah sama sekali tak asing lagi. Jahe bukan hanya banyak digunakan untuk berbagai jenis makanan dan minuman saja. Namun juga untuk berbagai pengobatan tradisional. Jahe merupakan salah satu temuan-temuan yang digunakan dalam skala luas. Bila beberapa temu-temuan lain biasanya hanya digunakan untuk pengobatan tradisional atau pun untuk berbagai jenis masakan saja. Maka jahe bisa digunakan untuk keduanya. Tak perlu banyak penelitian untuk membuktikan bahwa jahe memang memiliki banyak sekali manfaat.

Seringnya, jahe digunakan untuk bahan makanan yang memerlukan rasa yang kuat dan juga aroma yang khas. Selain itu beberapa jenis minuman yang memberi sensasi menghangatkan juga sering menggunakan jahe.

Sebagai pengobatan tradisional sendiri, terutama untuk lanjut usia, penting diketahui lebih dulu mengenai jenis-jenis berbeda dari jahe. Saat ini ada beberapa jenis jahe yang paling sering digunakan untuk bahan pengobatan tradisional. Seperti jahe merah yang sudah dikenal memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat, jahe putih, serta jahe gajah yang lebih dikenal luas. Selain itu juga ada jahe kuning yang merupakan jenis jahe paling banyak digunakan untuk masakan berkat rasa dan aromanya yang pedas serta tajam. Di antara semua jenis jahe tersebut, ada beberapa hal yang menjadi kesamaan. Salah satunya kandungan serta manfaatnya.

 

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat jahe untuk kesehatan lansia yang wajib diketahui.

1. Membantu menyembuhkan sakit kepala dan vertigo

Pada lansia, sakit kepala dan juga vertigo merupakan dua penyakit yang cukup sering di alami. Kedua penyakit ini seringnya diakibatkan karena aliran darah menuju otak yang tidak sempurna. Sehingga akhirnya menyebabkan sakit kepala. Untuk jangka waktu yang lama, penyakit sakit kelapa dan vertigo ini tentu saja akan menjadi masalah yang lebih rumit dan wajib lagi diperhatikan.

stroke

Namun untuk membantu menyembuhkan sakit kepala dan juga vertigo dalam waktu yang cepat, bisa dengan menggunakan jahe. Jahe akan memberikan rasa hangat yang membantu melancarkan peredaran darah. Salah satunya peredaran darah menuju otak sehingga vertigo dan sakit kepala pun akan mereda.

2. Mencegah dan menyembuhkan radang sendi

Peradangan pada sendi atau Osteoarthritis juga merupakan penyakit yang sering kali dialami oleh lansia. Ada banyak sekali alasan mengapa penyakit radang sendi ini terjadi. Salah satunya karena keseimbangan bahan kimia di persendian yang terganggu seiring dengan usia yang lanjut. Selain itu juga karena tekanan beban berat dari tubuh. Radang sendi atau Osteoarthritis ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada persendian serta sulitnya bergerak.

Jahe memiliki kandungan asam salisilat yang akan sangat membantu dalam proses penyembuhan dan juga pencegahan dari radang sendi atau Osteoarthritis ini. Cara konsumsi jahe untuk pengobatan radang sendi ini pun tak sulit. Cukup dengan mengonsumsi air rebusan jahe secara teratur.

3. Mencegah stroke

Bila berbicara mengenai penyakit yang paling sering melanda para lansia, stroke tentu saja jawabannya. Stroke merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar. Biasanya disebabkan oleh hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga karena diabetes. Bisa juga stroke terjadi karena beberapa penyakit lain seperti gangguan pada otak, dan lain-lain.

Rasa hangat yang dihadirkan oleh jahe akan membantu melancarkan peredaran darah. Sehingga penyakit stroke pun akan bisa dicegah. Aliran darah yang lebih lancar akan membuat fungsi vital pada tubuh berlangsung dan bekerja secara maksimal meskipun usia sudah lanjut.

4. Mencegah terjadi serangan jantung

Penyakit jantung juga menjadi penyakit berikutnya yang wajib diwaspadai oleh lansia. Penyakit jantung bisa disebabkan karena banyak hal. Mulai dari adanya sel pada jantung yang tidak bekerja maksimal hingga karena jaringan jantung yang menjadi rusak karena usia. Selain itu juga bisa karena ruangan jantung membesar sehingga pertukaran darah berlangsung tidak maksimal.

Bila hal ini terjadi maka akan rawan sekali terkena penyakit seperti serangan jantung. Jahe, terutama jahe merah dan putih akan membantu untuk mencegah serangan jantung terjadi. Salah satunya dengan membantu proses pertukaran dan juga aliran darah di dalam tubuh. Aliran darah yang lancar ini akan membuat organ vital lebih sehat.

5. Mengatasi masalah pada pernafasan

Pada saat usia lanjut, masalah pada organ vital pada tubuh memang jadi satu hal yang sudah tak asing lagi. Salah satunya masalah pernafasan. Masalah pernafasan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun yang paling sering terjadi karena adanya lendir yang menyumbat pada pernafasan atau pun pada paru-paru.

Jahe memiliki kandungan yang akan membantu untuk meledakan pernafasan ini. Caranya dengan mencairkan lendir yang menyumbat pada pernafasan sehingga menghindari gangguan dan juga penyakit yang sering terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here