Ketahui Manfaat Vitamin B1 Untuk Kesehatan Tubuh Lansia

0
168
lansia

Vitamin B1 menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Fungsinya untuk menghasilkan energi dan juga menjaga kesehatan sistem syaraf pusat. Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan badan mudah lelah dan capek. Bagi lansia, sangat dianjurkan untuk konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tersebut agar kondisinya tetap fit dan bugar.

Sumber utama Vitamin B1 berasal sereal, olahan daging sapi, telur, dan kacang-kacangan. Jika asupannya tidak tercukupi, bisa menimbulkan risiko penyakit beri-beri, gagal jantung, katarak, dan Demensia. Kekurangan Vitamin B1 sering dialami oleh pecandu alkohol. Karena itulah, jika Anda ingin terhindai dari penyakit yang berbahaya, sebaiknya hentikan kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

Katarak menjadi salah satu masalah kesehatan mata yang sering diderita lansia. Gejalanya diawali dengan menurunnya penglihatan, pandangan menjadi kabur, dan sulit melihat benda dalam kondisi cahaya redup. Penyakit ini dapat terjadi akibat kekurangan B1. Saat perawatan, dokter akan menganjurkan untuk konsumsi suplemen yang mengandung Vitamin B1 agar kondisinya semakin membaik.

Selain katarak, jenis penyakit lain yang menyerang kaum lanjut usia adalah Demensia. Penurunan fungsi syaraf pusat ini disebabkan oleh berkurangnya nutrisi untuk otak. Salah satu gejala Demensia adalah pikun dan sering linglung. Beberapa kasus, penanganannya cukup sulit dilakukan karena berkaitan dengan kondisi mental. Meski bisa dicegah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B1.

Namun jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan kerusakan pada otak yang akibatnya cukup fatal.

Bagi Anda yang sudah berusia lanjut, sangat penting untuk menjaga pola makan agar nutrisi dalam tubuh terpenuhi. Vitamin B1 menjadi salah satu bagian dari vitamin B kompleks yang memiliki banyak manfaat. Selain bisa diperoleh secara langsung dari sumbernya seperti daging dan telur, bisa juga dengan konsumsi suplemen. Namun sebaiknya lansia tidak mengkonsumsi suplemen vitamin B1 kecuali jika diijinkan oleh dokter.

Jika ingin tahu mengenai pentingnya vitamin B1 bagi tubuh, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  1. Membantu produksi sel darah merah
    Vitamin B1 sangat berkhasiat membantu produksi sel darah merah. Jika asupan nutirisi ini tidak terpenuhi, akibatnya jumlah sel darah merah akan berkurang. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko terkena anemia.
  2. Menghasilkan energi
    Karbohidrat akan dirubah menjadi glukosa oleh Vitamin B1. Glukosa inilah yang menjadi sumber energi bagi tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Jika kekurangan nutrisi ini, bisa menyebabkan badan cepat lemah dan letih. Asupannya bisa didapatkan dari sumber utamanya seperti daging dan telur atau bisa juga dengan konsumsi suplemen sesuai dengan resep dokter.
  3. Menjaga kesehatan mata
    lansia

    Dengan konsumsi Vitamin B1, maka kesehatan mata bisa terpelihara dengan baik. Bagi lansia, asupan omega-3 dan omega-6 akan terpenuhi sehingga fungsi penglihatan tidak mengalami penurunan. Selain itu katarak juga bisa dicegah dengan rajin mengkonsumsi Vitamin B1 setiap hari.
  4. Meningkatkan fungsi otak
    Salah satu efek yang cukup berbahaya jika sampai kekurangan vitamin B1 adalah menurunnya fungsi otak yang merupakan gejala awal demensia. Karena itulah Lansia sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi Vitamin B1 agar kondisi ingatannya tetap terjaga. Dokter biasanya akan meresepkan vitamin B kompleks agar terhindar dari gejala pikun dan linglung.
  5. Membantu pencernaan
    Jika pencernaan mengalami gangguan, bisa jadi itu menjadi gejala kekurangan Vitamin B1. Masalah ini sering dialami oleh lansia yang pola makannya tidak teratur. Akibatnya tidak hanya berdampak pada menurunnya imun, tetapi juga kondisi tubuh yang semakin lemah. Karena itu, sebaiknya atur pola makan yang sehat agar kebutuhan Vitamin B1 bagi tubuh terpenuhi.
  6. Membantu fungsi jantung
    Vitamin B1 dapat membantu kerja jantung untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu maka peredaran darah menjadi lancar. Selain itu, Vitamin B1 juga bisa mencegah risiko terkena gagal jantung yang sering dialami oleh lansia. Untuk menghindari penyakit tersebut, cara termudahnya adalah menjaga kondisi fisik dengan rajin berolahraga dan konsumsi makanan sehat. Lakukan pengecekan kesehatan secara teratur, supaya jika mengalami kekurangan Vitamin B1 bisa segera dideteksi.
  7. Meningkatkan selera makan
    Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh kaum berusia lanjut adalah menurunnya nafsu makan. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena nutrisi untuk tubuh tidak tercukupi. Untuk menanggulangi masalah tersebut adalah dengan konsumsi suplemen vitamin B1 agar selera makan tetap terjaga. Namun penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter supaya tidak membahayakan kondisi ginjal.

Sumber utama Vitamin B1 sangat gampang ditemukan pada olahan telur dan daging. Jangan sampai tubuh kekurangan nutrisi ini karena bisa memicu risiko Demensia serta Anemia. Untuk lansia yang sudah berumur 60 tahun keatas, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin B1 agar kondisi tubuh tetap bugar dan tidak gampang capek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here