Ketahui Jenis dan Tips Menghindari Nyeri

Rasa nyeri dapat dirasakan oleh siapa saja dan dalam kondisi apapun

0
342
Nyeri

Nyeri menjadi reaksi normal yang dirasakan jika ada masalah pada bagian tubuh tertentu. Reaksi ini berfungsi untuk melindungi bagian tubuh tersebut dari kerusakan yang bersifat fisik. Rasa nyeri dapat dirasakan oleh siapa saja dan dalam kondisi apapun. Penangannya pun cukup mudah bergantung dengan penyebabnya.

Kebanyakan rasa nyeri akan menghilang dengan sendirinya jika kerusakan yang terjadi pada bagian tubuh tersebut sudah pulih. Nyeri bisa ditimbulkan karena cidera saat menjalani aktivitas fisik seperti olahraga atau bahkan karena faktor umur. Penyakit asam urat biasa menyerang penderita yang berusia lebih dari 50 tahun dan salah satu gejalanya adalah nyeri pada persendian. Untuk mencegah masalah tersebut adalah dengan menjaga pola makan yang sehat.

Jenis-jenis Nyeri yang Perlu Anda Ketahui

Nyeri bukanlah sebuah penyakit jika hanya berlangsung selama beberapa waktu saja dan hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak sembuh dalam beberapa minggu sebaiknya periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Berdasarkan proses terjadinya, rasa nyeri dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Nyeri Akut

    Rasa nyeri yang ditimbulkan bisa terjadi secara mendadak dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat. Contoh dari nyeri akut adalah ketika Anda mengalami luka baik karena terkena benda tumpul dan juga terbakar.

  2. Nyeri Kronis

    Berbeda dengan nyeri akut yang hanya berlangsung beberapa saat saja, nyeri kronis berlangsung lama bahkan hingga berbulan-bulan. Proses penyembuhannya memerlukan perawatan yang intensif dan juga pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya. Rasa nyeri yang ditimbulkan bisa menjadi gejala penyakit berbahaya yang harus segera disembuhkan.

Contoh Rasa Nyeri yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Semua orang pasti pernah merasakan rasa nyeri di beberapa bagian tubuh. Solusi yang sering dilakukan untuk meredakan rasa sakit tersebut adalah dengan menggunakan obat luar. Jika sifatnya akut, maka penyembuhannya dapat berjalan cepat. Namun jika tidak kunjung reda dan bahkan bertambah parah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Ada beberapa jenis nyeri yang menyerang beberapa organ tubuh. Untuk mengatasinya cukup mudah, karena Anda bisa menggunakan bahan yang ada disekitar tanpa obat. Beberapa obat pereda nyeri banyak mengandung zat yang cukup berbahaya bagi ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Lain halnya jika Anda menggunakan solusi dibawah ini, selain rasa nyeri cepat reda juga tidak memberikan efek samping berbahaya.

Kram pada kaki

Pengalaman tak mengenakkan ini sering dialami ketika Anda melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Jika kram pada kaki menyerang, tak perlu repot membeli obat, karena dengan mengkonsumsi jus tomat setiap hari akan membuat rasa sakit tersebut hilang. Kalium yang ada pada tomat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri karena kram.

Radang Sendi

Rasa nyeri yang disebabkan oleh penumpukan asam urat pada sendi ini bisa segera diatasi dengan meminum teh jahe. Dengan mengkonsumsi minuman tersebut, bisa membuat otot yang kaku kembali rileks sehingga nyeri dapat segera diredakan.

Nyeri otot dan peradangan

Jika Anda mengalami masalah nyeri pada otot dan terasa sakit saat digerakkan bahkan ditambah dengan peradangan, tidak usah panik karena dapat menggunakan kunyit sebagai obat. Caranya dengan menumbuk kunyit lalu ditambahkan susu dan oleskan pada bagian tubuh yng terasa nyeri. Ramuan tersebut bersifat antiinflamasi dan bisa meredakan nyeri dengan cepat.

Sakit Gigi

Nyeri bisa menyerang seluruh anggota badan tak terkecuali gigi. Rasa sakit yang ditimbulkan ini dapat segera diredakan dengan mengoleskan minyak cengkeh pada bagian gigi yang terasa sakit. Kandungan Eugenol yang terdapat pada minyak tersebut mampu mengusir rasa sakit dengan cepat dan ampuh.

Infeksi Saluran Kemih

Apabila Anda merasa nyeri saat akan buang air kecil, ini menandakan terdapat infeksi pada saluran kemih. Untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi Blueberry. Kandungan tanin pada buah tersebut mampu membunuh bakteri penyebab infeksi saluran kemih sehingga nyeri bisa segera diredakan.

Tips Menghindari Nyeri yang Patut Dicoba

Penyebab nyeri sangat beragam jenisnya, ada yang karena kondisi fisik atau bahkan terkena luka. Ada beberapa jenis nyeri yang datang secara tiba-tiba tanpa Anda sadari. Meski cepat reda, namun dapat membuat aktivitas terganggu karena menimbulkan rasa sakit saat bergerak. Untuk menghindari rasa nyeri, ada beberapa tips yang bisa Anda coba diantaranya adalah:

  1. Perbanyak konsumsi ikan dan berjemur di pagi hari untuk mendapatkan asupan vitamin D
  2. Menghirup aroma apel hijau untuk memberikan ketenangan pada bagian otot
  3. Melakukan meditasi supaya otot menjadi lebih rileks
  4. Melakukan relaksasi dengan menarik nafas secara dalam-dalam

Setelah mengetahui jenis, penyebab, dan juga cara mengatasinya, kini Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah tersebut karena dapat diredakan dengan cepat tanpa obat. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D serta bergerak aktif menjadi salah satu cara untuk mencegah nyeri.

Jika rasa sakit yang dirasakan tidak sembuh selama beberapa minggu, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here