Kenali Gejala Penyakit Liver dan Cara Penyembuhannya

0
949
penyakit liver

Hati atau yang sering disebut dengan liver menjadi salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi vital. Jika terjadi kerusakan, maka proses penyaringan darah tidak akan berjalan lancar dan ini akan mengganggu kerja organ tubuh lainnya. Penyakit liver disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah konsumsi alkohol berlebih. Bila muncul gejala gangguan pada hati seperti perubahan warna mata menjadi kuning, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Penyebab Penyakit Liver

Penyakit liver bisa disebabkan oleh beberapa hal baik dari faktor makanan maupun keturunan. Hati menjadi organ yang bekerja paling keras dalam tubuh, salah satu fungsinya adalah membuang racun. Jika terjadi gagal hati, maka kondisi tubuh akan menurun dan efek terburuknya dapat menyebabkan kematian. Untuk lebih mengenal apa itu penyakit liver, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada hati :

  1. Penumpukan lemak pada bagian hati yang menyebabkan terhambatnya regenerasi sel pada organ tersebut.
  2. Konsumsi alkohol selama bertahun-tahun sehingga membuat sel-sel dalam hati akan mati dan berhenti berfungsi
  3. Konsumsi obat, suplemen, dan makanan yang mengandung racun hepatitis, yaitu senyawa kimia yang menyebabkan kerusakan pada jaringan hati. Beberapa jenis obat yang mengandung senyawa tersebut adalah Paracetamol, Amoxcillin, Phenytoin, Diclofenac, dan sebagainya.
  4. Serangan virus dan parasit yang menimbulkan peradangan pada hati. Infeksi pada liver secara umum disebabkan oleh virus hepatitis baik hepatitis A, B, dan C.
  5. Penumpukan Bilirubin dalam darah yang diakibatkan karena terganggunya saluran empedu.
  6. Faktor genetika yang diturunkan oleh orang tua yang memiliki riwayat penyakit liver.

Faktor Pemicu Risiko Penyakit Liver

Kerusakan hati bisa dipicu oleh beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut, diantaranya adalah diabetes, obesitas, paparan zat kimia dan racun tertentu, konsumsi alkohol berlebih, tato dan tindik, dan penggunaan jarum suntik secara bersama. Untuk menghindari gangguan pada fungsi liver, sebaiknya konsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga secara teratur. Ingat, penyakit ini dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan, jadi jaga kadar gula darah dan hindari kebiasaan buruk yang bisa memicu gangguan pada liver.

Gejala Penyakit Liver

Gejala gangguan pada hati bisa dengan mudah diketahui dari tanda-tanda fisik yang muncul. Jenisnya sangat beragam bergantung pada kondisi pasien dan juga faktor penyebab. Adapun gejala yang muncul pada penderita penyakit liver adalah:

  1. Kulit mata berubah menguning
  2. Perut membesar disertai dengan rasa nyeri
  3. Nafsu makan berkurang
  4. Mudah lelah dan capek
  5. Warna urine berubah menjadi gelap seperti teh
  6. Warna feses berubah menjadi pucat
  7. Terjadi pembengkakan pada tungkai dan kaki
  8. Gatal-gatal pada kulit

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan diatas, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Penyakit ini ditandai dengan kekebalan tubuh yang turun akibat asupan gizi yang tidak seimbang. Jika tidak segera ditangani, maka kerusakan yang terjadi akan semakin buruk dan dampaknya bisa membuat hati berhenti bekerja.

Untuk mendeteksi kelainan pada hati, ada beberapa tes yang harus dilewati dengan tujuan untuk mengetahui penyebabnya dan juga seberapa parah peradangan yang terjadi. Secara umum ada beberapa prosedur yang harus dijalani, mulai dari tes darah, USG, CT Scan, MRI, Biopsi Hati, hingga Tes Genetik. Jika sudah diketahui apa penyebabnya, baru bisa dilakukan langkah pengobatan yang tepat.

Penyembuhan Penyakit Liver

Penyakit ini disembuhkan dengan menghentikan penyebabnya supaya peradangan bisa segera diatasi. Beberapa gangguan hati dapat disembuhkan dengan menerapkan pola hidup sehat, menghentikan kebiasaan buruk pemicu penyakit liver, serta berhenti mengkonsumsi alkohol. Jika inflamasi bisa dicegah, maka penyakit tersebut dapat segera ditangani tanpa perlu melakukan operasi.

Lain halnya jika peradangan yang terjadi sudah sangat parah, maka penyembuhannya adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan. Bila tidak dapat tertangani, jalan satu-satunya yaitu menjalani operasi transplantasi hati. Karena itu sebelum kerusakan jaringan hati semakin parah, sebaiknya segera lakukan penanganan agar peradangan bisa dihentikan. Dan bagi Anda yang masih sehat namun memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit liver, sebaiknya waspada dan tetap jaga kondisi tubuh agar tidak mudah terkena serangan virus penyebab kerusakan hati.

Cara Mencegah Penyakit Liver

Konsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit Liver. Pemakaian suplemen juga tidak dianjurkan karena pada produk tersebut terdapat senyawa kimia yang dapat merusak sel-sel pada hati. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan supaya kondisi hati tetap terjaga dan berfungsi normal, diantaranya:

  1. Hindari mengkonsumsi alkohol
  2. Jaga kondisi badan agar berat tubuh tetap ideal
  3. Mengikuti program vaksinasi hepatitis
  4. Tidak menggunakan jarum suntik secara bersama-sama
  5. Konsultasikan dengan dokter jika ingin mengkonsumsi suplemen dan obat-obatan lainnya

Karena pentingnya peran dari organ ini, maka kondisinya harus tetap dijaga supaya bekerja dengan maksimal. Apabila hati mengalami kerusakan, maka racun yang ada didalam tubuh tidak bisa dikeluarkan. Jika Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan diatas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut supaya kerusakan tidak bertambah parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here