Kenali 8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Lansia

0
815
obat alami kunyit

Kunyit menjadi salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk penyedap masakan saja, tapi juga bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar setiap saat. Sebab itulah banyak yang mengkonsumsi ekstrak kunyit sebagai minuman yang menyehatkan. Bahan herbal ini cocok dikonsumsi oleh semua usia mulai dari anak-anak hingga lansia. Selain sangat lezat, manfaat yang diberikan cukup banyak bahkan dapat mencegah beberapa penyakit yang cukup berbahaya.

Kanker menjadi salah satu masalah kesehatan yang mudah menyerang kaum lanjut usia. Penyebabnya adalah kekebalan tubuh yang berkurang sehingga penyebaran sel kanker tidak bisa dihambat. Agar terhindar dari penyakit kanker, banyak lansia yang memanfaatkan kunyit untuk dikonsumsi sebagai obat alami. Cara pengolahannya cukup mudah dengan mencampurkannya kedalam segelas air hangat. Atau bisa juga dengan membeli ekstraknya yang biasa dijual dalam kemasan siap minum.

Dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen atau obat kimia, konsumsi kunyit jauh lebih aman dan tidak memberikan efek samping sama sekali. Bahannya juga mudah ditemukan baik dengan menanamnya sendiri di pekarangan atau membelinya di pasaran. Kunyit ini juga banyak dijadikan campuran obat dan jamu karena manfaatnya yang cukup banyak. Lansia yang rajin mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari kunyit, kondisi badannya lebih sehat dan terhindar dari serangan berbagai penyakit.

8 Manfaat Obat Alami Kunyit untuk Lansia

Mencegah Alzheimer

Gejala kepikunan yang sering dialami lansia bisa diperlambat dengan mengkonsumsi kunyit. Seiring dengan pertambahan usia, kapasitas otak menjadi berkurang. Dengan mengkonsumsi bahan alami tersebut, maka kesehatan otak menjadi lebih baik sehingga fungsi ingatan tidak menurun. Selain dikonsumsi dalam bentuk minuman, juga bisa mengolahnya menjadi bumbu masak seperti untuk membuat kari atau menu lainnya.

Menurunkan tekanan darah

Lansia sangat rentan terkena penyakit jantung dan hipertensi yang disebabkan tekanan darah yang meningkat. Untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, salah satu caranya adalah meminum ramuan yang terbuat dari kunyit. Ekstrak kunyit kini banyak dijual di pasaran dalam kemasan yang siap pakai. Tinggal campurkan saja dengan segelas air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya konsumsi secara teratur setiap harinya.

Anti kanker

Kunyit juga bisa digunakan untuk obat kanker ataupun mencegahnya. Kandungan antimikroba yang ada didalamnya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker agar tidak merambat ke organ lainnya. Selain itu, juga dapat mempercepat proses penyembuhan bagi lansia yang menderita kanker karena kekebalan tubuhnya menjadi semakin meningkat. Bahan herbal ini sangat aman dikonsumsi setiap hari dan tidak menyebabkan efek samping sama sekali.

Membantu menjaga berat badan

Tidak bisa dipungkiri bahwa obesitas menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi lansia. Penerapan pola makan yang tidak sehat menyebabkan berat badan menjadi tidak terkontrol sehingga risiko obesitas tidak bisa dihindari. Untuk mencegahnya, selain mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya serat juga bisa meminum ramuan herbal yang terbuat dari kunyit. Obat alami ini mampu mengendalikan bobot tubuh agar tidak berlebih dengan memperlancar metabolisme lemak. Setelah berat badan kembali normal, sebaiknya jaga asupan makanan dengan menjauhi makanan berlemak dan rajin berolahraga setiap harinya.

Membantu mengobati diare

Kondisi imun yang terus menurun menyebabkan lansia gampang terkena penyakit salah satunya diare. Untuk meredakan masalah kesehatan ini salah satu caranya adalah mengkonsumsi kunyit. Olah bahan alami tersebut menjadi minuman yang segar dan nikmat. Konsumsi setiap hari sampai diare mereda.

Meredakan radang persendian

Tumpukan asam urat bisa terjadi karena kurang berolahraga serta pertambahan usia. Lansia yang mengalami nyeri pada persendian, bisa diatasi dengan mengkonsumsi kunyit. Senyawa yang terkandung pada bahan herbal tersebut bersifat sebagai antiinflamasi sehingga peradangan dapat segera diredakan tanpa perlu mengkonsumsi obat.

Mencegah depresi

Selain rawan terkena masalah kesehatan, lansia juga sering mengalami gangguan mental karena kondisi emosinya yang kurang stabil. Salah satu gejala yang sering muncul adalah depresi. Kelainan jiwa tersebut dapat terjadi karena adanya gangguan pada syaraf pusat. Dengan konsumsi kunyit secara teratur bisa membuat kondisi pikiran menjadi rileks sehingga gangguan jiwa bisa dicegah dan diobati.

Mempercepat penyembuhan luka

kunyit menyembuhkan luka

Konsumsi kunyit ternyata juga mampu mempercepat penyembuhan luka dan merangsang pertumbuhan kulit baru. Tidak hanya luka saja, lebam pada kulit pun bisa cepat diredakan jika lansia mengkonsumsi ramuan kunyit secara teratur

Untuk meningkatkan kondisi kesehatan lansia, caranya sangat mudah dengan memanfaatkan tanaman herbal yang ada di pekarangan rumah salah satunya kunyit. Manfaatnya sangat beragam mulai dari mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, mencegah kepikunan, hingga membantu menjaga berat badan. Konsumsi kunyit sangat aman dilakukan setiap hari dan tidak menimbulkan efek samping.

Pengolahannya bisa dengan mencampur ekstraknya ke dalam segelas air hangat atau menggunakannya sebagai bumbu dapur untuk membuat makanan yang lezat dan bergizi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here