Jika Lansia Sulit Makan, ini Tips yang Perlu Anda Lakukan

0
64
lansia

Lansia merupakan usia yang sama rentan dan pentingnya. Banyak yang mengatakan bahwa pada usia ini, akan ada banyak sekali masalah yang menerpa. Terutama masalah kesehatan. Masalah kesehatan pada lansia ini pun hadir dalam beragam bentuk berbeda. Mulai dari berbagai masalah kesehatan karena penyakit yang termasuk dalam aging disease dan penurunan fungsi organ vital pada tubuh. Hingga masalah kesehatan yang disebabkan karena kehilangan nafsu makan.

Ya, para lansia ini juga sering sekali dikeluhkan mengalami susah atau tidak mau makan. Hal ini bisa dikatakan wajar, meskipun tentu saja bila berkelanjutan akan membahayakan kondisi kesehatan. Tak lain karena lansia akan terancam kekurangan nutrisi penting yang ada pada makanan.

Ada beragam alasan mengapa lansia tak mau makan. Mulai dari menurunnya selera makan, hingga karena ada gangguan dan masalah pada pencernaan maupun indra pengecap. Untuk itu sebelum mencari tips bagaimana agar lansia mau makan kembali. Lebih baik diketahui lebih dulu apa penyebab lansia tak ingin makan ini. Setelah mengetahui penyebabnya, maka akan menjadi lebih mudah pula untuk mencari cara agar lansia kembali mau makan.

Setelah mengenali dan mengetahui apa saja yang membuat lansia tidak ingin makan ini, maka mencari cara untuk membuat mereka kembali makan akan lebih mudah. Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat lansia kembali makan.

1. Ganti menu

Pada beberapa lansia dengan keadaan tertentu, akan ada jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan juga dihindari. Seringnya hal ini menjadikan mereka terus memakan menu yang sama. Misalnya saja pada beberapa penyakit, lansia akan dianjurkan untuk menghindari konsumsi nasi dan juga jenis daging-dagingan. Sebaliknya mereka harus banyak makan berbagai jenis sayur dan juga buah. Hal ini tentunya membatasi apa yang bisa mereka konsumsi sehari-hari hingga menimbulkan kebosanan. Pada akhirnya lansia akan tidak mau atau enggan makan.

Untuk mengatasi hal ini, bisa dengan mengganti menu. Tentunya tetap dengan menjaga menu makanan sehat sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter. Cara mengakalinya bisa dengan mengganti konsumsi dengan resep dan cara mengolah lainnya.

2. Mengganti suasana makan

Selain kebosanan dengan menu yang sama, lansia yang tak mau makan juga bisa karena suasana yang sama terus menerus. Hal ini wajar dan sering sekali terjadi. Bosan dengan suasana rumah, atau karena makan di kamar juga bisa menjadi alasan mengapa para lansia ini enggan makan. Untuk itu, mengganti suasana makan bisa menjadi pilihan.

Beberapa alternatif cara dalam mengganti suasana makan ini seperti mengajak makan keluar, entah itu di restoran atau hanya sekedar piknik dan makan di taman sekitar rumah. Hingga memberikan alternatif berbeda untuk tempat makan. Perubahan suasana seperti ini yang kadang diperlukan oleh lansia yang mungkin merasa jenuh dengan suasana yang sama terus menerus.

3. Pastikan gizi terpenuhi

Satu hal lain yang bisa dilakukan untuk membuat lansia kembali makan, ialah dengan memperhatikan kebutuhan gizi harian. Pastikan menu yang dikonsumsi oleh lansia bukan hanya sesuai dengan anjuran dari dokter yang sesyai keadaan kesehatan mereka. Namun juga memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi. Kurangnya pasokan gizi serta nutrisi dari makanan ini bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah sehingga nafsu makan pun hilang. Hal ini yang harusnya bisa dihindari.

Untuk memastikan gizi terpenuhi, jangan ragu untuk meminta saran dari ahli gizi atau pun dokter yang menangani lansia. Hal ini juga untuk memastikan tak ada bahan makanan yang tak seharusnya dikonsumsi oleh lansia.

4. Jaga kebersihan dan juga kesehatan mulut

Hal lain yang sering menjadi penyebab dari lansia yang tak mau makan, adalah keadaan mulut serta gigi yang kurang baik. Pada usia ini sebenarnya sudah bukan hal yang aneh bila lansia mengalami masalah pada gigi dan mulut. Terutama gigi. Biasanya akan terjadi keompongan serta gigi yang mulai rapuh. Untuk itu perhatikan pula agar makanan yang dikonsumsi oleh lansia bisa dimakan secara mudah dengan kondisi gigi mereka.
Selain itu, pastikan juga keadaan kebersihan gigi dan mulut lansia ini. Bila perlu, ajak untuk memeriksakan keadaan gigi dan mulut mereka ke dokter gigi. Selain itu juga kebersihan mulut dan gigi wajib diperhatikan pula.

5. Perhatikan obat yang dikonsumsi

Tips terakhir, pastikan obat apa yang dikonsumsi oleh lansia. Beberapa jenis obat akan membuat mereka tak nafsu makan. Mengonsumsi jenis obat ini tentu saja akan membuat mereka tak algi bernafsu makan dan bisa kekurangan nutrisi. Untuk itu, perhatikan jenis obat yang dikonsumsi serta diskusikan mengenai efek samping dari obat-obatan tersebut dengan dokter. Bila perlu, pastikan obat yang dikonsumsi tak memberikan efek samping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here