Jenis Obat Batuk Alami Untuk Orangtua

0
58
Orangtua sedang Batuk

Batuk menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa diderita oleh siapa saja. Batuk bukanlah sebuah penyakit melainkan sebagai bentuk reaksi akibat adanya debu atau lendir yang masuk kedalam saluran pernapasan. Pada umumnya batuk dapat sembuh dengan sendirinya tanpa mengkonsumsi obat. Namun bagi orang tua dan lansia, gejala tersebut sulit diredakan dan harus dibantu dengan konsumsi obat baik alami maupun kimia.

Lansia Batuk

Penyebab batuk bisa bermacam-macam seperti batuk karena alergi, gejala flu, terkena asap rokok, infeksi saluran pernapasan, dan lain sebagainya. Jenis batuk pun beraneka ragam ada yang bersifat akut, kronis, dan kronis berulang. Jika batuk dalam kondisi akut, bisa segera disembuhkan maksimal dalam tempo 14 hari. Sementara yang sifatnya kronis, sangat sulit disembuhkan bahkan bisa mencapai 3 bulan lebih. Untuk menyembuhkan batuk dengan segera, ada beberapa cara yang bisa dilakukan termasuk menggunakan ramuan tradisional. Selain aman dikonsumsi oleh siapapun, obat alami tersebut juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

7 Resep Meredakan Batuk Secara Alami Untuk Orang Tua

Bahan yang dipergunakan untuk membuat resep obat batuk alami untuk orang tua sangat mudah ditemukan. Beberapa bisa didapatkan dengan mengambil sendiri di pekarangan. Pengolahannya cukup gampang dan jelas lebih ekonomis ketimbang membeli obat kimia di apotek. Obat tersebut juga aman dikonsumsi setiap hari dan manfaatnya akan segera terasa saat beberapa kali pemakaian. Dibawah ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai 7 obat batuk alami beserta cara pembuatannya.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis sudah dipergunakan sebagai obat batuk sejak zaman dulu. Kandungan alami yang ada didalamnya berkhasiat meredakan batuk sehingga kondisi pernapasan kembali reda. Cara untuk membuat ramuan obat batuk alami ini adalah dengan mencampurkan 3 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu, dan 3 sdm air hangat kedalam wadah lalu tim. Konsumsi obat ini 2-4 sendok teh dua kali dalam sehari agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Daun andong

Ramuan yang terbuat dari daun andong ini mampu menyembuhkan batuk yang sudah dalam kondisi kronis dengan gejala batuk berdarah. Untuk membuat obat ini caranya adalah dengan merebus 5 helai daun Andong kedalam air mendidih kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu diamkan sampai kondisinya dingin. Minum ramuan tersebut kurang lebih 100 ml sehari sekali. Konsumsi terus sampai batuk kronis tersebut mereda.

  1. Jahe dan kencur

Ramuan yang terbuat dari jahe dan kencur ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan merebus jahe dan kencur kedalam segelas air lalu tunggu sampai volume airnya menjadi setengah gelas. Selanjutnya saring rebusan air tersebut kedalam gelas lalu tambahkan perasan air jeruk nipis dan madu. Untuk orang tua, minum ramuan ini sekali dalam sehari dan lakukan secara teratur sampai batuk sembuh.

  1. Belimbing wuluh

Bunga dari tanaman belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk untuk orang dewasa. Caranya adalah dengan merebus segenggam bunga belimbing wuluh dan adas kedalam secangkir air. Rebus hingga mendidih lalu saring airnya dan diamkan sampai hangat. Sajikan kedalam cangkir dengan menambahkan perasan air jeruk nipis dan madu agar rasanya lebih nikmat. Ramuan ini baik dikonsumsi setiap hari sekali dan lakukan secara teratur sampai gejala batuk mereda.

  1. Daun kemangi

Tanaman yang ada disekitar sejatinya bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah daun kemangi. Untuk membuat ramuan dari daun ini caranya sangat mudah. Ambil segenggam daun kemangi lalu cuci bersih dan rebus bersama dengan air sampai mendidih. Saring airnya dan konsumsi sekali dalam sehari. Manfaatnya akan terasa selama beberapa kali pemakaian dan obat ini tidak menyebabkan efek samping sama sekali.

  1. Daun sirih

Daun Sirih

Khasiat dari daun sirih sudah terpercaya sebagai salah satu bahan alami untuk meredakan batuk. Untuk membuat ramuannya adalah dengan merebus daun sirih kedalam air dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu saring airnya dan diamkan sampai hangat. Agar rasanya lebih nikmat, bisa tambahkan madu secukupnya. Ramuan ini bisa dikonsumsi sehari sekali.

  1. Daun asam muda

Daun asam muda berkhasiat untuk menghilangkan gatal ditenggorakan agar batuk kering segera reda. Cara membuat ramuan ini adalah dengan merebus daun asam muda, daun saga manis, dan bubuk kayu manis kedalam air hingga mendidih. Saring airnya lalu biarkan sampai hangat. Air rebusan ini dapat dikonsumsi setiap hari sekali secara teratur agar khasiatnya lebih terasa.

Ketujuh obat herbal yang disebutkan diatas bisa meredakan batuk dengan cepat dan aman. Bahan-bahannya sangat mudah ditemukan dan beberapa ada yang tumbuh liar di pekarangan. Pengolahannya pun tidak ribet tinggal direbus sampai mendidih. Jika dalam 3 bulan lebih batuk tidak juga sembuh, bisa jadi pertanda penyakit yang berbahaya. Sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here