Jenis Obat Asam Urat Alami untuk Lansia

0
152
manfaat air putih

Bagi yang sudah berumur lanjut usia, penyakit asam urat mungkin sudah biasa. Namun, apakah Anda ingin jempol kaki terasa kaku, bengkak, serta sakit-sakitan dalam waktu lama? Tentu tidak mau, bukan? Apalagi jika berkembang menjadi lebih parah dan akhirnya tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk itu, segera atasi dengan obat alami berikut ini.

Tunjang Diet Sehat dengan Olahraga Rutin

Acapkali, penyakit asam urat itu menimpa orang-orang yang kelebihan berat badan. Setidaknya yang paling rentan begitu. Proses diet sehat yang dilakukan pada usia lanjut lebih alot ketimbang saat masih muda. Menggunakan pola makan sehat saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Wajib ditopang dengan olahraga rutin setiap hari.

cek tekanan darah

Hanya saja, Anda tidak perlu olahraga terlalu berat. Cukup lakukan setiap pagi dengan lari-lari atau jogging. Dengan begitu, sendi-sendi yang semula kaku, pergerakannya bisa lancar kembali. Usai olahraga, jangan lupa untuk meminum beberapa gelas air putih. Biar Anda tidak terkena potensi dehidrasi yang tentu kurang bagus untuk kesehatan.

Memakai Ramuan dari Kumis Kucing

Perlu diperhatikan baik-baik, bahwa kumis kucing ini bukan dari si meong. Jadi, jangan sampai Anda hadang kucing dan memotong kumis-kumisnya. Akan tetapi, pakai ramuan dari tanaman kumis kucing. Dalam ilmu kesehatan secara herbal, tanaman kucing sangat ampuh mengobati penyakit asam urat. Selain itu, rupanya bisa menjadi obat juga untuk batu ginjal.

Kali ini yang diambil adalah daunnya. Mula-mula, Anda ambil saja daun kumis kucing dengan bobot 100 gram. Kemudian siapkan air sebanyak 1 liter penuh. Harap cuci bersih dahulu daun kumis kucing dengan air mengalir. Panaskan selama beberapa saat setelah air mendidih. Tunggu sampai air rebusan tersisa separuhnya saja.

Kemudian dinginkan dan minum dalam sehari minimal 2 kali atau 3 kali. Untuk waktunya, pilih pagi, sore, dan malam. Apabila Anda ragu dengan berat daun kumis kucingnya, ambil saja paling tidak 5 lembar. Ramuan ini akan mengobati asam urat Anda lewat cairan yang dikeluarkan melalui urin.

Memakai Ramuan dari Daun Salam

Sebagai bumbu dapur, daun salam memang serbaguna. Tidak hanya bikin sedap makanan, tetapi juga bisa menjadi obat yang mujarab untuk penyakit asam urat. Hal itu dikarenakan pada daun salam terdapat kandungan senyawa minyak astiri yang bisa digunakan untuk pengobatan secara umum. Mau tahu cara bikin ramuannya?

Mula-mula, Anda siapkan terlebih dahulu 10 lembar daun salam. Untuk airnya, siapkan kurang lebih sebanyak 700cc. Siapkan juga beberapa batang serai. Setelah air dipanaskan dan mendidih, masukkan batang serai dan daun salam secara bersamaan. Tunggu sampai airnya susut menjadi 200cc. Lalu dinginkan dan minum airnya minimal 1 gelas tiap hari.
Mulai Menerapkan Diet Rendah Purin

Sudah tahu istilah diet rendah purin belum? Sederhananya, purin adalah bahan natural yang biasanya ditemukan dalam makanan tertentu dan mengandung bahan natural. Apabila konsumsi purin berlebihan, bisa menyebabkan kristal dan endapan pada sendi.

Setelah itu, biasanya akan terjadi peradangan yang sakit bukan main. Cara dietnya bagaimana?

  • Pertama, banyak-banyaklah untuk mengonsumsi buah serta sayuran setiap hari. Tunjang dengan membatasi konsumsi daging.
  • Kedua, pakai minyak sayuran yang berbahan dari minyak zaitun yang rendah kalori dan lemak jahat.
  • Ketiga, mulai sekarang, makanlah makanan tertentu, seperti pasta, sereal, dan roti. Soalnya kadar purinnya rendah.

Selain itu, boleh juga kok mengonsumsi susu rendah lemak, kentang, serta kacang-kacangan. Keempat, stop atau berhentilah untuk mengonsumsi minuman bir hasil fermentasi. Termasuk anggur murni yang biasanya dibikin wine. Kelima, hindari makanan seperti ikan sarden serta kacang-kacangan yang dikeringkan. Soalnya memiliki kadar purin yang tinggi.

Terakhir, minumlah air putih secara rutin dalam jumlah yang cukup. Minimal 8 gelas sehari. Tujuannya agar proses buang air kecilnya lancar. Apabila konsumsi air putih ini tidak dilakukan, nanti bisa-bisa asam urat yang ada di tubuh Anda akan menumpuk. Tentu Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here