Jenis dan Manfaat Olahraga Bagi Lansia

0
55
olahraga lansia

Kondisi tubuh yang mulai menua menjadi alasan yang membuat lansia malas berolahraga. Aktivitas yang mereka lakukan kebanyakan hanya tidur dan duduk-duduk saja. Dampaknya, berbagai jenis penyakit mulai menyerang seperti nyeri pada pinggang dan lebih gampang capek. Padahal dengan tetap aktif bergerak bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain membuat badan menjadi bugar, produktivitas pun akan meningkat dan selalu tampak ceria serta bahagia dalam menjalani hidup.

Proses penuaan memang tidak bisa dihindari, namun tidak berarti kondisi badan harus dibiarkan begitu saja dan tidak dirawat. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu kegiatan yang positif. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan lansia untuk menjaga kondisi kesehatan. Aktivitas olahraga akan semakin menyenangkan bila dilakukan bersama dengan anggota keluarga lainnya. Karena itu peran keluarga sangat penting agar kondisi badan lansia bisa tetap fit dan terhindar dari risiko masalah kesehatan. Selain aktif berolahraga, asupan makanan juga harus dijaga serta tidur yang cukup supaya tubuh selalu bugar.

Manfaat Olahraga Bagi Lansia

lansia sehat

Bagi yang belum terbiasa berolahraga, melakukan aktivitas tersebut mungkin akan terasa berat. Namun jika sudah sering dilakukan, olahraga menjadi kebiasaan rutin yang cukup ringan untuk dipraktikkan. Terlebih bagi lansia, banyak jenis olahraga yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kondisi fisik. Tidak perlu melakukan setiap hari, paling tidak 5 kali seminggu selama 30 menit perharinya secara rutin. Banyak manfaat yang didapatkan oleh lansia jika membiasakan pola hidup sehat tersebut, diantaranya:

1. Mengurangi nyeri persendian

Saat menginjak usia lanjut, timbunan asam laktat pada persendian akan bertambah. Akibatnya otot menjadi kaku dan terasa sakit saat digerakkan. Dengan melakukan olahraga jalan kaki setiap hari, masalah tersebut berangsur-angsur dapat diredakan.

2. Memperlancar peredaran darah

Melakukan olahraga secara rutin bisa memperlancar aliran darah sehingga kerja jantung menjadi ringan. Aktivitas tersebut juga dapat memperlancar metabolisme serta mencegah penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan diabetes.

3. Memeliharan kesehatan otak

Berolahraga secara rutin juga bisa membuat daya ingat menjadi kuat dan menjaga pikiran agar tetap tajam. Bagi lansia, manfaat olahraga dapat mencegah terserang gangguan psikologis seperti Demensia dan Alzheimer.

4. Mencegah depresi

Olahraga juga dapat menjaga pikiran agar tetap rileks dan tidak mudah stres. Lansia juga bisa terhindari dari gangguan mental seperti depresi. Dengan perasaan yang bahagia, lansia dapat menjalani kehidupan sehari-harinya dengan senang dan hal tersebut akan berdampak positif bagi kesehatan.

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Bergerak aktif tidak harus melakukan olahraga berat seperti sepakbola, badminton, dan lain-lain. Bermain dengan cucu, berkebun, membersihkan rumah, dan aktivitas lainnya juga bisa menjaga kondisi tubuh lansia agar tidak kaku. Hindari terlalu lama duduk, karena dapat membuat pinggang menjadi linu sebab terlalu lama menahan beban.
Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan lansia agar kondisi badan tetap fit dan bugar serta terhindari dari serangan penyakit. Jenis olahraga tersebut diantaranya adalah:

1. Bersepeda

Bersepeda sangat bermanfaat untuk memperkuat kondisi tubuh bagian bawah. Selain itu juga dapat memperkuat kerja jantung sehingga terhindar penyakit gagal jantung dan stroke. Perhatikan setelan sedel serta pegangan, buat senyaman mungkin agar tidak mengakibatkan cidera terutama di bagian panggul. Lakukan olahraga ini minimal 5 kali seminggu. Jika capek segeralah berhenti dan jangan terlalu memaksa.

2. Berjalan kaki

Pilih jalan dengan jalur naik turun agar hasil yang didapatkan maksimal. Berjalan kaki bisa membantu membakar kalori sehingga lansia bisa terhindar dari masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Manfaat lainnya adalah memperlancar aliran darah serta memperkuat kerja jantung.

3. Berenang

Olahraga yang satu ini melibatkan aktivitas semua anggota badan sehingga pembakaran kalori semakin maksimal. Berenang juga dapat melatih organ pernapasan serta menyehatkan kondisi jantung. Renang menjadi salah satu olahraga favorit karena sangat ringan dilakukan dan memberikan manfaat yang cukup besar terutama bagi tulang.

4. Yoga

Jenis olahraga yang sedang tren ini juga cocok untuk lansia. Yoga selain dapat memperlancar metabolisme, juga bermanfaat untuk meningkatkan fleksibiltas, mengontrol emosi, serta menjaga kekuatan tubuh. olahraga ini tidak terlalu menguras energi, jadi cocok diterapkan pada lansia agar kondisi badannya tetap bugar.

5. Senam

Senam menjadi jenis olahraga yang banyak diminati oleh lansia. Selain dapat menjaga kesehatan badan, lansia juga merasa senang sebab bisa berolahraga bersama teman. Gerakannya pun disesuaikan dengan kondisi tubuh lansia agar tidak mudah capek dan lelah.

Untuk meningkatkan kondisi badan serta kekebalan tubuh, olahraga menjadi aktivitas yang wajib dilakukan oleh lansia. Selain bisa terhindar dari berbagai penyakit, kondisi mental pun lebih stabil dan tidak mudah stres. Tidak hanya berolahraga, melatih kondisi fisik juga bisa dilakukan dengan aktif bergerak setiap hari serta konsumsi makanan yang sehat dan kaya akan kandungan nutrisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here