Jayapura yang Semakin Indah

    0
    64

    Di sana pulauku
    Yang kupuja s’lalu
    Tanah Papua pulau indah
    Hutan dan lautmu
    Yang membisu s’lalu
    Cendrawasih burung emas

    Potongan lirik lagu berjudul “Tanah Papua” Trio Ambisi ini, memang cukup menggambarkan keindahan alam Papua. Hingga perjalanan Dr Abidinsyah Siregar, DHSM, MBA, MKes kembali Tanah Papua juga dirangkai dalam artikel berikut.

    GOLANSIA.COM – Alhamdulillah.. .Kota Jayapura, bukan saja punya Stadion Bola yang besar yang indah, warna warni dan jika duduk di tribun tampak laut lepas nan biru. Kini punya Stadion Lukas Enembe. Banyak Gereja dan Mesjid besar dan anggun.

    Dr Abidin saat berkesempatan kembali mengunjungi Papua. Foto : Dok Pribadi

    Papua juga punya media besar Cenderawasih Pos (CEPOS) yang dipimpin Bu Nurul, yang setiap pagi menyapa pembaca memuat berita segar dan mencerahkan. Kota Jayapura, sejak Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Abepura hingga kota Jayapura semakin maju, indah, bersih dan berkembang signifikan dalam 15 tahun terakhir.

    Dari sekian kali tugas dan kunjungan. Kali ini bisa mengunjungi lokasi wisata kota Jayapura di puncak pebukitan. Jayapura City lokasi ditempatkannya tower pemancar TVRI.

    Jayapura City, demikian tertulis, terlihat dan terbaca sambil sarapan pagi di hotel ditepi pantai dan dari posisi manapun di kota Jayapura, terlihat tinggi dipuncak perbukitan.

    Bersama beberapa teman dari Kemeninfo  Ayu, Angki dan Heru, kita jalan pagi menuju tower yg menurut google ketinggiannya mencapai 300 meter diatas permukaan laut.

    Sampai 7-8 Km mulai naik curam. Istirahat sejenak sambil menikmati pisang goreng mai Ria yang nyambi jualan selain guru PAUD yang harus berhenti karena Pandemi Covid-19.

    Untung Pak Arif dari BKKBN Papua, bisa dihubungi. Maka dengan mobil, setelah meliuk dan menanjak sampai di tower.

    😷  Rumah Sakit atau Rumah Sehat? Antara Penjenamaan dan Penamaan

     

    Dari Atas Indah Sekali

    Nyaris seluruh bahagian kota terlihat terutama suasana Pelabuhan Port Numbay, yang dekat dari Hotel Humbold Bay milik pak Bahlil Lahadalia (Menteri Investasi Indonesia). Saya tahu karena tahun 2010 pernah menginap disitu dan keesokannya jalan pagi diatas lorong kayu dan papan yang panjang menjorok kelaut diantara rumah penduduk dan nelayan.

    Indah sekali. Malamnya, diajak teman-teman Papua menikmati Papeda di Blue Cafe.

    Saya ajak teman-teman Papua memanfaatkan moment Indonesia menjadi Presidensi G-20 sejak 31 Desember 2021 setahun hingga 31 Desember 2022 mengembangkan potensi Pertanian mencukupi kebutuhan pangan Indonesia agar terlepas dari Pengimport beras.

    Raja Ampat, Papua. Foto : Instagram@loicdupuisphoto

    Dan satu lagi, Papua punya potensi luar biasa sebagai Daerah Tujuan Wisata yang berpeluang dipacu dan dikembangkan.

    Saya bertemu dengan beberapa turis asing di hotel mereka takjub dan ingin lebih lama, sayangnya pilihan destinasi terbatas.

    Keindahan alam Indonesia adalah berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa yang tak boleh disia-siakan.

    Ia bisa menjadi jalan kesejahteraan dan meningkatkan daya kompetitif diera Bonus Demografi bagi Papua untuk Indonesia 🇮🇩.

    Kata penting : #JCT #Cepos #Port Numbay #Hotel Humbold Bay #Pisang Goreng #G-20; #Turis #Bonus Demografi.

    Jayapura, 23-27 Feb.2022

    Dr.Abidin
    GOLansia.com

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here