Ini Pentingnya Buah Dan Sayur Agar Awet Muda

0
51
sayuran

Anda ingin tampil segar dan awet muda? Intip pentingnya buah dan sayur dalam mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh. Jadi, menjadi tua adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari. Setiap orang pasti akan mengalami sebuah fase, dimana tubuhnya akan mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia. Namun, Anda dapat memilih untuk menua dengan tetap sehat, segar dan bugar.

Setiap sel-sel yang ada didalam tubuh, setiap hari mengalami perubahan. Ada yang menua, rusak dan mati. Namun, secara alami tubuh dapat mengatasi problem tersebut. sayangnya, beberapa faktor luar, seperti radiasi dan zat-zat beracun yang masuk ke dalam tubuh, turut mempengaruhi proses regenerasi sel. Inilah yang membuat seseorang tampak lebih tua dari usia aslinya.

Komitmen dan Konsisten Hidup Sehat

Untuk mempertahankan kondisi tubuh yang sehat, diperlukan usaha yang tak mudah. Anda harus memiliki komitmen untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat, dan di iringi dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Apalagi, jika Anda terbiasa hidup dikota besar, dengan rutinitas pekerjaan yang tinggi dan terbiasa dengan makanan instan. Perubahan signikan sepertinya menjadi tantangan tersendiri ya.
Namun, apabila Anda ingin menua dengan sehat dan bugar, tentu tak ada salahnya memulai budaya hidup sehat, dari sekarang. Lalu,apa saja yang bisa Anda lakukan sebagai awalan?

Olahraga

Pola hidup sehat tak dapat dipisahkan dengan aktifitas olah raga. Anda perlu melakukan olah raga ringan atau sekedar aktifitas fisik, setidaknya 20 hingga 30 menit sehari. Bisa dengan jogging, jalan santai, fitness, atau sekedar senam sendiri dirumah. Olah raga dapat memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh, khususnya ke jantung dan otak.

Saat kedua organ vital ini mendapat asupan nutrisi dan oksigen yang cukup, seluruh proses metabolisme, detoksifikasi dan pembentukan hormon dan enzim menjadi lebih baik. Dampaknya, apalagi kalau bukan memperbaiki seluruh kinerja organ-organ dalam tubuh.
Selain itu, olah raga yang dilakukan secara rutin mampu membakar kelebihan lemak dan gula yang menumpuk di dalam tubuh. Seperti yang diketahui, lemak dan gula adalah dua hal yang memicu berbagai macam penyakit dan obesitas.

Manfaat lain dari berolahraga adalah, racun-racun dalam tubuh dapat keluar besama keringat. Sementara, kulit juga akan menjadi lebih sehat dan cerah. Karena saat olah raga dan tubuh Anda berkeringat, pori-pori Anda akan membuka dan mempermudah proses regenerasi kulit.

Hindari Stress

Stress dapat membuat kulit Anda keriput. Tak hanya di kulit saja, bahkan stress dapat mebuat arteri pun keriput. Bahkan, menurut sebuah penelitian, stress yang berkepanjangan dapat berakibat pada terganggunya pola tidur dan Anda akan tampak lebih tua 10 hingga 15 tahu.

Luangkan Waktu Khusus Untuk Beristirahat

Biasakanlah untuk tidur sekurang-kurangnya 8 jam sehari. Terutama saat malam hari. Karena, saat Anda tidur, tubuh melakukan tugasnya untuk ‘bersih-bersih’ yang biasa disebut dengan detoksifikasi. Selain itu, beberapa enzim yang sangat penting juga bekerja di malam hari, saat Anda tidur pulas.

Pernahkah Anda perhatikan, ketika Anda begadang atau mengalami kesulitan tidur, mata Anda akan menjadi sembab? Atau, terbentuk kantung mata, yang populer dengan sebutan ‘mata panda’. Ini bisa terjadi karena, saat Anda tidur, asupan cairan Ayng Anda konsumsi akan dialirkan ke seluruh tubuh. Dan ketika Anda tak tidur, terjadi tumpukan bahwak penyumbatan diberbagai bagian tubuh. Seperti di bawah mata. Tak heran, jika tidur yang cukup juga dapat memperbaiki elastisitas kulit.

Hindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol mampu memicu penuaan dini. Seseorang dengan dua kebiasaan tersebut akan mengalami beberapa gejala penuaan dini, seperti kulit kering, pucat, dan keriput, memiliki kantong mata, memiliki lapisan dibawah kulit atau selulit, dan untuk sebagian orang malah sebaliknya, mengalami penurunan berat badan secara drastis akibat mal nutrisi.

Hal ini dikarenakan, kandungan racun pada rokok dan alkohol dapat menghambat proses regenerasi sel. Sehingga sel-sel yang ada didalam tubuh yang mengalami kerusakan dan mati, tak segera tergantikan. Atau malah, tidak tergantikan. Tak heran, jika rokok dan alkohol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit degeneratif. Seperti kanker, tumor, diabetes, dan stroke.

Rahasia Awet Muda Bagi Pria dan Wanita

Pentingnya buah dan sayur tak hanya untuk anak-anak yang ada pada masa tumbuh kembang saja. Tapi, bagi orang dewasa juga. Berbagai macam kandungan yang ada pada buah dan sayur sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti vitamin, mineral, kalium, anti oksidan, zat besi, dan masih banyak lagi. Selain itu, tubuh juga memutuhkan asupan lemak sehat dari buah dan sayur. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar menu wajib Anda.

1. Apel

apel

Sebuah apel setiap hari, dapat menjauhkan Anda dari kunjungan dokter. Nutrisi pada apel yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah berbagai vitamin, tanin, asam tartar, fitokimian, serat dan pektin dan masih banyak lagi. Sehingga membuat apel dapat melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit.

2. Alpukat

alpukat

Kandunga alkohol porihidroksi pada alpukat merupakan lemak baik yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, Lutein dan zeaxanthine yang berfungsi untuk melindungi kulit dari gejala penuaan. Seperti kusam dan keriput.

3. Bayam

bayam

Anjuran konsumsi bayam adalam sebanyak 700 gram setiap harinya. Bayam memiliki kandungan karoten dan lutein yang bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas kulit.
Selain itu, kandungan zat besinya dapat menjaga tubuh Anda tetap bugar sepanjang hari.
Itulah pentingnya buah dan sayur bagi tubuh. Mengkonsumsinya setiap hari dapat membuat Anda tampil muda lebih lama. Dan yang terpenting, Anda juga dapat selalu sehat, segar dan bugar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here