Ingin Bahagia? Cukupi Kebutuhan Vitamin D Anda

0
303
pikun

Banyak yang mengira bahwa vitamin D hanya baik untuk kesehatan tulang. Padahal, lebih dari itu lho. vitamin D memiliki banyak manfaat kesehatan tubuh. Tak terkecuali untuk otak. Otak adalah organ utama yang memegang kendali untuk mengontrol seluruh kerja organ. Dan ternyata, kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi kesehatan otak manusia. Bahkan, dapat memicu terjadinya depresi.
Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan otak. Faktanya, fungsi otak terus menurun sesuai dengan bertambahnya usia. Namun, penurunan fungsinya dapat dikendalikan dengan melakukan aktifitas fisik yang rutin. Jadi, apabila Anda menghindari pikun, tetaplah aktif untuk memaksimalkan fungsi otak. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Merawat Otak, Cegah Pikun!

Hingga saat ini, fitness dan aerobik masih menduduki kelas pertama olahraga menyehatkan otak. Sebuah penelitian akhir-akhir ini menyatakan bahwa melakukan senam aerobik secara rutin, setidaknya 30 menit dalam sehari dan dilakukan 5 kali dalam seminggu, mampu meningkatkan kinerja otak. Selain itu, seorang manula yang masih aktif melakukannya di usia lansia awal atau pada usia 45 tahun keatas, dapat tetap meningkatkan massa otak. Sehingga dapat mengurangi resiko demensia. Bahkan, aerobik juga nyata dapat meningkatkan kemampuan kognitif lho.

mencegah pikun

Dengan melakukan orah raga yang lebih rumit, seperti zumba, aerobik dan fitness Anda dapat menjaga kelenturan otot tubuh serta dapat membuat otak bekerja lebih giat. Lain halnya jika Anda sekedar melakukan jalan santai atau jogging. Selain itu, olahraga dapat memperbaiki mood dan mengurangi stress. Sehingga, dapat mengatasi gangguan tidur. Jangan heran, jika seseorang yang gemar melakukan olahraga, memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Selain olahraga, sosialisasi juga ternyata dapat memperbaiki kinerja otak lho. dengan melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar, bertukar pendapat dan informasi, menanggapi dan melakukan reaksi termasuk daftar kerja otak yang mampu menghindarkan Anda dari demensia. Orang yang menarim diri dari lingkungan akan lebih memiliki resiko pikun di usia yang lebih muda. Selain itu, sosialisasi juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman juga meningkatkan kemampuan intelektual.
Beberapa resiko lain yang harus dihindari demi menjaga kesehatan otak seperti hipertensi, kolesterol, obesitas dan stress. Semua itu dapat mengganggu asupan darah dan oksigen ke otak. Padahal, kelancaran sirkulasi dara sangat penting untuk menutrisi otak agar otak tetap sehat. selain itu, hal yang perlu dihindari agar otak dapat bekerja dengan baik adalah merokok dan mengkonsumsi alkohol. Kedua hal ini masih seringkali diabaikan oleh banyak orang. Padahal, resiko yang ditimbulkan akan sangat berbahaya lho.

Yang tak kalah pentingnya bagi otak adalah asupan nutrisi dari makanan. Ada banyak nutrisi esensial, yang tak dapat diproduksi tubuh namun sangat diperlukan oleh otak. Untuk itu, Anda harus mengkonsumsinya dari makanan atau minuman. Beberapa nutrisi tersebut ialah asam folat, omega 3 dan 6, vitamin B compleks dan vitamin D. Semua itu dapat Anda sertakan dalam menu sehari-hari Anda yang dapat Anda peroleh dari buah dan sayur berwarna terang, ikan, telur dan susu.

Asupan Vitamin D dapat Merangsang Hormon ‘Bahagia’

Sebenarnya, apa sih yang membuat Anda dapat merasakan bahagia? Ternyata tubuh memiliki hormon-hormon yang di keluarkan dan membuat Anda bahagia lho. dan hal yang penting untuk Anda ketahui bahwa kehadiran hormon ‘bahagia’tersebut tak bisa dilepaskan dari pengaruh vitamin D.

Salah satu hormon ‘bahagia’ yang diproduksi oleh tubuh adalah hormon sorotonin. Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa vitamin D mampu mengendalikan enzim triptofan dalam memproduksi hormon sorotonin. Hormon inilah yang mempengaruhi suasana hati dan mengubah mood seseorang menjadi bahagia. Selain hormon serotonin juga ada hormon dopamin. Keduanya dapat dirangsang dengan asupan makanan yang meiliki kandungan vitamin D dan juga dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi.

Vitamin D mampu meningkatkan produksi hormon serotonin hingga dua kali lipat lebih banyak. Namun, jangan khawatir, vitamin D saat ini tak hanya dapat diperoleh melalui sinar matahari saja kok. Tapi juga dari asupan nutrisi dari makanan. Selain itu, hormon serotonin dan dopamin juga dapat dirangsang melalui pijatan, sentuhan, dan ungkapan lembut.

Hal lain tentang vitamin D yang perlu Anda ketahui adalah, vitamin D juga dapat berfungsi sebagai anti depresi lho. dimana vitamin D dapat merangsang otak memproduksi hormon monoamin, yang memiliki tugas yang serupa dengan obat-obatan anti depresan. Mungkin, vitamin D belum dapat mengobati masalah kejiwaan. Namun, setidaknya, dengan asupan vitamin D yang cukup setiap harinya, mampu membantu menyeimbangkan hormon pada tubub yang baik untuk membantu stabilitas emosi seseorang.

Menurut penelitian sepuluh tahun terakhir, seseorang yang kekurangan vitamin D sejak dalam kandungan memiliki resiko depresi dan demensia pada usia lanjut. Dan, pemberian vitamin D pada penderita depresi mampu membantu proses pemulihannya.

Jamur merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki kandunga vitamin D tertinggi. Namun, syaratnya, jamur harus hidup dibawah sinar matahari. Selain jamur, vitamin D juga dapat diperoleh dari kuning telur, minyak hati ikan cod, dan salmon. Selain itu masih ada banyak lagi makanan yang mengandung vitamin D yang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Seperti susu sapi, susu almond, susu kedelai, sereal, jeruk, dan masih banyak lagi. Pada intinya, untuk membuat tubuh sehat dan bahagia, Anda membutuhkan variasi menu setiap harinya. Tak hanya Vitamin D saja, juga kandungan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here