Cara Mengatasi Penyakit Radang Tenggorokan pada Lansia

Radang tenggorokan terasa sakit? Dan Sulit menelan makanan?

0
276
sakit tenggorokan

Pernah merasa kesulitan untuk menelan makanan? Mungkin ini bisa menjadi tanda kalau Anda terkena sakit radang tenggorokan. Dalam dunia medis, sakit ini disebut dengan faringitis. Penyebabnya bisa karena infeksi virus atau bakteri yang menyerang daerah laring, faring dan kelenjar amandel. Orang yang sakit radang tenggorokan merasa tidak nyaman karena menjadi sulit dapat menelan makanan.
Memang orang dewasa dan lansia cenderung jarang mengalami penyakit sakit tenggorokan. Yang lebih seering mengalaminya adalah anak-anak. Pada orang dewasa, penyebab sakit tenggorokan ini bisa karena bakteri streptococcus.

Gejala Sakit Tenggorokan

Gejala yang timbul pada lansia yang sakit tenggorokan bisa merasakan hal-hal berikut ini.

  1. Merasa gatal di tenggorokan. Rasanya tengorokan menjadi tidak nyaman.
  2. Tenggorokan merah. Ini menandakan bahwa kondisi tenggorokan memang sedang bermasalah.
  3. Sulit untuk menelan. Saat kita mencoba memasukkan makanan, saat makanan ini sampai di tenggorokan akan terasa sulit untuk menelannya.
  4. Demam. Kadang penderita sakit tenggorokan juga dibarengi dengan mengalami demam. Demam ini pun bisa mencapai suhu yang tinggi.
  5. Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher

Di samping itu, gejala maupun tanda penyakit radang tenggorokan bisa juga dikenali dari:

penyebab sakit tenggorokan

  1. Mengalami bersin dan batuk.
  2. Mengalami ruam pada kulit
  3. Merasa mudah sakit kepala
  4. Mudah merasa letih
  5. Tubuh gampang capek dan merasa pegal-pegal
  6. Selera makan menghilang

Penyebab Sakit Tenggorokan

Penyebab sakit radang tenggorokan bisa disebabkan karena virus maupun bakteri. Virus penyebab sakit ini adalah virus yang juga menyebabkan terjadinya pilek, flu, campak, atau cacar air. Jadi terkadang penderita sakit tersebut kadang bisa berlanjut dengan mengalami sakit tenggorokan.

Penyebab lain dari penyakit tenggorokan ini bisa karena hal berikut :

Udara ruangan yang pengap dan panas.

Jika kita tidur di ruangan yang panas dan pengap, saat bangun tidur terkadang kita merasa tenggorokan merasa gatal. Penyebabnya karena hidung kita tersumbat sehingga lebih sering bernafas melalui mulut.

Alergi.

Mengalami alergi bulu hewan, debu, atau jamur bisa juga memicu terjadinya penyakit tenggorokan.

Otot tenggorokan terlalu tegang

Penyebabnya bisa karena kita sering berbicara keras sehingga membuat otot tenggorokan menjadi tegang. Hal ini dapat memicu terjadinya sakit tenggorokan.

Polusi asap

Asap rokok misalnya dapat berkontribusi terhadap terjadinya sakit pada tenggorokan.
Penyebab di atas bisa makin mempermudah kita mengalami sakit tenggorokan jika sistem imun tubuh kita lemah. Sebab dengan begitu bakteri maupun virus mudah untuk menyerang tubuh kita.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Normalnya sakit tenggorokan ini akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun jika Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi ini, Anda bisa menggunakan obat radang tenggorokan seperti misalnya analgesik atau obat untuk meredakan rasa sakit seperti parasetamol dan ibuprofen.

Namun untuk lebih baiknya lagi, Anda bisa segera mengunjungi dokter terdekat agar bisa dilakukan pengobatan yang tepat. Dari diagnosa yang dilakukan dokter, maka kita pun nantinya akan diberikan resep obat yang manjur untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.
Ada beberapa tips dan cara yang bisa kita coba untuk mengatasi sakit tenggorokan. Untuk mencegah atau pun memperingan sakit ini, kita bisa coba biasakan untuk melakukan hal-hal berikut ini.

Memperbanyak minum air putih

Air minum itu sehat dan bagus untuk tubuh kita. Upayakan setidaknya untuk minum 2 liter air setiap hari.

Makan makanan yang lunak.

Ini akan membantu untuk mencegah terjadinya sakit tenggorokan.

Minuman hangat

Minum minuman hangat bisa membantu untuk membuat tenggorakan terasa lebih nyaman. Hindari minuman panas atau yang terlalu dingin. Sebab hal ini dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan kita.

Berkumur dengan air garam.

Hal ini bisa membantu untuk meringankan sakit tenggorokan yang dialami. Bila ingin lebih praktis, boleh juga dengan menggunaan obat kumur antiseptik

Istirahat yang cukup.

Kurangi untuk berbicara sementara waktu.

Paling tidak agar sakit tenggorokan ini sampai sembuh. terlebih dulu.

Buat udara di rumah menjadi nyaman.

Jangan sampai udara terlalu kering karena dapat menyebabkan terjadinya iritasi tenggorkan.

Jangan merokok maupun menghirup asap rokok

Selain itu, kita bisa melakukan antisipasi agar tidak sampai terkena sakit tenggorokan. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Selalu rajin bersih-bersih rumah. Sehingga debu tidak sampai membahayakan tenggorokan kita
  2. Hati-hati agar tidak mengonsumsi makanan atau minuman penderita sakit tenggorokan. Tujuannya supaya kita tidak tertular.
  3. Biasakan untuk mencuci tangan. Sangat baik untuk menyediakan cairan antiseptik di rumah maupun kendaraan Anda.

Yang terpenting, ketika kita sudah mencoba mengobati penyakit sakit tenggorokan ini namun tidak kunjung sembuh, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter terdekat. Sangat baik untuk segera mencoba mengatasi sakit tenggorokan ini daripada kita berlarut-larut dalam kondisi yang tidak nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here