Berkhasiat, Ini Tanaman Herbal Yang Ampuh Mengatasi Asam Urat

0
272
herbal untuk asam urat

Asam urat merupakan penyakit yang biasanya dialami pria berusia 30-50 tahun, meski siapapun bisa mengalaminya. Pada orang awam, asam urat biasa disebut dengan encok, penyakit yang menimbulkan rasa sakit secara tiba-tiba pada persendian.

Penyakit ini sudah sering terjadi sejak dulu, itulah mengapa banyak obat-obatan herbal yang berkhasiat mengobati asam urat. Obat herbal merupakan racikan dari tanaman herbal yang dibuat untuk mengobati penyakit. Dimana beberapa tanaman-tanaman itu juga ampuh mengatasi penyakit asam urat.

Tanaman Herbal Untuk Pengobatan Asam Urat

Nah, jika Anda ingin mengobati penyakit asam urat dengan obat-obatan herbal, berikut ini tanaman-tanaman yang bisa mengobatinya:

1. Brotowali
Tanaman herbal yang satu ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Antara lain yaitu untuk menstabilkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolesterol, diabetes dan asam urat. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu merebus daun brotowali untuk kemudian disaring dan diambil airnya. Meski rasanya pahit, tetapi rebusan brotowali ini ampuh mengurangi asam urat.

2. Kumis Kucing
Tanaman herbal yang satu ini lebih banyak diketahui karena khasiatnya untuk menghancurkan batu ginjal. Namun selain itu, tumbuhan kumis kucing juga baik untuk penderita asam urat. Dalam penggunaannya, Anda perlu meminum air rebusan dari daun kumis kucing ini secara rutin.

3. Jahe Merah
Salah satu jenis jahe ini telah dikenal mampu mengobati masalah tenggorokan, memperlancar sirkulasi darah, dan meningkatkan stamina tubuh. Tidak hanya itu, jahe merah juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengurangi asam urat yang menumpuk dan peradangan pada sendi. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu dengan membuatnya menjadi minuman atau disebut wedang jahe, kemudian bisa ditambahkan dengan madu dan lemon.

4. Sambiloto
Tanaman ini telah dikenal sebagai tanaman herbal untuk obat tradisional. Jenis tanaman ini cukup ampuh untuk pengobatan asam urat. Dimana kandungannya berupa aldehid, keton, alkana, flavonoid dan mineral penting lainnya bermanfaat mengatasi penyakit ini. Semua bagian tanaman bisa dipakai, namun umumnya yang digunakan adalah daunnya dengan cara direbus.

😷  Sekilas Tentang Program Bina Keluarga Lansia

5. Kulit Manggis
Kandungan yang terdapat pada kulit manggis dipercaya mampu meruntuhkan asam urat yang mengkristal sehingga bisa dikeluarkan melalui urin dan sisa kotoran. Sedangkan untuk zat mangostin dalam kulit manggis sendiri, mampu menyembuhkan luka dengan lebih cepat.

6. Kunyit
Kunyit atau kunir merupakan salah satu tanaman herbal yang juga baik untuk mengobati asam urat. Hal ini karena sifat anti-inflamasi atau anti peradangan yang sangat kuat dalam rempah yang satu ini mampu mengatasi peradangan akibat asam urat. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengambil sarinya atau dibuat menjadi jamu. Ramuan kunyit juga bisa mengatasi masalah kesehatan lain seperti diabetes, hipertensi dan kolesterol.

7. Sidaguri
Tanaman yang tumbuh liar ini biasanya ditemukan berdekatan dengan rumput. Kandungan dari sidaguri yang berguna mengobati asam urat adalah zat alkaloid ephedrin dan diuretik. Air campuran daun dan biji sidaguri dipercaya baik dikonsumsi secara rutin oleh penderita asam urat.

8. Daun Sirsak
Daun tumbuhan sirsak juga bisa menjadi obat alterntif untuk mengobati asam urat. Bahkan sebuah studi menyatakan daun sirsak bisa mencegah penyakit yang berkaitan dengan asam urat. Dan tidak hanya itu, kandungan berupa acetogenin, asam gentisic, annocatalin, annomuricin dan asam lenoleat dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit.

Asupan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Sebuah pengobatan tentu akan sia-sia jika penderita melakukan kebiasaan buruk yang memperparah kondisinya. Ini sama halnya untuk konsumsi obat dari tanaman herbal asam urat. Jika penderita salah memilih asupan, maka kondisinya justru akan semakin parah. Untuk itu, berikut panduan asupan makanan untuk penderita asam urat:

1. Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Penyakit asam urat sangat dipengaruhi oleh asupan makanan yang diterima tubuh sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui mana makanan yang baik untuk kondisi asam urat. Berikut ini beberapa makanan yang boleh dikonsumsi penderita asam urat:

😷  Masjid Al-Mashun yang Tegak Indah Nyaman

a. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain adalah :

  • Makanan yang tinggi akan kandungan potasium seperti kentang, pisang dan yogurt.
  • Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jeruk nipis, ceri, apel, stroberi, buah naga, belimbing wuluh, dan pepaya.
  • Sayur-sayuran seperti tomat, sawi hijau, sawi putih, dan labu kuning.
  • Makanan sumber karbohidrat kompleks seperti nasi, gandum, singkong, ubi, dan roti.
  • Konsumsi air putih dan teh hijau.

b. Makanan yang boleh dikonsumsi dalam jumlah sedikit

  • Ikan, daging ayam, daging kambing dan sapi.
  • Beberapa sayuran hijau seperti bayam, asparagus, brokoli, kangkung, daun pepaya, buncis, tauge, jamur dan kacang-kacangan.
  • Makanan berlemak yang menggunakan santan, mentega, margarin dan gorengan.
  • Produk kacang kedelai seperti tahu dan tempe.

2. Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah makanan yang tinggi kandungan purin. Hal ini karena asupan purin yang terlalu banyak pada tubuh menyebabkan asam urat kambuh. Beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi tersebut antara lain:

  • Jeroan seperti hati, babat, usus, ginjal, limpa, otak dan paru.
  • Makanan laut seperti ikan sarden, makerel, ikan asin, udang, cumi, kerang, lobster, dan kepiting.
  • Makanan yang menggunakan kaldu daging, daging bebek, daging burung, dan sosis.
  • Buah-buahan sepeti durian, nanas, alpukat, dan nangka.
  • Minuman yang mengandung soda dan minuman beralkohol.
  • Makanan dan minuman yang tinggi kandungan gula.

Selain menggunakan tanaman herbal sebagai obat serta menjaga dan mengatur pola makan, penderita asam urat juga perlu menerapkan gaya hidup sehat. Rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, tidur cukup dan kontrol berat badan juga diperlukan agar penyakit asam urat tidak mudah kambuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here