Bahaya Penyakit Kolesterol dan Cara Mencegahnya

0
94
kolesterol

Penyakit Kolesterol menjadi salah satu senyawa dalam tubuh yang berfungsi untuk membentuk sel-sel baik, hormon, serta vitamin D. Namun jika kadarnya berlebih, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak. Akibatnya peredaran darah menjadi tidak lancar karena terjadi sumbatan pada pembuluh darah. Jika ini tidak segera ditangani dapat memicu serangan jantung dan stroke yang sangat mematikan.

Penyempitan darah yang terjadi karena sumbatan kolesterol tersebut membuat jantung bekerja esktra keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi inilah yang dapat memicu terjadinya serangan jantung yang merupakan penyakit paling mematikan di dunia.

Karena bahaya yang ditimbulkan tersebut, maka Anda harus memperhatikan asupan makanan dengan benar dan rajin berolah raga supaya kadar kolesterol tetap terjaga. Lebih lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasinya, berikut ini adalah ulasan lebih lengkapnya.

Penyebab Kolesterol Tinggi

penyebab kolesterol tinggi

Meningkatnya kadar kolesterol bisa terjadi pada siapapun tanpa mengenal batas usia. Bahkan saat ini banyak anak muda yang juga menderita masalah tersebut karena gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki kadar kolesterol tinggi atau tidak, perhatikan beberapa gejala dibawah ini :

  1. Sering merasa kesemutan
  2. Mudah kehilangan keseimbangan
  3. Merasa mual dan muntah
  4. Tubuh mudah capek dan letih
  5. Kaki dan tangan terasa sakit
  6. Nyeri pada bagian leher dan punggung
  7. Sering merasakan sakit kepala
  8. Kesulitan bernafas
  9. Timbul rasa nyeri di dada

Jika Anda mengalami gejala yang disebutkan diatas, sebaiknya segera periksakan ke dokter supaya kadar kolesterol dalam tubuh kembali normal. Penyebab penyakit tersebut sangat beragam dan kebanyakan disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, beberapa diantaranya seperti:

Konsumsi minuman beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat memicu meningkatnya kadar trigliserida dalam darah serta kolesterol jahat. Hindari kebiasaan buruk ini jika Anda ingin terhindar dari bahaya penyakit kolesterol.

Konsumsi makanan berlemak

Jika Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak seperti gorengan, masakan bersantan, kuning telur, dan lain-lain, bisa menyebabkan kolesterol dalam darah naik dan ini dapat memicu serangan jantung yang sangat berbahaya.

Merokok dan kurang berolahraga

Rokok menjadi salah satu penyebab utama terjadinya penyempitan darah pada pembuluh arteri yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol berlebih. Begitu juga jika Anda tidak rajin berolahraga, maka kadar kolesterol juga akan meningkat. Kondisi ini harus mendapatkan penanganan secepat mungkin supaya sumbatan tidak memberatkan kerja jantung.

Obesitas

Seseorang yang menderita obesitas kadar kolesterol jahatnya atau yang sering disebut dengan LDL lebih tinggi daripada kolesterol baik, HDL. Solusi bagi Anda yang mengalami obesitas adalah dengan melakukan diet sehat dan menghindari konsumsi makanan berlemak supaya kadar kolesterol lebih terkontrol.

Pertambahan usia

Penelitian menunjukkan bahwa seiring pertambahan usia, kadar kolesterol dalam tubuh juga akan meningkat. Jika tidak diimbangi dengan aktivitas olahraga, maka jumlahnya tidak bisa terkontrol dan dapat memicu timbulnya penyakit yang cukup berbahaya seperti jantung dan stroke.

Pengobatan Penyakit Kolesterol

Jika Anda didiagnosa menderita kolsterol tinggi, maka dokter akan menyarankan menerapkan pola hidup yang sehat dengan rajin berolahraga dan konsumsi makan yang tidak mengandung lemak. Kebiasaan tersebut harus dijalankan secara teratur selama beberapa bulan supaya kadar kolesterol menurun. Bagi Anda yang berusia senja, sebaiknya biasakan olahraga rutin setiap hari agar kondisi tubuh tetap fit dan terhindar dari serangan penyakit berbahaya karena peningkatan kolesterol.

Apabila selama beberapa bulan kadar kolesterol tidak kunjung turun, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi obat sesuai dengan resep dokter. Jenis obat yang sering dianjurkan oleh dokter adalah Statin. Konsumsi obat tersebut berfungsi untuk menghambat penyerapan kolesterol pada makanan. Sedangkan bagi pasien yang berusia 40 tahun keatas, bisa mengkonsumsi Aspirin dengan kadar rendah. Namun penyembuhan tersebut harus mendapatkan pengawasan dari dokter dan melakukan tes darah secara berkala.

Cara Mencegah Penyakit Kolesterol

Ada banyak hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit kolesterol tinggi. Tidak perlu konsumsi obat dan suplemen, karena kadar kolesterol bisa dijaga jika Anda menerapkan pola hidup sehat. Adapun tips menghindari bahaya penyakit tersebut adalah:

Konsumsi makanan yang sehat

Konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh salah satunya meningkatnya kolesterol jahat. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran supaya metabolisme tubuh berjalan lancar.

Menghentikan kebiasan merokok

Merokok dapat mempercepat pembentukan plak di pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Sebab itu, sebaiknya berhenti merokok supaya risiko penyakit jantung bisa dihindari.

stop merokok

Olahraga secara teratur

Melakukan olahraga secara teratur selain bisa menurunkan berat badan juga dapat menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, berenang, dan sebagainya selama 30 sampai 60 menit setiap hari.
Koleseterol tinggi menjadi salah satu penyebab munculnya beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Untuk menghindari penyakit tersebut, caranya cukup mudah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Namun jika kadar kolesterol sudah naik, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter supaya gejala yang ditimbulkan bisa ditangani dengan tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here