Apakah Kanker Pankreas pada Lansia Bisa Sembuh?

0
295
penyakit pankreas

Kanker pankreas merupakan salah satu penyakit dengan jumlah penderita yang cukup besar di Indonesia. Jenis kanker ini merupakan keadaan di mana terdapat jaringan di organ pankreas yang tumbuh lebih dari seharusnya. Sehingga menyebabkab terjadinya tumor. Tumor dan kanker sebenarnya merupakan dua hal yang nyaris sama. Pembedanya hanya pada kanker, tumor yang atau pertumbuhan sel jaringan pada organ tersebut sudah ganas. Biasanya kanker bisa dengan mudah menjalar pada organ tubuh yang lain. Hal ini yang juga terjadi pada kanker pankreas.

Kanker pankreas akan berpengaruh dengan banyak organ tubuh lain dan mempengaruhi beberapa kerja dari sistem pada tubuh. Salah satunya sistem pencernaan yang berhubungan langsung dengan pankreas.

Pankreas, seperti diketahui merupakan kelenjar yang berhubungan langsung dengan sistem pencernaan. Fungsi pankreas adalah untuk memproduksi berbagai jenis enzim yang membantu untuk mencerna makanan serta memproduksi enzim insulin untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Sehingga bila terjadi masalah pada pankreas, seperti kanker maka akan terdapat masalah pula pada sistem pencernaan dan juga tingginya kadar gula darah. Hal ini yang sering kali menjadikan kanker pankreas lebih sulit untuk disembuhkan.

Tak hanya itu saja sebenarnya. Namun juga fakta bahwa kanker pankreas lebih sering dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Kanker pankreas memang seyogyanya bisa dialami oleh semua usia. Namun penyakit ini merupakan salah satu jenis aging disease yang memiliki resiko lebih besar pada lanjut usia. Inilah yang menjadikan kanker pankreas juga lebih sulit lagi untuk disembuhkan.

Selain kedua alasan tersebut di atas, masih ada alasan lain lagi mengapa kanker pankreas lebih sulit untuk disembuhkan. Salah satunya karena proses penyembuhan ini yang seringnya sudah sangat terlambat. Tak hanya kanker pankreas yang sering terjadi pada lanjut usia saja. Namun juga untuk penderita dengan usia lain.

Kanker pankreas seperti juga dengan beberapa jenis kanker lain, seringnya tak memberikan tanda apapun di stadium awal. Tak adanya tanda-tanda inilah yang pada akhirnya menjadikan lebih sulit untuk menangani penyakit satu ini.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini merupakan sederet alasan mengapa kanker pankreas pada lansia lebih sulit untuk disembuhkan.

pankreas

Kanker Pankreas pada Lansia

Mudah menjalar ke organ lain

Kanker pankreas merupakan salah satu penyakit yang mudah menjalar ke organ lain. Salah satunya yang cukup menjadi indikasi penyakit kanker pankreas sudah mencapai stadium lanjut, ketika menjalar ke peredaran darah. Keadaan yang disebut dengan metastasis ini biasanya diikuti dengan berbagai tanda-tanda lain. Salah satunya kulit, tubuh dan juga bola mata yang menguning. Selain itu kanker pankreas pada stadium ini biasanya juga diikuti dengan rasa nyeri pada sisi perut.

Tak ada tanda-tanda awal

Penyakit kanker pankreas ini seringnya menjadi masalah karena tak memperlihatkan tanda-tanda awal. Penderita tak mengalami beberapa masalah kesehatan pada saat kanker masih berada di stadium awal. Sebaliknya, masalah kesehatan dan tanda-tanda lain justru muncul pada saat penyakit kanker pankreas sudah mencapai stadium akhir. Hal ini tentu saja menjadikan proses pengobatan lebih sulit.

Pada saat penyakit masih stadium awal, maka sebenarnya penyakit kanker pankreas ini bisa diatasi dengan cukup mudah. Setidaknya memiliki persentase untuk kesembuhan lebih besar. Namun pada saat stadium akhir, beberapa proses dan juga treatment pengobatan kanker pankreas ini pun tak memberikan jaminan kesembuhan pada penderitanya. Hal inilah yang menjadikan mereka dengan resiko penyakit kanker pankreas sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan.

Beberapa hal yang menjadi resiko dari kanker pankreas ini seperti misalnya mereka dengan riwayat keluarga penderita kanker pankreas atau pun jenis kanker genetis lain. Selain itu juga mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat, kegemukan atau obesitas, kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkhol hingga konsumsi makanan cepat saji. Selain itu juga mereka yang sebelumnya pernah mengalami masalah infeksi pada pankreas. Untuk hal ini, mereka dengan kebiasaan tersebut seharusnya lebih rutin melakukan pemeriksaan terutama pada saat lanjut usia. Demi mensinyalir munculnya tanda-tanda kanker sedari dini.

Usia lanjut

Kanker pankreas memang lebih sering diderita oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Hal ini tak bisa dipungkiri menjadi salah satu alasan pula mengapa kanker pankreas lebih sulit disembuhkan. Pada usia lanjut terdapat beberapa fungsi organ yang tak begitu berfungsi dengan maksimal. Sehingga penyakit kanker pun lebih mudah menyebar. Selain itu, proses penyembuhan alami pun akan lebih sulit. Menjadikan resiko kesehatan setelah operasi atau pun terapi lain akan lebih sulit diatasi.

Kanker pankreas pada lanjut usia memang lebih sulit disembuhkan. Terlebih bila sudah terdapat pada stadium lanjut. Namun hal ini bukan berarti penyakit ini tak bisa sembuh sama sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here