7 Tips Mengobati Lansia Susah Buang Air Besar

0
68
buang air besar

Susah Buang Air Besar atau BAB pada Lansia adalah gangguan pencernaan yang sangat meresahkan. Perut terasa sesak dan kesehatan tentunya terganggu. Oleh karena itu, persoalan ini harus segera ditangani dengan mengobatinya. Tips mengobati lansia yang susah BAB sangat diperlukan agar pengobatan bisa efektif. Apa sajakah tipsnya?

Pengobatan lansia yang susah BAB bisa dilakukan dengan mengatasi penyebabnya. Banyak hal yang menyebabkan sulitnya BAB pada lansia, di antaranya adalah pemilihan jenis makanan yang salah, makan tidak teratur, jarang berolahraga, menahan hasrat BAB, dan kurang mengonsumsi air.

Tips agar BAB lancar

1. Memperbanyak Makan Makanan Berserat

Makanan berserat sangat berguna untuk melancarkan BAB. Kesehatan pencernaan akan terjamin dengan mengonsumsi sayuran hijau dan buah secara teratur. Selain mengandung serat, sayuran hijau juga mengandung magnesium yang mampu mengatasi sembelit, sehingga sangat baik melancarkan BAB. Daging juga baik untuk dikonsumsi karena berserat tinggi.

Dengan memenuhi kebutuhan serat setiap harinya, diharapkan Anda dapat BAB dengan lancar. Persoalan sembelit atau susah BAB tidak akan terjadi lagi. Konsumsilah sayuran dan buah-buahan setiap kali makan. Variasikan menu agar tidak bosan.

2. Pola Makan Teratur

Pola makan juga berpengaruh pada kesehatan sistem pencernaan. Anda harus pandai dalam mengatur pola makan setiap harinya. Makanlah tiga kali sehari dan tepat waktu agar kebutuhan serat dan air terpenuhi dengan baik. Pakailah menu yang bervariasi agar tidak meningkatkan nafsu makan.

3. Mengonsumsi Air Sesuai Kebutuhan Tubuh

Air sangat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh. Jika kebutuhan air terpenuhi, maka proses pencernaan akan lancar. Anda tidak akan mengelami susah BAB. Minumlah air sebanyak 2-2,5 liter dalam 1 hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Mengonsumsi buah-buahan yang berair juga mampu mendukung terpenuhinya kebutuhan air.

4. Mengonsumsi Yoghurt

Cara mengobati lansia susah BAB dapat dilakukan dengan mengonsumsi yoghurt. Minuman hasil fermentasi susu ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan, terutama kesehatan usus. Yoghurt ini sangat mampu mengatasi sembelit atau susah BAB karena mengandung probiotik atau bakteri baik.

Anda dapat mengonsumsinya saat sarapan dan makan siang. Sediakan 1-3 botol yoghurt kemasan dalam sehari. Anda bisa mengonsumsi 1 botol yoghurt kemasan saat sarapan dan 2 sisanya dikonsumsi saat makan siang dan sore hari sambil makan camilan. Buah juga bisa menjadi camilan sehat pendamping yoghurt yang baik untuk melancarkan BAB.

5. Mengonsumsi Obat Alami

Kini, banyak obat alami yang melancarkan BAB. Persoalan susah BAB pada lansia bisa diatasi dengan minum obat alami. Minuman jahe juga berkhasiat ampuh mengatasi sembelit karena melemaskan otot saluran pencernaan, sehingga mampu melancarkan BAB. Sistem pencernaan yang lamban bisa diatasi dengan mengonsumsi susu jahe atau jahe hangat.

Minyak zaitun juga dapat mengatasi sembelit. Minumlah minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan setiap hari sebelum makan dalam keadaan perut kosong. Minyak ini akan melumasi dinding usus agar melancarkan keluarnya feses. Air perasan jeruk lemon juga bertindak sebagai stimulan yang membantu membersihkan sisa pencernaan yang ada di usus.

Obat alami selanjutnya agar BAB kembali lancar adalah mengonsumsi lidah buaya. Caranya adalah dengan memetik batang lidah buaya dan memakan bagian gelnya sebanyak 2 sendok makan untuk dikonsumsi saat pagi hari. Anda juga bisa membuat jus dari gel lidah buaya sebanyak 1 cangkir yang setara dengan 2 sendok makan gel lidah buaya murni.

6. Rutin Berolahraga

Tips mengobati lansia susah BAB selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh karena berfungsi meningkatkan kesehatan otot, tulang, serta fungsi organ-organ tubuh. Siapa bilang lansia tidak bisa berolahraga aktif? Lansia tetap bisa bergerak aktif dengan melakukan olahraga yang lebih ringan, seperti senam lansia.

Selain senam lansia, Anda juga bisa berjalan-jalan atau lari kecil-kecil untuk mengaktifkan kembali fungsi anggota tubuh. Dengan berfungsinya organ tubuh dengan baik, sistem metabolisme tubuh akan lancar, termasuk sistem pencernaan. Dalam hal ini, Anda akan lancar BAB karena berolahraga rutin.

7. Tidak Menahan Hasrat BAB

buang air besar

Hasrat BAB yang ditahan juga menjadi salah satu penyebab mengapa Anda jadi sulit BAB. Jika pada usia lansia menahan hasrat BAB, maka fungsi sistem pencernaan bisa terganggu karena fungsi organ tubuh yang sudah melemah. Hal ini harus diketahui agar Anda tidak lagi menahan hasrat ketika terasa ingin BAB. Dengan demikian, sembelit tidak akan terjadi.

Demikianlah beberapa tips mengobati lansia susah BAB untuk Anda. Lakukan tips tersebut secara rutin dan berkelanjutan agar BAB segera lancar lagi. Upayakan hal terbaik demi kelancaran sistem pencernaan Anda. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak air demi mempercepat lancarnya BAB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here