7 Tips Alami Menurunkan Diabetes Pada Lansia

0
287
penyakit diabetes

Konsumsi makanan yang tidak sehat yang mengandung banyak gula menjadi penyebab utama munculnya penyakit diabetes pada lansia. Jika masalah kesehatan ini sudah mengerogoti tubuh, harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Tidak hanya dengan konsumsi obat saja, penderita juga harus menghindari makanan yang menjadi pantangan. Tujuannya agar kadar gula dalam darah bisa tetap terkontrol.

Bagi penderita yang sudah lansia, menjauhi beberapa makanan yang biasa dikonsumsi tidaklah mudah. Meski cara tersebut bisa mempertahankan kadar gula agar tetap normal, namun beberapa lansia justru mengalami stres karena terjadi perubahan yang mendadak. Selain kondisi fisiknya yang lemah karena menderita diabetes, kondisi mentalnya juga bisa terganggu. Jika ini terjadi, maka akan sulit untuk menjaga kadar gula menjadi normal.

diabetes pada lansia

Beberapa dokter dan konsultan gizi, banyak yang memberikan tips bagaimana cara agar kadar gula berlebih bisa diturunkan. Tidak perlu menjauhi makanan yang biasa dikonsumsi, cukup batasi saja frekuensi dan porsinya. Selain itu juga disarankan untuk rajin olahraga ringan agar kondisi tubuh tetap terjaga dan diabetes dapat segera disembuhkan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan lansia untuk menjaga kadar gulanya, beberapa diantaranya adalah:

Cara Menurunkan Diabetes Pada Lansia

1. Konsumsi telur

Telur menjadi salah satu penyumbang kolesterol yang sangat tinggi. Namun ternyata, telur juga bisa menjaga kondisi gula darah agar tetap stabil. Tentu saja konsumsi telur tidak boleh berlebih dan sebaiknya direbus agar tidak menambah timbunan kolesterol dalam tubuh. Dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi telur, maka kadar gula darah menjadi tetap stabil dan tidak gampang naik.

2. Minum jus bayam dan seledri

Cara menurunkan kadar gula dalam darah dapat dilakukan dengan cara mudah dan menyenangkan. Selain mentaati pantangannya, lansia juga bisa meminum jus bayam dan seledri agar kondisi gula darah bisa stabil. Untuk membuat jus ini siapkan bayam, seledri, wortel, apel hijau, dan mentimun. Masukkan semua bahan tersebut kedalam blender lalu sajikan kedalam gelas. Konsumsi minuman tersebut satu gelas sehari secara teratur.

3. Konsumsi ikan yang mengandung omega-3

Protein yang terkandung pada ikan dapat membantu penderita diabetes untuk mengontrol pola makannya. Dalam kondisi kenyang, maka lansia tidak perlu mengkonsumsi makanan lainnya yang bisa jadi malah membuat kadar gula meningkat. Beberapa jenis ikan yang pas untuk penderita diabetes diantaranya seperti ikan salmon, tuna, dan kembung. Hindari pengolahan dengan cara digoreng agar kadar kolesterol dalam tubuh tidak meningkat. Sebaiknya rebus ikan tersebut saat akan dikonsumsi supaya asupan makanan yang masuk dalam tubuh tetap sehat dan tidak mengandung lemak.

4. Minum teh hijau

teh hijauAda banyak kebiasaan menyehatkan yang bisa membantu mengontrol gula darah dalam tubuh. Bagi lansia yang terbiasa meminum teh pada pagi dan sore hari, bisa ganti tehnya dengan teh hijau. Selain itu ganti juga gulanya dengan gula rendah kalori supaya kadar gula darah tidak meningkat. Produk teh hijau sangat mudah ditemukan dan dijual dalam kemasan siap saji. Tinggal seduh saja dengan secangkir air hangat. Sebagai pengganti gula, bisa juga menggunakan madu supaya lebih nikmat dan sehat.

5. Konsumsi buah alpukat

Menjaga kadar gula darah tidak melulu harus makan-makanan yang tawar karena pantangan mengkonsumsi gula dan garam berlebih. Lansia yang menderita diabetes dapat mengkonsumsi buah alpukat agar kadar gula darah tetap terjaga. Selain dikonsumsi secara langsung, juga bisa dibuat jus agar mudah dikonsumsi terutama bagi lansia yang kondisi giginya sudah ompong. Imbangi dengan makanan lain yang bernutrisi dan sehat supaya penyakit diabetes tidak bertambah parah.

6. Minum teh kayu manis

Menghindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula menjadi keharusan bagi penderita diabetes. Namun tidak berarti tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan dan minuman manis sama sekali. Salah satu minuman lezat yang berkhasiat menurunkan kadar gula adalah teh kayu manis. Cara membuatnya adalah dengan menambahkan kayu manis kedalam air yang sudah mendidih, lalu sajikan selagi hangat kedalam cangkir. Minuman ini baik dikonsumsi pada pagi dan siang hari agar kondisi gula darah tetap normal.

7. Konsumsi sayuran yang tinggi serat

Dengan mengkonsumsi sepiring sayuran yang kaya akan serat bisa membantu lansia mengurangi kadar gula darah agar kembali normal. Jenis sayuran yang cocok untuk penderita diabetes diantaranya adalah bayam, selada, lobak, dan kubis. Dengan menerapkan pola makan yang sehat setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit diabetes bagi lansia.

Menurunkan kadar gula dalam darah ternyata bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan seperti yang sudah disebutkan diatas. Selain menjaga pola makan, juga harus mematuhi pantangannya agar kondisi badan tidak drop. Penyakit diabetes jika tidak dirawat dapat menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya seperti jantung dan stroke. Karena itu, lansia harus terus menjaga kesehatannya agar terhindari dari risiko penyakit berbahaya yang mematikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here